Manfaat Cuci Tangan Pakai Sabun

Kebersihan tangan tidak bisa dianggap sepele. Pasalnya, berbagai penyakit yang berasal dari virus, kuman, atau bakteri bisa menular melalui tangan kita, terutama setelah menggunakan toilet umum.

Dalam sebuah studi di American Society for Microbiology, hanya sekitar 83% orang yang mencuci tangannya sehabis menggunakan toilet umum. Kondisi ini tidak cuma terjadi di kalangan masyarakat saja. Bahkan, tidak sedikit dokter-dokter yang terkadang melupakan kebersihan tangannya.

Manfaat cuci tangan pakai sabun bisa memberikan proteksi diri dan orang-orang di sekeliling kita dari risiko penyakit menular. Untuk meningkatkan kesadaran tentang kebersihan tangan, mari kita simak manfaatnya berikut ini!

1. Mencegah Resistensi Antimikroba

article image

Image source: insight.microba.com

WHO pernah mengungkapkan bahwa resistensi antimikroba, terutama resistensi terhadap antibiotik masih terus berkembang. Di Eropa sendiri telah memakan hingga ratusan ribu korban meninggal akibat infeksi yang berhubungan dengan perawatan kesehatan dan penyakit akibat resistensi kuman terhadap obat-obatan antimikroba.

Menurut salah satu pakar di WHO, petugas kesehatan dan masyarakat punya tanggung jawab untuk mengendalikan dan mencegah hal ini. Sebagian besarnya dapat diwujudkan dengan menjaga kebersihan tangan serta tindakan pengendalian infeksi lainnya.

2. Mencegah Berbagai Penyakit

article image

Image source: health.kompas.com

Selama ini para pakar kesehatan selalu menganjurkan semua orang untuk mencuci tangan dengan sabun. Menurut salah satu studi yang dirilis melalui US National Library of Medicine National Institutes of Health, cuci tangan pakai sabun jauh lebih efektif untuk membasmi bakteri yang berasal dari feses daripada cuci tangan hanya dengan air. Para ahli mengatakan hal ini dapat mencegah penularan diare.

Manfaat cuci tangan pakai sabun tak hanya soal itu. Kebiasaan ini juga dapat melindungi kita dari berbagai penyakit lainnya, seperti infeksi bakteri E.coli, hepatitis A, sakit tenggorokan, flu, cacingan, ISPA, hingga mengurangi resiko penularan COVID-19.

3. Membunuh Kuman

article image

Image source: halodoc.com

Seperti yang sudah kita ketahui, kuman-kuman penyebab penyakit rentan menular melalui tangan. Saat kuman menyelinap ke dalam tubuh, risiko timbulnya penyakit pun akan semakin meningkat. Menurut Kementerian Kesehatan, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, manfaat cuci tangan pakai sabun bisa memberantas kuman dan kotoran yang tak terlihat pada tangan.

Baik kuman maupun kotoran sangat mungkin tertinggal di tangan jika kita tidak segera mencucinya dengan sabun dan air mengalir. Hal serupa juga dikemukakan oleh ahli di Harvard University. Menurutnya, membersihkan tangan dengan sabun dan air adalah cara efektif untuk membasmi kuman.

4. Lebih Efektif dari Hand Sanitizer

article image

Image source: TheStreet.com

Sebuah studi yang dirilis melalui American Society for Microbiology menjelaskan bahwa cuci tangan pakai sabun dan air mengalir lebih efektif untuk membersihkan ketimbang menggunakan setetes gel hand sanitizer.

Ternyata, cuci tangan pakai sabun bisa mengeluarkan sel-sel virus yang hinggap di tangan kita. Setelah dibilas dengan air mengalir, maka sel virus tersebut akan menghilang sepenuhnya. Selain itu, sabun dan air juga lebih efektif untuk menghilangkan noda dan minyak di tangan.

5. Mencegah Gangguan Sistem Pernapasan

article image

Image source: Kompas.com

Manfaat cuci tangan pakai sabun berikutnya adalah mencegah gangguan sistem pernapasan. Kita bisa meminimalisir risiko penyakit ini dengan cuci tangan sehabis beraktivitas, karena bakteri patogen yang berhubungan dengan penyakit pernapasan rentan hinggap di tangan yang kotor. Kebiasaan ini akan membuat saluran pernapasan kita selalu bersih dan sehat.


Nah, demikianlah beberapa manfaat cuci tangan pakai sabun. Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terlengkap untuk mendapatkan berbagai penawaran menguntungkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Articles

Featured image source: getroman.com