6 Manfaat Buah Kurma Untuk Ibu Hamil

Memasuki bulan puasa, buah kurma semakin mudah dijumpai di supermarket, minimarket dan juga toko buah. Buah yang berasal dari Timur Tengah ini memang sangat identik dengan bulan puasa atau Ramadan karena banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan dengan mengonsumsi buah kurma saat berbuka puasa maupun saat sahur. Buah kurma memiliki kandungan zat besi, vitamin, serat, karbohidrat dan kalsium yang sangat baik bagi tubuh.

Di antaranya sebagai sumber energi cadangan, bisa membantu mengurangi rasa lapar karena buah kurma mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan masih banyak manfaat lainnya. Manfaat ini juga bisa dirasakan langsung oleh ibu hamil yang ingin menjalankan ibadah puasa. Seperti yang diketahui, sebenarnya tidak ada kewajiban atau paksaan bagi ibu hamil untuk berpuasa. Yuk, simak ulasannya apa saja manfaat buah kurma untuk ibu hamil di bawah ini.

Sebagai Sumber Energi

article image

Image source: lagizi.com

Manfaat buah kurma untuk ibu hamil yang pertama adalah sebagai sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah kurma memiliki kandungan glukosa yang berfungsi untuk menambah energi tanpa mengubah kadar gula yang ada dalam darah. Dengan mengonsumsi beberapa buah kurma saja dalam sehari mampu membantu memenuhi kebutuhan energi Anda selama kehamilan.

Bantu Mengurangi Sembelit

article image

Image source: alodokter.com

Buah kurma juga mampu mengurangi sembelit atau konstipasi, karena banyak serat yang terkandung di dalamnya. Pencernaan ibu hamil pun menjadi lebih sehat dengan rajin mengonsumsi buah kurma dan tidak perlu khawatir berlebih jika sering mengonsumsinya asal dalam batas wajar. Buah ini juga bisa mengurangi kadar kolesterol dan mempertahankan berat badan.

Memudahkan Persalinan

article image

Image source: nakita.id

Ada pula manfaat buah kurma untuk ibu hamil yang positif dan bisa dirasakan pada saat persalinan nanti. Menurut penelitian medis, dengan mengonsumsi kurma di minggu-minggu terakhir kehamilan, ibu hamil bisa merasa lebih rileks pada rahimnya. Selain itu juga mampu mengurangi risiko induksi saat persalinan dan mengurangi risiko pendarahan postpartum atau setelah melahirkan.

Mengurangi Risiko Bayi Lahir Cacat

article image

Image source: ibupedia.com

Pada masa kehamilan, ibu hamil harus memiliki asupan asam folat yang cukup baik dari makanan maupun suplemen yang kaya akan folat. Jika asupan asam folat kurang dari normal bisa mengakibatkan bayi yang lahir mengalami cacat bawaan. Untuk itu, manfaat buah kurma untuk ibu hamil lainnya adalah untuk memenuhi kebutuhan folat. Jadi tidak ada salahnya mengonsumsi buah kurma, saat berbuka puasa dan juga pada saat sahur agar kebutuhan asam folat terpenuhi.

Kamu bisa mendapatkan produk kurma di bawah ini:

Kurma Tunisia

article image

Beli Sekarang

Bantu Perkembangan Tulang Bayi

article image

Image source: nakita.id

Normalnya, sebagian besar bayi yang terlahir di dunia memiliki kadar vitamin K yang rendah. Tapi jika sang ibu saat mengandung rajin mengonsumsi buah kurma, maka kadar vitamin K sang bayi akan terpenuhi. Gunakan untuk perkembangan tulang bayi dalam kandungan. Untuk itu, sangat disarankan ibu hamil untuk mengonsumsi buah kurma jadi bayi akan mendapat asupan vitamin K yang cukup.

Kaya Akan Zat Besi

article image

Image source: seruni.id

Manfaat buah kurma untuk ibu hamil berikutnya adalah dengan mengonsumsi buah kurma maka ibu hamil tidak akan kekurangan zat besi. Seperti yang kita ketahui, jika kekurangan zat besi bisa menyebabkan seseorang anemia. Kondisi ini sangat berbahaya jika tidak benar-benar diperhatikan. Dengan mengonsumsi buah kurma, ibu hamil bisa mengatasi kekurangan zat besi selama kehamilan. Selain itu, zat besi juga penting dalam mengatur hemoglobin di dalam tubuh yang fungsinya juga untuk memperkuat imunitas ibu dan bayi.

Products

Cek juga artikel rekomendasi untuk ibu hamil lainnya di bawah ini:

Articles


Itulah beberapa manfaat buah kurma untuk ibu hamil. Meski ibadah puasa tidak diwajibkan untuk ibu hamil, jika Anda memilih untuk berpuasa, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi buah kurma saat berbuka puasa dan juga sahur. Namun perlu diingat, jangan mengonsumsi secara berlebihan, sewajarnya saja. Jika sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan bisa memiliki efek samping yang juga tidak baik bagi ibu hamil seperti kadar gula darah yang tinggi, kelebihan berat bada dan kemungkinan adanya risiko diabetes gestasional.

Jadi cukup konsumsi buah kurma 3-5 butir saja setiap harinya untuk mendapatkan asupan nutrisi yang pas. Namun bagi ibu hamil dengan kondisi khusus, sebaiknya perlu konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi kurma.

Jangan lupa untuk ikuti terus perkembangan informasi lainnya hanya di Gotomalls.com, aplikasi berbasis website yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: moxsie.com