Tidak Hanya Cegah Virus Corona, Ini Dia Manfaat #DiRumahAja Untuk Lingkungan

Imbauan pemerintah untuk di rumah saja dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona. Kebijakan tersebut diberlakukan sebagai akibat dari meningkatnya angka positif corona setiap harinya. Sampai Sabtu tanggal 28 Maret 2020, tercatat sudah 1155 orang positif terinfeksi corona.

Imbauan untuk melakukan aktivitas di rumah saja termasuk bekerja di rumah tetap digalakkan pemerintah agar penyebaran virus corona tidak semakin parah. Masyarakat diimbau agar tidak keluar rumah kecuali untuk keperluan yang sangat mendesak.

Dampak dari diberlakukannya kebijakan di rumah saja ini, tempat-tempat umum seperti mal, pasar tradisional dan pertokoan menjadi lebih sepi. Selain itu objek wisata pun terkena imbas dan akhirnya harus ditutup untuk sementara waktu. Jalanan juga tampak lebih lengang karena tidak banyak masyarakat yang keluar rumah.

Dampak yang paling terasa dari wabah virus corona adalah perekonomian yang semakin lesu. Namun imbauan untuk beraktivitas di rumah saja tidak selalu memberi dampak negatif. Ternyata dengan lebih banyak beraktivitas di rumah saja, kita bisa memberi dampak positif untuk lingkungan.

Apa saja sih manfaat di rumah saja untuk lingkungan? Yuk simak dampak positif untuk lingkungan berikut ini apabila kita melakukan aktivitas di rumah saja dan mengurangi bepergian.

Kualitas Udara Membaik

article image

Image source: twitter/@semestasains

Ketika masyarakat lebih banyak melakukan aktivitas di rumah saja, otomatis kendaraan yang mondar-mandir di jalanan menjadi berkurang. Jalanan menjadi lebih lengang, tidak ada macet dan tentunya polusi udara menjadi berkurang.

Dengan berdiam diri di rumah, kita memberi kesempatan kepada alam untuk melakukan membersihkan diri. Berkurangnya kendaraan yang mondar-mandir di jalanan mengakibatkan pencemaran udara akibat gas emisi karbondioksa yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor menjadi ikut berkurang. Bahkan apabila tidak ada kendaraan yang lewat sama sekali di jalanan dapat mereduksi gas emisi sebesar 20.000 ton lho!

Dampak luar biasa terjadi di China, di saat negara tersebut lockdown selama dua bulan terjadi penurunan emisi sebesar 25%. Kemudian di Italia, kebijakan lockdown menyebabkan produksi nitrogen dioksida yang dihasilkan kendaraan bermotor, pabrik dan pembangkit listrik mengalami penurunan. Kualitas udara di negara tersebut pun membaik.

Wah, terbayang dong bagaimana kualitas udara di saat kita tidak menggunakan kendaraan bermotor dan memilih untuk di rumah saja? Kualitas udara yang baik tentu saja juga baik untuk pernapasan. Selain itu, kita bisa menikmati indahnya langit biru dengan awan putih yang bersih tanpa terganggu polusi.

Mengurangi Sampah Plastik

article image

Image source: dekoruma.com

Kamu mungkin tidak membayangkan bahwa melakukan aktivitas di rumah saja dapat mengurangi sampah plastik. Ketika imbauan untuk di rumah saja dan work from home diberlakukan, banyak toko yang harus tutup sementara dan aktivitas di luar rumah jauh berkurang. Akibatnya konsumsi terhadap produk-produk berbahan dasar plastik juga ikut berkurang.

Dengan berkurangnya aktivitas di luar rumah, kemungkinan seseorang membuang sampah plastik ketika berada di luar rumah menjadi lebih rendah. Orang-orang tidak lagi pergi ke objek wisata dan menghindari tempat-tempat ramai. Jadi kemungkinan seseorang menghasilkan sampah di tempat-tempat umum pun ikut berkurang.

Sampah-sampah plastik di lautan juga berkurang karena orang-orang diimbau tidak melakukan perjalanan jauh, termasuk menggunakan kapal laut. Dengan begitu tumpukan sampah plastik di tempat-tempat umum seperti taman kota, pantai dan lainnya menjadi lebih bersih dari sampah plastik.

Lebih Hemat Bahan Bakar Minyak

article image

Image source: jawapos.com

Manfaat yang satu ini sih sudah jelas ya. Dengan mengurangi bepergian dengan kendaraan bermotor, tentu kamu sudah menghemat bahan bakar. Dengan menghemat konsumsi BBM, itu artinya kamu berpartisipasi dalam penghematan energi.

Seperti yang terjadi di China, negara yang sebelumnya terdampak virus corona paling besar, mengalami penurunan energi mencapai 25% dalam kurun waktu dua bulan selama lockdown. Penurunan energi sama artinya dengan kita telah menghemat penggunaan sumber daya alam.

Bahan bakar seperti bensin, solar dan lainnya merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Artinya sumber daya alam tersebut akan habis jika digunakan terus-menerus karena jumlahnya yang terbatas dan tidak disediakan oleh alam.

Untuk menghasilkan bahan bakar dari minyak bumi membutuhkan proses hingga jutaan tahun lho! Terbayang kan, apabila kita boros menggunakan bahan bakar minyak bukan hal yang tidak mungkin sumber daya alam lama-lama akan habis dan perlu berjuta-juta tahun lagi untuk menghasilkannya.

Setidaknya dengan beraktivitas di rumah dan mengurangi
pemakaian kendaraan bermotor, kita bisa menghemat penggunaan bahan bakar minyak yang tentunya sangat bermanfaat bagi lingkungan.

Sungai Menjadi Lebih Bersih

article image

Image source: hai.grid.id

Dampak nyata dari merebaknya virus corona terjadi di Italia. Jumlah kasus positif corona yang meningkat tajam memaksa negara tersebut menetapkan kebijakan lockdown. Hal yang tampak berubah terlihat jelas di Venesia, salah satu destinasi wisata di Italia yang terkenal dengan kanalnya.

Biasanya Venesia dipenuhi oleh wisatawan sepanjang tahun. Akibat dari kebijakan lockdown, akhirnya Venesia bisa 'bernapas' dan tidak sesak oleh perahu yang lalu-lalang di kanal-kanal. Nah, akhirnya masyarakat melihat pemandangan yang tidak biasa di mana kanal tampak jauh lebih jernih.

Kita bisa melihat ikan-ikan berenang di kanal melalui foto-foto yang beredar. Peristiwa ini pun menarik perhatian banyak orang. Akhirnya mereka menyadari bahwa nilai konsumerisme akan tempat wisata bisa memberi dampak buruk terhadap lingkungan. Merebaknya virus corona ini pun di satu sisi dinilai telah memberi pelajaran untuk manusia untuk membersihkan bumi.

Baca juga artikel menarik lainnya di bawah ini:

Articles


Nah, itu dia manfaat yang bisa kita rasakan apabila mengikuti imbauan pemerintah untuk di rumah saja. Ternyata kebijakan tersebut memberi dampak positif yang cukup besar terhadap lingkungan. Ikuti terus perkembangan informasi lainnya hanya di Gotomalls.com!

Malls