Manfaat Bunga Telang Ungu

Bunga telang ungu akhir-akhir ini menjadi salah satu tanaman yang paling dicari. Tanaman ini mudah tumbuh di pekarangan rumah, warnanya yang cantik perpaduan antara ungu, biru dan putih. Di balik kecantikannya, bunga telang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Cara mengonsumsinya juga mudah, bisa diminum dengan cara diseduh saja, sebagai pewarna makanan alami seperti di nasi, puding dan masih banyak lagi. Apa saja manfaat bunga telang ungu untuk kesehatan? Berikut ulasannya di bawah ini:

Sistem Kekebalan Tubuh

article image

Image source: daya.id

Bunga telang ungu disebut juga butterfly pea flower memiliki manfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Bunga ini bisa menjadi salah satu solusi dari berbagai ancaman bakteri ataupun kuman yang bisa menimbulkan penyakit. Terlebih ketika cuaca tidak menentu, kamu bisa mengandalkan teh bunga telang ungu untuk menjaga imunitas tubuh.

Antioksidan Tinggi

article image

Image source: fimela.com

Bunga telang ungu juga memiliki antioksidan yang tinggi seperti teh hijau. Di dalam bunga telang mengandung zat antosianin yang tinggi, sehingga tidak heran zat yang ada dalam bunga ini kemudian dikembangkan sebagai pewarna alami di industri pangan. Zat antosianin ini mengandung antioksidan alami yang baik untuk tubuh. Kamu bisa menyeduh teh bunga telang ungu ini dan rasakan manfaatnya.

Detoksifikasi Tubuh

article image

Image source: shopee.co.id

Banyak sekali alternatif bahan alami yang bisa untuk membantu detoksifikasi dalam tubuh salah satunya dengan bunga telang ungu. Manfaat bunga telang ungu bisa bantu membuang racun dalam tubuh melalui urine dan juga keringat. Dengan begitu, otomatis metabolisme dalam tubuh juga ikut membaik. Caranya seduh teh bunga telang ungu dan konsumsi di pagi hari, rasakan manfaatnya.

Kontrol Gula Darah

article image

Image source: connectfarma.net

Manfaat bunga telang ungu juga bisa mengontrol gula darah dalam tubuh. Bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan atau memiliki keluarga kerabat yang memiliki masalah gula darah, kamu bisa menganjurkan untuk mengonsumsi bunga telang ungu. Dalam sebuah penelitian, Journal of Applied Pharmaceutical Science, teh bunga telang ungu bisa membantu mengurangi dan juga menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh.

Mengatasi Stres dan Cemas

article image

Image source: borneohale.com

Ternyata bunga telang ungu juga memiliki kandungan anti depresi yang telah dibuktikan melalui sebuah studi. Mengonsumsi bunga teh telang bisa membuat tubuh jadi terasa lebih relaks, menenangkan pikiran, dan juga mengurangi rasa cemas dan stres.

Kesehatan Mata

article image

Image source: news.like.jp

Selain yang sudah disebut di atas, manfaat bunga telang ungu juga baik untuk menjaga kesehatan mata. Jika kamu memiliki masalah dengan mata lelah atau penglihatan bermasalah, kamu bisa mengandalkan rendaman air bunga telang ungu untuk sebagai pencuci mata. Mata kamu akan terasa lebih segar setelahnya.

Cara Mengonsumsi Bunga Telang Ungu

article image

Image source: Shutterstock/Geshas

Jika tidak punya tanamannya, kamu bisa membeli di toko-toko organik maupun online yang menjual bunga telang ungu baik yang fresh maupun yang sudah dikeringkan. Cara mengonsumsinya petik 5 bunga telang kemudian seduh dengan air panas. Tunggu kurang lebih 5 menit hingga keluar warnanya kemudian tambahkan madu atau gula sesuai selera.


Nah itu dia beberapa manfaat bunga telang ungu untuk kesehatan. Jadi tertarik bukan untuk menanamnya sendiri di pekarangan rumah? Kamu juga bisa membelinya yang kering tinggal seduh, deh! Selamat mencoba. Ikuti terus informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com!

Articles

Malls

featured image source: freepik/jcomp