7 Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi Untuk Rayakan Natal

Sebentar lagi perayaan Natal akan tiba. Apakah kamu sudah menyiapkan segala sesuatu untuk merayakan Natal nanti? Menu apa saja yang ingin kamu sajikan untuk makan bersama keluarga?

Sekarang kamu tidak usah bingung memikirkan makanan untuk merayakan Natal bersama keluarga. Gotomalls sudah menyiapkan daftar makanan yang mengandung protein tinggi untuk kamu santap bersama keluarga saat perayaan Natal nanti. Penasaran makanan apa saja itu? Yuk simak daftar makanan tinggi protein berikut ini.

1. Telur

article image

Image source: hellosehat.com

Pertama, kamu bisa mengonsumsi telur yang merupakan salah satu makanan sehat dan bergizi. Satu telur ukuran besar rata-rata mengandung 6 gram protein dan 0,6 karbohidrat. Jadi telur termasuk dalam kategori makanan tinggi nutrisi dan protein, serta rendah kalori.

Telur juga mengandung vitamin, mineral, lemak sehat dan antioksidan yang dapat memberi nutrisi untuk otak. Mengonsumsi putih telur dinilai lebih baik karena mengandung protein murni tanpa lemak. Cara mengonsumsi telur sangat simpel, hanya dengan direbus saja kamu sudah bisa menyantapnya.

Namun untuk merayakan Natal nanti, kamu bisa mengolah telur dengan berbagai macam penyajian. Kamu bisa membuat telur balado, telur kecap atau telur bumbu kari yang lezat.

2. Kacang Almond

article image

Image source: grid.id

Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang yang mengandung banyak nutrisi dengan rasa yang enak. Kacang almond diketahui mengandung serat pangan, lemak tak jenuh, vitamin B dan E, kalsium, mangan, magnesium, zink dan zat besi.

Kadar protein pada kacang almond adalah 6 gram per 1 ons. Jadi kacang almond baik untuk meningkatkan energi dan kandungan proteinnya dapat memperbaiki sel-sel otak yang rusak sekaligus meningkatkan fungsi memori otak. Tidak hanya itu, kamu tidak perlu khawatir akan gemuk dengan ngemil kacang almond sebab kacang almond dapat membantu menurunkan berat badan.

Saat merayakan Natal nanti, kamu boleh banget mengganti camilan dengan yang lebih sehat seperti kacang almond. Setelah acara makan-makan selesai, kamu tak perlu khawatir kolesterol akan naik.

3. Kacang Kedelai

article image

Image source: honestdocs.id

Makanan yang mengandung protein berikutnya adalah kacang kedelai. Makanan ini merupakan sumber protein nabati dengan kualitas tinggi karena mengandung semua jenis asam amino esensial. Kenapa asam amino esensial menjadi begitu istimewa? Jawabannya karena asam amino esensial tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh jadi harus didatangkan melalui makanan.

Setiap 100 gram kacang kedelai mengandung 17 gram protein yang baik untuk membangun otot tubuh. Bahkan menurut Kathy McManus, seorang ahli diet dari Department of Nutrition di Harvard, kandungan protein pada kacang kedelai lebih baik dari daging merah dan mengandung lemak baik yang lebih sehat.

Dengan kandungan protein yang tinggi, kacang kedelai bisa menjadi pilihan sehat untuk kamu. Jangan lupa tambahkan edamame dalam daftar camilan sehat kamu untuk merayakan Natal nanti ya!

4. Dada Ayam

article image

Image source: hellosehat.com

Dada ayam tanpa kulit dan tanpa tulang memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Diketahui dalam 100 gram dada ayam mengandung 31 gram protein yang akan membangun otot tubuh kamu menjadi lebih kuat.

Dada ayam dapat memenuhi kebutuhan asupan protein kamu minimal satu gram sehari. Tidak hanya itu, dada ayam juga mengandung 142 kalori dan hanya punya 3 gram lemak. Dengan kandungan protein yang tinggi dan rendah lemak, dada ayam baik dikonsumsi ketika menjalani program diet atau dalam usaha menjaga berat badan.

Sepertinya dada ayam harus menjadi makanan wajib saat merayakan Natal nanti ya! Cara memasaknya pun bisa macam-macam, bisa dipanggang atau barbecue, dijadikan sate, dimasak dengan bumbu rempah atau steak yang lezat.

5. Ikan Tuna

article image

Image source: alodekter.com

Ikan tuna merupakan salah satu sumber protein yang lengkap. Apa pun jenis ikan tuna yang kamu konsumsi, dapat memberikan asupan protein sekitar 24-30 gram protein per 85 gram. Sama seperti kacang kedelai, ikan tuna juga memiliki semua jenis asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh.

Protein yang lengkap pada ikan tuna dapat menjaga jaringan tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Dengan mengonsumsi ikan tuna akan membantu tubuh dalam pembentukan hormon, enzim, kolagen, antibodi sekaligus menjaga jaringan otot dalam tubuh. Selain itu, ikan tuna juga memiliki kandungan lemak yang rendah jadi kamu tidak usah khawatir berat badan akan naik.

Ada banyak cara memasak ikan tuna untuk merayakan Natal bersama keluarga. Kamu bisa memasak ikan tuna dengan bumbu kuning, sambal balado atau dibikin pepes tuna yang lezat.

6. Udang

article image

Image source: food.detik.com

Udang merupakan makanan laut yang mengandung banyak nutrisi. Makanan ini juga dikenal sebagai sumber protein yang diperlukan untuk membentuk sel tubuh dan mengandung merkuri yang tergolong rendah. Jadi udang bisa menjadi pilihan kamu untuk memenuhi asupan protein per hari.

Kandungan protein pada udang sebanyak 24 gram protein per 100 gram. Protein inilah yang dapat membantu untuk memperbaiki jaringan tubuh, memproduksi hormon, enzim dan zat kimiawi lain yang dibutuhkan tubuh. Udang juga memiliki kandungan kalsium yang menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta kandungan yodium yang dapat mendukung kinerja kelenjar tiroid dalam memproduksi hormon.

Nah, saat merayakan Natal nanti mungkin kamu bisa mencoba memasak olahan makanan yang mengandung protein tinggi seperti udang asam manis. Namun jangan dimakan secara berlebihan ya.

7. Keju

article image

Image source: food.detik.com

Berikutnya adalah keju. Mungkin banyak dari kalian yang menyukai makanan tinggi protein satu ini. Keju merupakan produk makanan yang berasal dari susu hewan seperti sapi, kambing atau domba. Masing-masing jenis keju memiliki kandungan gizi yang berbeda.

Secara umum, keju kaya akan protein, kalsium, vitamin A dan B12, fosfor, zinc, riboflavin dan magnesium yang penting bagi kesehatan tubuh. Keju disarankan untuk ibu hamil dan menyusui karena dalam membantu pemberian nutrisi yang dibutuhkan bayi. Namun keju yang dianjurkan adalah keju yang dengan tekstur keras seperti mozzarella atau keju yang telah dipasteurisasi.

Untuk konsumsi sehari-hari, pilihlah keju yang rendah lemak dan campurkan pada makanan sehat lain seperti buah, sayuran atau dada ayam. Saat rayakan Natal nanti, kamu juga bisa menyajikan salad buah dan sayuran dengan keju rendah lemak yang menyehatkan.

Baca juga artikel makanan lainnya yang sehat dan mengeyangkan di bawah ini:

Articles


Itu dia makanan kaya protein yang bisa kamu sajikan untuk merayakan Natal. Mengonsumsi makanan sehat akan lebih baik agar kamu terhindar dari penyakit seperti kolesterol, tekanan darah tinggi dan lain-lain. Makanan sehat dan tinggi protein juga bisa, diolah dengan cita rasa yang tidak kalah lezat. Selamat menyambut Natal dengan menu sehat!

Temukan semua makanan dengan kandungan protein yang tinggi di supermarket terdekat di kotamu. Untuk memudahkan berbagai informasi, kamu bisa cek Gotomalls.com. Di Gotomalls kamu bisa menemukan banyak promo, diskon, kupon, dan event-event yang sedang diadakan di mall-mall seluruh Indonesia.

Malls

featured image source: gadis.co.id