Manfaat Buah Mengkudu

Mengkudu merupakan salah satu buah khas Asia Tenggara, Asia Selatan dan Pasifik. Buah yang memiliki aroma cukup khas ini memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan.

Umumnya buah mengkudu berwarna hijau dan warnanya akan semakin memudar berubah menjadi kuning ketika sudah matang. Banyak yang tidak menyukai tekstur dan baunya karena ketika matang teksturnya bisa sangat becek dan berbau kurang sedap.

Namun dibalik baunya yang tidak sedap tersebut, terkandung banyak manfaatkan bagi tubuh. Mengkudu juga disebut sebagai peningkat sistem kekebalan dan detoksifikasi tubuh oleh ahli medis. Dalam buah mengkudu terkandung Vitamin C, Vitamin A, Vitamin B3 dan zat besi. Pantas saja, buah ini telah sejak ribuan tahun lalu dimanfaatkan sebagai obat.

Agar kamu tak makin penasaran, berikut ini beberapa manfaat buah mengkudu yang wajib kamu tahu.

1. Mengurangi Kerusakan Sel Akibat Asap Tembakau

article image

Image source: chicagotribune.com

Selain ditemukan dalam bentuk ekstrak dalam obat-obatan, buah mengkudu juga bisa dikonsumsi langsung menjadi jus. Nah jus buah mengkudu tersebut dapat mengurangi kerusakan sel terutama yang diakibatkan oleh asap tembakau.

Berdasarkan banyak penelitian, menyebutkan jika paparan asap tembakau menghasilkan radikal bebas yang cukup berbahaya. Alhasil dapat menyebabkan kerusakan sel dan oxidative stress.

Oxidative stress banyak dikaitkan dengan penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Dan jus mengkudu yang kaya antioksidan sangat baik untuk mengurangi oxidative stress.

Asap tembakau juga diketahui menyebabkan kanker. Bahan kimia yang terkandung didalamnya dapat menghambat pertumbuhan sel-sel di tubuh dan menyebabkan pertumbuhan tumor. Sebuah uji klinis menemukan jika jus mengkudu dapat mengurangi kadar kimia penyebab kanker pada perokok sebesar 45%.

2. Menjaga Kesehatan Jantung pada Perokok

article image

Image source: hackensackmeredianhelath.com

Manfaat buah mengkudu berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengurangi peradangan. Sebuah studi menemukan jika mengkonsumsi mengkudu setiap hari selama satu bulan dapat mengurangi kolesterol secara signifikan.

Indeks penelitian yang digunakan dalam kasus di atas dilakukan pada perokok akut. Bisa jadi tidak dapat digeneralisasikan untuk semua orang, terutama yang tidak merokok.

Para peneliti telah menyebutkan bahwa jika antioksidan pada jus mengkudu dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi yang disebabkan oleh rokok tembakau.

3. Menurunkan Resiko Asam urat

article image

Image source: alodokter.com

Manfaat buah mengkudu juga dapat mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah. Sehingga jika kamu mengonsumsi mengkudu dalam jumlah tertentu dan rutin maka penumpukan kristal asam urat di persendian pun dapat menurun dengan cepat.

4. Sebagai Antidepresan atau Obat Penenang

article image

Image source: doktersehat.com

Dewasa ini semakin banyak orang yang mengalami depresi entah karena apa. Untungnya obat penenang sudah banyak diedarkan bahkan ada yang berbentuk minuman. Salah satunya adalah jus buah mengkudu.

Manfaat buah mengkudu ternyata juga dapat merangsang serotonin dan melatonin. Kedua hormon tersebut sangat penting bagi tubuh. Serotonin dapat mempengaruhi suasana hati, emosi, dan tidur. Apabila kadar serotonin tidak seimbang dapat memicu terjadinya depresi.

Sedangkan melatonin lebih mengatur ritme sirkadian yang membantu seorang mendapatkan kualitas tidur yang baik. Menjaga rutinitas ini dapat membantu seseorang beristirahat dengan nyenyak di malam hari dan dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih bahagia.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

article image

Image source: niosrcranchi.com

Buah mengkudu dapat meningkatkan kekuatan fisik. Bahkan mengkonsumsi buah mengkudu sebelum bepergian dapat membuat fisik tidak mudah lelah dan tetap bergairah.

Peningkatan daya tahan fisik yang dihasilkan oleh jus mengkudu kemungkinan besar terkait dengan tingginya kadar antioksidan. Zat tersebut dapat mengurangi kerusakan jaringan otot yang biasanya terjadi selama olahraga atau aktivitas yang melelahkan lainnya.

6. Melembabkan Kulit

article image

Image source: skinkraft.com

Buah mengkudu adalah sumber antioksidan yang bekerja maksimal sebagai pelembab yang bagus untuk kulit. bahkan tidak hanya diminum, ketika dioleskan pun manfaat buah mengkudu yang didapatkan juga sama.

Buah mengkudu secara alami menutrisi dan memperbaiki sel kulit. Sampaikan selamat tinggal pada kulit kering dan tidak sehat. Bersiaplah dengan kulit baru yang lebih lembab, terhidrasi, dan merona.

7. Anti Tumor dan Kanker

article image

Image source: beritabeta.com

Buah mengkudu memproduksi oksida nitrat. Oksida nitrat adalah zat yang sangat berguna untuk melawan berbagai penyakit dalam tubuh.

Dalam kasus ini oksida nitrat dapat mengurangi pertumbuhan tumor dan membantu tubuh melawan replika sel kanker. mengkudu juga kaya akan zat polisakarida imunomodulator yang dikenal sebagai zat pelawan kanker.

Dalam kasus kanker yang sudah ada, manfaat buah mengkudu yang dikonsumsi dengan jumlah tinggi akan memperlambat, menghentikan, atau membalikkan proses penyebaran kanker secara total.

8. Melawan Penuaan Dini

article image

Image source: muhealth.org

Siapa sih wanita yang nggak mau awet muda? Keriput sedikit pasti udah bingung cari skincare yang cocok.

Tapi menjaga kekencangan kulit dan membuatnya awet muda tidak hanya bisa dirawat dari luar saja, kamu perlu nutrisi dari dalam. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi jus buah mengkudu.

Manfaat buah mengkudu yang kaya akan Vitamin C dan selenium membantu melawan radikal bebas dan menjaga elastisitas kulit. Membuat kulit semakin kencang dan menghempaskan efek buruk penuaan seperti keriput.

9. Meredakan Hipertensi

article image

Image source: healthline.com

Buah mengkudu ini kaya dengan kandungan fitonutrien, selenium, dan Vitamin C. Ketiga zat tersebut dapat melawan kerusakan radikal bebas pada dinding pembuluh darah yang dapat menurunkan tekanan darah.

Zat dalam mengkudu bersifat basa yang mencegah cairan tubuh menjadi terlalu asam. Mengkudu juga mengandung proxeronine yang sangat dibutuhkan tubuh untuk memproduksi xeronine. Xeronine membantu mengkoordinasikan sel agar bekerja secara harmonis, menurunkan stres dan menurunkan tekanan darah.


Itulah 9 manfaat dari buah mengkudu. Simak juga info menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama di Indonesia untuk menemukan berbagai penawaran dan keuntungan menarik di pusat-pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: timesofindia.com