Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

Buah naga adalah buah khas daerah tropis yang memiliki 4 varietas warna, yaitu merah, kuning, hitam, dan putih. Buah naga mengandung kalori sebanyak 102 kkal, 2 gram protein, 22 gram karbohidrat, 5 gram serat, 13 gram gula, dan berbagai antioksidan serta vitamin penting dalam setiap porsinya. Kandungan nutrisi yang kaya ini membuat buah naga dijuluki sebagai “superfood”.

Di antara 4 jenis buah naga, buah naga merah merupakan yang paling populer. Ada beragam manfaat buah naga merah untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Mulai dari pengobatan, kecantikan, peremajaan sel, hingga detoksifikasi. Untuk lebih lengkapnya, simak informasi di bawah ini:

Sumber Antioksidan

article image

Image source: Chowhound

Antioksidan adalah senyawa yang berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari molekul tidak stabil atau lebih sering disebut radikal bebas. Radikal bebas sering diasosiasikan dengan penyakit kronis, kanker, dan penuaan.

Buah naga merupakan sumber antioksidan yang beragam, seperti betalains yang berguna untuk membasmi kolesterol jahat, hydroxycinnamates yang bersifat antikanker, serta flavonoid yang bermanfaat untuk kesehatan otak.

Meningkatkan Asupan Zat Besi

article image

Image source: KlikDokter

Dalam setiap 170 gram buah naga terkandung 1,26 mg zat besi. Mineral ini berperan penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh bagian tubuh. Zat besi juga dibutuhkan untuk proses metabolisme dan pertumbuhan. Untuk orang yang mengalami gejala kekurangan zat besi atau anemia, mengonsumsi buah naga merah secara rutin sangat dianjurkan. Tambahkan beberapa potong buah naga dalam setiap porsi makan.

Menjaga Kesehatan Jantung

article image

Image source: Forbes

Menjaga kesehatan jantung adalah salah satu manfaat buah naga merah untuk kesehatan yang paripurna. Salah satu kandungan antioksidan dalam buah naga (betalains) akan menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Jika kesehatan jantung terjaga, maka tubuh kita akan lebih sehat secara menyeluruh. Selain itu, buah naga juga merupakan sumber lemak tidak jenuh yang baik.

Melawan Diabetes

article image

Image source: Versant Health

Manfaat buah naga merah juga berguna untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Para peneliti mengemukakan hal ini setelah mengetahui bahwa buah naga bisa membantu regenerasi sel pankreas yang rusak pada penderita diabetes. Kendati begitu, manfaat ini masih butuh penelitian yang lebih mendalam.

Memelihara Kesehatan Pencernaan

article image

Image source: Medical News Today

Buah naga memiliki kandungan prebiotik yang menjadi sumber makanan untuk bakteri baik di dalam usus, seperti bakteri Lactobacilli dan Bifidobacteria. Dua jenis bakteri ini senantiasa melawan virus dan bakteri penyebab timbulnya penyakit. Dengan kata lain, memenuhi asupan prebiotik lewat buah naga merah bisa menjaga keseimbangan bakteri baik dan jahat di usus kita.

Mengatasi Kerusakan Rambut

article image

Image source: cookpad.com

Manfaat buah naga merah untuk kesehatan selanjutnya adalah mengatasi kerusakan rambut. Jika rambut terlalu sering diwarnai dengan berbagai zat kimia dalam jangka panjang, rambut akan menjadi mudah rusak. Nah, buah naga ternyata baik untuk mengatasi rambut rusak akibat diwarnai.

Manfaat ini bisa kita dapatkan dengan cara membuat hair mask dari bahan dasar buah naga. Ambil beberapa potong buah naga, kemudian blender sampai halus. Oleskan buah naga tersebut pada kulit kepala beberapa saat sebelum keramas. Cara ini berguna untuk melindungi kesehatan folikel rambut. Vitamin dan mineral dalam buah naga akan menutrisi kulit kepala agar pertumbuhan rambut lebih optimal.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

article image

Image source: Pinterest

Buah naga dikenal sebagai sumber vitamin C yang kaya. Lebih dari itu, buah naga juga ternyata mengandung vitamin A. Kombinasi kedua kandungan vitamin ini menjadikan buah naga sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan mencegah infeksi.

Memelihara Kesehatan Kulit

article image

Image source: Pinterest

Buah naga sangat cocok untuk memelihara kesehatan kulit secara menyeluruh. Rutin mengonsumsi buah naga terbukti mampu menjaga kulit kita tetap kencang dan awet muda. Cara memperoleh manfaat ini kurang lebih sama dengan cara merawat rambut, yaitu dengan menjadikan buah naga sebagai masker wajah.

Apa saja manfaatnya untuk kesehatan kulit? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, buah naga merupakan kaya akan vitamin C, yang artinya bisa mengurangi proses peradangan akibat jerawat pada kulit wajah. Selain itu, kandungan vitamin B3-nya sangat baik untuk mengatasi luka bakar akibat berjemur.


Nah, itulah 8 manfaat buah naga merah untuk kesehatan yang paripurna. Simak juga info menarik seputar kesehatan lainnya di Gotomalls.com! Layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event. di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Articles

featured image source: SHARK MARKET