Manfaat Air Kelapa Muda

Air kelapa muda menyimpan segudang manfaat luar biasa bagi kesehatan. Dengan rajin meminum air kelapa muda, efeknya dapat meningkatkan kualitas stamina, daya tahan tubuh, menurunkan tekanan darah, mencegah penyakit jantung, dan masih banyak lagi.

Untuk setiap 240ml air kelapa murni yang kita minum, di dalamnya terkandung 46 kalori dan beragam nutrisi penting seperti serat, protein, magnesium, kalsium, kalium, vitamin C, dan antioksidan.

Dengan kandungan tersebut, air kelapa muda bisa membantu kita mendapatkan kesehatan yang paripurna. Berikut ulasannya:

1. Memperbaiki Kualitas Stamina

article image

Image source: Greatist.com

Selain rasanya yang sangat menyegarkan, air kelapa muda juga bisa memperbaiki kualitas stamina tubuh. Itu semua berkat zat-zat nutrisi yang terkandung di dalamnya, terutama karbohidrat yang sangat dibutuhkan tubuh untuk memproduksi energi. Dengan begitu, stamina kita bisa menjadi lebih baik.

2. Menggantikan Cairan Tubuh dengan Efektif

article image

Image source: hellosehat.com

Bukan rahasia lagi kalau air kelapa bisa menggantikan cairan tubuh dengan lebih efektif. Air kelapa termasuk minuman isotonik alami yang mampu memberikan beragam manfaat seperti halnya produk minuman olahraga yang diformulasikan khusus.

Kandungan elektrolit air kelapa sangat cocok untuk menggantikan cairan tubuh setelah berolahraga. Terlebih lagi, air kelapa asli tidak menimbulkan rasa mual, kekenyangan, atau sakit perut yang berlebihan seperti minuman olahraga dalam kemasan.

3. Menangkal Radikal Bebas

article image

Image source: alga-rosan.com

Radikal bebas yang menyusup masuk ke dalam tubuh menyumbang persentase resiko kanker yang sangat tinggi, sehingga tidak bisa dianggap sepele. Nah, air kelapa muda juga ternyata bermanfaat untuk mencegah hal tersebut.

Sebuah hasil studi mengungkapkan bahwa antioksidan yang terkandung dalam air kelapa berguna untuk menekan efek stres oksidatif yang berdampak pada peningkatan kemampuan tubuh untuk menangkal radikal bebas berbahaya.

4. Menjaga Tekanan Darah dan Kadar Kolesterol

article image

Image source: lifestyle.okezone.com

Siapa sangka jika manfaat air kelapa muda juga ternyata mampu menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol tubuh tetap stabil. Selain itu, sirkulasi darah juga akan menjadi lebih lancar dan meminimalisir resiko serangan jantung.

Hal itu tak lepas dari peran natrium dan kalium yang cukup tinggi. Natrium sendiri memiliki fungsi untuk menurunkan level gula darah pada tubuh seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi. Hasilnya, air kelapa dapat mencegah penggumpalan darah. Terlebih lagi, air kelapa juga dapat membantu meningkatkan HDL.

5. Memperlambat Efek Penuaan

article image

Image source: lapakterpecaya.com

Untuk mendapatkan kesehatan yang menyeluruh, tentunya kita tidak bisa mengabaikan penampilan luar. Salah satu cara merawatnya bisa dengan meminum air kelapa secara rutin.

Air kelapa bisa memberikan manfaat dari segi kecantikan, terutama berkat kandungan sitokinin yang memiliki efek anti-karsinogenik, anti-penuaan, dan anti pembekuan darah. Dengan demikian, air kelapa bermanfaat untuk memperlambat penuaan.

Sitokinin juga mampu menyeimbangkan level pH dalam tubuh, menguatkan sekaligus menghidrasi jaringan ikat, hingga meminimalisir resiko penyakit yang berkaitan dengan usia.

6. Baik untuk Sistem Pencernaan

article image

Image source: biutiva.com

Air kelapa diyakini bisa mengobati semua penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan.
Bahkan, sebagian orang sering kali menggunakan air kelapa muda untuk mengatasi keracunan.

Air kelapa juga sangat berguna ketika terserang penyakit diare karena mampu menggantikan cairan yang hilang. Bahkan, efektivitasnya diklaim lebih ampuh untuk pengobatan diare. Hal itu tak lepas dari peran enzim, asam amino, asam lemak, dan mineral yang terkandung di dalamnya.

7. Memelihara Fungsi Organ Tubuh

article image

Image source: Fairygodboss.com

Kandungan nutrisi air kelapa turut bermanfaat bagi kelangsungan kinerja organ-organ tubuh. Hal ini berkat kandungan arginin-nya, yaitu sejenis asam amino yang berguna untuk mengatasi tekanan tubuh saat beraktivitas.

Pada dasarnya, asam amino memang berfungsi untuk membantu pembentukan protein sehingga regenerasi sel-sel organ tubuh bisa lebih optimal. Di samping itu, kandungan enzimnya akan membantu sistem cerna dan menyeimbangkan metabolisme tubuh.

Manfaat air kelapa muda ini merupakan hal mendasar yang menjadi pokok utama dalam mencapai kondisi sehat yang paripurna. Dengan rajin mengonsumsi air kelapa, tubuh bisa lebih terhindar dari resiko penyakit-penyakit berbahaya.


Simak juga info dan tips bermanfaat lainnya dari Gotomalls.com, partner terbaikmu untuk belanja di mall sepuasnya!

Malls

Articles

Featured image source: The Conversation