Manfaat Buah Sri Kaya

Selain punya rasa manis dengan tekstur lembut, buah sri kaya juga menawarkan manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Buah ini mengandung tinggi antioksidan yang sangat bermanfaat untuk membantu melawan radikal bebas.

Selain itu, buah srikaya juga diperkaya dengan zat besi, kalsium, magnesium, kalium, hingga niacin yang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak.

Berkat nutrisinya yang serba lengkap, buah bertekstur unik dengan warna kulit kehijauan ini sangat baik jika dikonsumsi rutin dalam porsi yang ideal.

Mau tahu apa saja manfaat buah sri kaya? Simak di bawah ini!

1. Meningkatkan Sistem Imun

article image

Image source: FaktualNews.co

Dengan kandungan antioksidan polifenol serta vitamin C yang tergolong tinggi, mengonsumsi buah sri kaya sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Dengan sistem imun yang kuat, tubuh akan lebih resisten terhadap berbagai macam serangan infeksi sehingga tidak akan gampang jatuh sakit.

Selain itu, kandungan flavonoid, karotenoid, hingga asam kaurenoat-nya akan membantu tubuh dalam menghalau radikal bebas.

2. Cegah Serangan Jantung

article image

Image source: American Heart Association

Buah sri kaya mengandung magnesium yang sangat berguna untuk memelihara kelancaran metabolisme, produksi enzim, menjaga kesehatan tulang dan otot, dan yang tak kalah penting adalah melindungi kesehatan jantung.

Srikaya juga memiliki kandungan vitamin B6 yang mampu mencegah penumpukan homocysteine agar tidak menyumbat pembuluh darah. Dengan demikian, kamu akan lebih terhindar dari resiko serangan jantung.

3. Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil

article image

Image source:mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com

Buah sri kaya memiliki nilai indeks glikemik (GI) di level sedang. Indeks glikemik sendiri merupakan angka yang menunjukkan seberapa cepat karbohidrat diproses menjadi glukosa dari suatu sumber pangan.

Nah, dengan nilai GI level sedang, manfaat buah sri kaya juga bisa untuk mencegah peningkatan sekaligus menjaga kadar gula darah.

Sejumlah studi mengemukakan bahwa ekstrak daun srikaya dapat memelihara kestabilan kadar gula darah dan meminimalisir dosis pemakaian insulin. Maka dari itu, buah srikaya tetap bagus jika dikonsumsi penderita diabetes.

4. Baik untuk Pencernaan

article image

Image source: IDN Times

Buah srikaya juga mengandung serat larut yang bisa menjadi sumber makanan untuk bakteri baik di usus serta memproduksi asam lemak rantai pendek atau short-chain fatty acid (SCFA).

SCFA berguna sebagai sumber energi bagi tubuh dan melindungi kita dari resiko peradangan yang dapat mempengaruhi pencernaan, misalnya saja kolitis ulseratif atau penyakit Crohn.

Dengan mengonsumsi sumber pangan kaya serat seperti buah srikaya, kita dapat membantu mengoptimalkan kinerja usus sekaligus menjaga kesehatannya.

5. Ampuh Basmi Kutu dan Ketombe

article image

Image source:Flickr.com

Srikaya juga punya manfaat lainnya yang tak kalah menarik, salah satunya membasmi kutu dan ketombe. Beberapa studi mengungkapkan bahwa ekstrak biji srikaya yang dicampur minyak kelapa ampuh untuk mengatasi masalah kutu rambut dan ketombe.

Tapi, pemakaiannya harus teliti dan jangan sampai menyentuh mata karena dapat menyebabkan iritasi hingga kerusakan. Jika terkena mata, ekstraksi dari biji buah srikaya berpotensi menimbulkan keratitis.

6. Menyembuhkan Anemia

article image

Image source: JPNN.com

Manfaat buah sri kaya berikutnya yaitu mengobati anemia. Buah ini selain berfungsi sebagai stimulan, ekspektoran, pendingin, dan hematinik, kandungan zat besinya pun berguna untuk menyembuhkan anemia atau penyakit kekurangan darah.

Manfaat ini bisa kamu peroleh dengan memakan buah sri kaya secara utuh atau bisa juga diolah menjadi berbagai jenis makanan lainnya untuk membantu menyembuhkan anemia.

7. Memperbaiki Kualitas Mood

article image

Image source: Jojonomic.com

Srikaya adalah salah satu buah-buahan yang menjadi sumber vitamin B6 yang sangat dibutuhkan tubuh. Vitamin B6 atau pyridoxine memiliki peranan penting dalam membentuk neurotransmitter, serotonin, dopamin, yang sangat mempengaruhi suasana hati.

Nah, jika tubuh kekurangan suplai vitamin B6, biasanya seseorang jadi lebih rentan depresi. Oleh karenanya, jika kamu ingin merasa bahagia sepanjang hari, cukupi kebutuhan vitamin B6 dengan mengonsumsi buah srikaya!

Demikianlah beragam manfaat buah srikaya yang luar biasa!


Untuk mendapatkan info dan tips kesehatan lainnya, simak terus update artikel terbaru di Gotomalls.com, layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Selain itu, kamu juga bisa beli voucher game, bayar token listrik, top up pulsa, hingga belanja produk-produk pilihan terbaik!

Malls

Articles

Featured image source: Samudrabibit.com