Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan

Buah delima atau pomegranate disebut-sebut sebagai makanan super pada beberapa tahun terakhir ini. Buah delima juga semakin populer karena dapat menurunkan peradangan dan meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan tidak terkecuali untuk kulit.

Kandungan polifenol nya sangat baik sebagai antioksidan seperti halnya buah beri dan teh hijau. Penasaran dong apa saja manfaat baiknya untuk kulit? Yuk ikuti artikel ini sampai akhir.

1. Anti Penuaan

article image

Image source: freepik.com

Antioksidan seperti vitamin C yang ada pada buah delima bekerja dengan baik mengurangi kerusakan sel dalam tubuh. Apalagi untuk mencegah penuaan dini. Antioksidan ini dapat meredam timbulnya bintik-bintik akibat penuaan dan juga meminimalisir kerutan di wajah.

2. Melembabkan Kulit

article image

Image source: shutterstock.com

Banyak ahli setuju jika buah delima membantu menutrisi kembali kulit kering dan kusam. Hal ini dipengaruhi karena tingginya vitamin C yang terkandung dalam buah delima.

Kamu bisa mencoba mengoleskan buah delima pada kulit. Lalu diamkan selama 10 menit dan bilas. Lakukan secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.

3. Mengurangi Peradangan

article image

Image source: herzindagi.com

Radiasi akibat terpaparnya radikal bebas dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Mengonsumsi dan mengoleskan buah delima pada kulit juga bisa mengurangi gejala peradangan dan memperbaiki kondisi kulit akibat inflamasi. Untuk meredakan jerawat dan eksim pun bisa.

4. Antimikroba

article image

Image source: indian.com

Buah delima diduga turut mengandung antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri dan jamur pada kulit. Manfaat itu dapat mengobati kerusakan kulit akibat bakteri penyebab tumbuhnya jerawat.

5. Perlindungan UV

article image

Image source:stemorganic.com

Antioksidan dalam buah delima dianggap mampu membantu memberikan perlindungan alami terhadap sinar ultraviolet (UV). Namun perlindungan dari buah delima saja tidaklah cukup. Kamu masih harus memberikan perlindungan ekstra dengan menggunakan krim tabir surya.

6. Regenerasi Kulit

article image

Image source: mindbodygreen.com

Regenerasi kulit secara teratur dapat menyingkirkan sel-sel kulit mati, mempermudah hilangnya bekas jerawat, dan menangkal penuaan dini. Untuk mendapatkan manfaat tersebut kamu dapat mengaplikasikan buah delima sebagai masker wajah.

7. Mendorong Pertumbuhan Rambut

article image

Image source: styelesatlife.com

Tidak hanya sebagai masker wajah, buah delima juga bagus untuk kulit kepala dan rambut. Antioksidan yang terkandung dalam buah delima membuat folikel rambut lebih kuat dan meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala. Dengan demikian pertumbuhan rambut pun akan semakin cepat.


Sudahkah kamu memanfaatkan buah delima dengan baik untuk kesehatan kulitmu? Jika belum yuk mulai mengkonsumsi dan menggunakan buah delima sebagai masker agar kita semakin bugar dan kulit tetap terjaga.

Malls

Articles