Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Rempah asli Asia Tenggara ini memang terkenal kaya akan manfaat kesehatan. Jahe juga disebut rempah paling enak dan menyehatkan di muka bumi.

Selain dapat digunakan untuk bumbu masakan, jahe biasa digunakan sebagai ramuan untuk menghangatkan tubuh. Wedang jahe atau ronde misalnya. Jahe kering juga bisa dijadikan bubuk untuk diresepkan menjadi obat.

Nah kira-kira apa ya khasiat jahe untuk kesehatan? Berikut ini 10 manfaat jahe untuk kesehatan, bisa dikonsumsi setiap hari.

1. Melancarkan Sistem Pencernakan

article image

Image source: medicalnet.com

Banyak studi menyebutkan jika gas pada jahe yang terbentuk pada saluran usus dapat membantu memperlancar pencernaan. Enzim yang ada pada jahe membantu tubuh memecah dan mengeluarkan gas yang membuat perut tidak nyaman.

Jahe juga memiliki efek baik pada enzim tripsin dan lipase pankreas yang sangat penting untuk pencernaan. Selain itu jahe juga membantu meningkatkan pergerakan usus melalui saluran pencernaan. Efeknya jahe dapat meredakan dan mencegah sembelit.

2. Meredakan Mual

article image

Image source: mamapapa.id

Jika sedang menderita mual yang teramat menyiksa, jahe bisa jadi pilihan peredanya. Manfaat jahe untuk kesehatan juga dapat meredakan mual, muntah bahkan untuk orang yang baru saja menjalani operasi.

Namun paling efektif jahe dapat meredakan mual akibat hamil. Meski begitu bagi ibu hamil juga perlu berkonsultasi dengan dokter apabila mual yang dialami tidak juga reda meski telah mengkonsumsi jahe.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

article image

Image source: timesofindia.com

Benarkah jahe dapat membantu menurunkan berat badan? Benar sekali. Manfaat jahe untuk kesehatan juga dapat mengontrol lemak dan perlahan mengurangi berat badan serta rasio lingkar pinggang-pinggul.

Rutin minum jahe setiap hari dapat menurunkan indeks massa tubuh dan kadar insulin darah. Kadar insulin itulah yang dikaitkan dengan obesitas.

Khasiat jahe dapat mempengaruhi penurunan berat badan yang mungkin terkait dengan mekanisme tertentu, seperti potensinya untuk membantu meningkatkan jumlah kalori yang terbakar atau mengurangi peradangan.

4. Mengatasi Osteoarthritis

article image

Image source: gopos.id

Osteoarthritis adalah masalah kesehatan yang meliputi sendi. Biasanya gejalanya berupa nyeri sendi dan sering kaku. Nah, manfaat jahe untuk kesehatan juga bisa meredakan sakit osteoarthritis.

Sebuah studi mengatakan jika mengkonsumsi jahe dengan rutin dapat mengobati segala masalah sendi dan mengurangi rasa sakit.

5. Meredakan Pilek atau Flu

article image

Image source: klikdokter.com

Jahe ternyata sangat efektif meredakan sakit flu. Jahe segar dapat membantu melindungi sistem pernapasan. Jadi ketika hidung mampet kamu bisa mengonsumsi jahe sebagai peredanya.

6. Membantu Menurunkan Gula Darah

article image

Image source: alodokter.com

Kandungan yang terdapat pada jahe dipercaya memiliki sifat anti diabetes yang cukup kuat. Mengkonsumsi jahe dengan rutin dapat menurunkan kadar hemoglobin dalam tubuh penyebab gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

7. Mengurangi Nyeri Haid

article image

Image source: zeenews.com

Kamu sering sakit ketika haid? Mungkin jahe bisa jadi salah satu pereda rasa sakitmu. Manfaat jahe untuk kesehatan ini pasti sudah banyak yang tahu. Sifat hangat jahe bisa meredakan sakit akibat haid pada wanita.

Banyak penelitian telah membuktikan, jika wanita yang mengkonsumsi jahe saat haid tidak akan merasakan nyeri yang sangat perih dibanding mereka yang tidak mengkonsumsi jahe.

8. Mengobati Gangguan Pencernaan

article image

Image source: firtscryparenting.com

Gangguan pencernaan biasanya ditandai dengan rasa sakit yang berulang dan ketidaknyamanan pada bagian perut atas. Susah buang air bisa jadi salah satu alasannya.

Menariknya jahe juga bermanfaat untuk membantu mengobati rasa sakit tersebut. Jahe dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengosongkan perut tanpa bahan kimia.

Hanya butuh waktu belasan menit saja jahe segera melancarkan tugasnya di pencernaan. Setelah itu perutmu akan terasa lega kembali dan siap untuk aktifitas lain.

9. Mencegah Kanker

article image

Image source: thesurgicalclinic.com

Jahe memiliki sifat anti inflamasi dan anti oksidatif yang dsapat mengendalikan proses penuaan dan tentunya menghambat pertumbuhan kanker. Bahkan untuk penyakit menular pun, antimikroba yang terkandung dalam jahe dapat mengobatinya.

Sifat anti kanker dikaitkan dengan gingerol yang ditemukan dalam jahe mentah. Ada beberapa bukti jika jahe secara mengejutkan dapat melawan kanker saluran pencernaan seperti kanker pankreas dan kanker hati.

10. Menurunkan Kadar Kolesterol

article image

Image source: netdoctor.co.uk

Manfaat jahe untuk kesehatan berikutnya ini dikaitkan dengan kolesterol. Dalam sebuah studi, orang yang mengkonsumsi jahe setiap hari mengalami penurunan kadar kolesterol jahat sebesar hampir 18% dalam kurun waktu 3 bulan.

Sekarang kamu sudah tau dong jika jahe memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Bahkan untuk kamu yang sedang menjalani proses diet pun, jahe bisa membantu menjaga tubuhmu.


Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terlengkap untuk mendapatkan berbagai penawaran menguntungkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Articles

Featured image source:globalvillagespace