Manfaat Bangun Pagi

Bangun pagi kerap dianggap sebagai solusi dari banyak masalah. Tidak salah jika bangun pagi kaya manfaat untuk kesehatan.

Bahkan banyak ilmuwan dan ahli kesehatan menyarankan untuk rutin bangun di pagi hari. Dan berikut ini beberapa alasan yang dapat meyakinkan kamu mengapa bangun pagi itu memiliki banyak manfaat baik.

1. Trampil dan Lebih Produktif

article image

Image source: fabelio.com

Jam pagi adalah golden time. Di mana seorang bisa lebih produktif dan semangat dalam menjalankan aktifitas. Bangun pagi memberi kamu awal yang baik dan memungkinkan lebih banyak jam untuk menyelesaikan semua pekerjaan.

Penelitian juga menunjukkan jika ketika seorang bangun pagi akan lebih energik dan membutuhkan sedikit waktu untuk menyelesaikan semua tugasnya. Seorang yang bangun pagi juga lebih mahir dalam mengambil keputusan, perencanaan, dan pencapaian tujuan yang lebih baik.

2. Kebugaran Mental

article image

Image source: idntimes.com

Salah satu manfaat baik dari bangun pagi lainnya adalah menjaga kesehatan mental. Bangun pagi dapat mengurangi stres dan membuat kita lebih tenang dalam menghadapi berbagai masalah.

Jadi kita akan lebih optimis dalam menghadapi hari-hari. Sepanjang hari pikiran lebih tenang dibanding mereka yang bangun siang.

3. Kualitas Tidur yang Lebih Baik

article image

Image source: cdc.com

Orang yang bangun pagi umumnya tidur lebih cepat pula. Bangun pagi perlu dilakukan dengan teratur agar kualitas tidur pun lebih baik.

4. Lebih Mudah Berpikir

article image

Image source: cakap.com

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Texas University menyebutkan jika siswa yang bangun pagi mendapatkan nilai lebih tinggi dari pada mereka yang bangun lebih siang. Hal ini dapat dihubungkan dengan peningkatan produktivitas dan kualitas tidur.

Seorang yang bangun pagi akan lebih mudah berpikir dan mendapatkan ingatan lebih baik. Terutama untuk belajar.

5. Makan Makanan Sehat

article image

Image source: magazinejobslike.com

Kamu sering kehilangan waktu sarapan? Maka mulailah bangun lebih pagi. Bangun pagi memberikan kamu waktu lebih untuk membuat sarapan sehat.

Tidak rumit, kamu hanya perlu menyiapkan semangkuk smoothie, salad, dan juga buah-buahan. Jika bangun terlambat kemungkinan untuk menyiapkan makanan sehat pun akan tertunda. Mereka yang terlambat bangun akan mengambil memakan cepat saji atau camilan seperti donat, kue manis, dan gorengan yang cenderung tidak menyehatkan.

6. Berolahraga Teratur

article image

Image source: primafit.com

Punya waktu lebih di pagi hari karena bangun lebih awal, maka saatnya kamu memanfaatkannya untuk olahraga. Berolahraga di pagi hari dianggap paling baik karena memberi dorongan adrenalin.

Adrenalin yang meningkat akan mempertajam kewaspadaan dan membantu kita mengatasi rasa kantuk. Selain itu, jika kamu rajin melakukan olahraga di pagi hari ada kemungkinan lebih kecil untuk melewatkannya.

7. Membuat Kulit Lebih Sehat

article image

Image source: hellodoctor.com

Kulit akan cenderung terlihat lebih sehat ketika kamu rajin bangun pagi. Apalagi setelah tidur nyenyak yang cukup di malam harinya.

8. Melewati Lalu Lintas yang Lebih Sepi

article image

Image source: unsplash.com

Ketika bisa bangun lebih pagi maka kamu pun bisa pergi ke kantor lebih awal dan melewati lalu lintas yang cenderung lebih sepi. Atau mungkin pergi ke pasar dengan jalanan yang lancar tanpa macet sana-sini.

9. Lebih Bahagia

article image

Image source: bestlife.com

Bangun pagi sama dengan menuai manfaat baik, seperti banyak kebiasaan baik sebelumnya dan itu membuat kamu lebih energik serta bahagia. Kamu akan mendapatkan keteraturan hidup yang kemudian membuat perasaan lebih senang dan bahagia.


Simak terus update info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Mall

Artikel

Featured image source: incmagazine.com