Manfaat Bersepeda Bagi Wanita

Tren bersepeda yang kini tengah marak membuat semakin banyak orang ingin mencobanya. Tua dan muda, laki-laki maupun perempuan. Nah, manfaat bersepeda bagi wanita sendiri cukup menarik. Tidak hanya seputar kesehatan fisik, namun juga mental.

Dan tentu saja, untuk bisa memperoleh manfaat ini perlu dilakukan secara rutin. Dengan bersepeda, seseorang dapat lebih terlindung dari berbagai risiko penyakit serius seperti obesitas, kanker, diabetes, dan lain sebagainya.

Nah, kira-kira apa saja manfaat bersepeda bagi wanita? Simak informasinya di bawah ini:

1. Tingkat Kepuasan Seksual yang Lebih Tinggi

article image

Image source: Depositphotos.com

Beberapa tahun belakangan ini, peneliti dari University of California telah mempublikasikan hasil studi mereka di Journal of Sexual Medicine. Dikatakan bahwa perempuan yang hobi bersepeda memiliki tingkat kepuasan seksual yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak.

Studi tersebut melibatkan lebih dari 3.100 wanita dengan metode tolok ukur Female Sexual Function Index dalam format kuesioner. Mereka menduga kepuasan seksual meningkat karena wanita menjadi lebih sensitif di bagian kelamin.

Disisi lain, mereka juga mengungkapkan terdapat risiko infeksi saluran kencing karena gerakan naik-turun saat mengayuh sepeda. Gerakan ini membuat bakteri yang hidup di vagina pindah ke saluran kencing. Meskipun begitu, peneliti tidak menemukan adanya masalah jangka panjang bagi organ kencing wanita.

2. Menjaga Berat Badan

article image

Image source: Walmur.com.uy

Memiliki berat badan ideal sudah menjadi impian bagi sebagian besar wanita. Terkadang, mereka sampai rela menempuh upaya keras demi mencapainya. Mulai dari diet ketat sampai mengonsumsi obat pelangsing. Dalam hal ini, bersepeda juga ternyata bisa membantu kamu mewujudkannya.

Bersepeda secara rutin dengan intensitas tinggi akan sangat membantu menurunkan kadar lemak di tubuh. Dengan begitu, berat badan kamu bisa terjaga di level yang ideal.
Bersepeda juga diyakini sangat efektif untuk meningkatkan sistem imun dan membentuk otot, sehingga proses pembakaran kalori akan berlangsung optimal, bahkan saat sedang beristirahat.

3. Memelihara Kesehatan Mental

article image

Image source: womenscycling.ca

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, manfaat bersepeda bagi wanita juga meliputi kesehatan mental. Aktivitas ini dapat membantu meredakan stres, depresi, hingga gangguan kecemasan. Dengan berkonsentrasi menyusuri jalanan saat bersepeda, pikiranmu akan terfokus pada momen saat ini.

Hal ini bisa menyingkirkan pikiran-pikiran negatif yang sering melintas ketika kondisi mental seseorang sedang tidak stabil. Selain itu, berolahraga juga akan merangsang produksi endorfin yang menjadi hormon kebahagiaan untuk menurunkan stres.

4. Mengurangi Nyeri Datang Bulan

article image

Image source: Doktersehat.com

Olahraga bersepeda memang diyakini ampuh untuk meredam nyeri yang dirasakan tubuh, termasuk juga saat wanita mengalami nyeri datang bulan. Lebih dari itu, olahraga ini juga sering dianjurkan ketika sedang datang bulan.

Dengan bersepeda, sirkulasi darah dalam tubuh akan mengalir lebih lancar dan distribusi oksigen berjalan lebih sempurna. Hasilnya, risiko mengalami masalah nyeri datang bulan bisa teratasi.

5. Mencegah Kanker Payudara

article image

Image source: gadgetdiva.id

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan University of Glasgow, rutin bersepeda ternyata bisa mencegah terbentuknya sel kanker payudara. Penelitian tersebut juga mengemukakan bahwa orang yang rutin bersepeda setidaknya selama 5 tahun jarang terpapar risiko terkena kanker atau serangan jantung. Seperti yang kita tahu, kanker payudara memang sering menghantui para wanita hingga saat ini.

6. Tidur Lebih Nyenyak

article image

Image source: mammothcomfort.com

Insomnia bisa menyerang siapa saja di usia berapa pun, utamanya orang dewasa. Tapi, permasalahan insomnia ini bisa kamu atasi dengan rutin bersepeda. Salah satu manfaat bersepeda bagi wanita adalah mengatasi insomnia, yang akhirnya akan membuat kamu tidur lebih nyenyak. Hal ini disebabkan karena kondisi tubuh yang segar dan fit setelah bersepeda akan membuat tubuh lebih rileks ketika beristirahat.

7. Menyehatkan Tulang dan Sendi

article image

Image source: Bikeradar.com

Manfaat bersepeda bagi wanita juga berdampak pada kualitas kesehatan tulang dan sendi. Bersepeda juga dikenal sebagai bentuk latihan yang ideal bagi pengidap penyakit osteoporosis. Bersepeda merupakan latihan ringan yang akan memberikan sedikit tekanan pada persendian.

Sendi siku, lutut, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan merupakan beberapa sendi yang akan otomatis bekerja aktif ketika kita bersepeda. Manfaat bersepeda ini berasal dari gerakan-gerakan yang baik untuk melatih persendian, sehingga membuatnya menjadi fleksibel.


Setelah mengetahui sejumlah manfaat bersepeda bagi wanita, semoga kamu lebih bersemangat lagi untuk bersepeda secara rutin!

Jangan lupa untuk menyimak info dan tips seputar gaya hidup lainnya di Gotomalls.com, layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Selain itu, kamu juga bisa membeli voucher game, bayar token listrik, top up pulsa, hingga belanja produk-produk pilihan terbaik!

Products

Malls

Articles

Featured image source: Johanna Solano via Pinterest