Berbagai Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Selain sebagai rempah penambah cita rasa masakan, kayu manis juga telah lama dikenal sebagai bahan pembuatan obat herbal. Tak ayal, manfaat kayu manis untuk kesehatan memang sudah terbukti selama ribuan tahun.

Rempah yang berasal dari cabang pohon Cinnamomum ini juga memiliki efek menghangatkan, terutama jika diolah sebagai minuman. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa kayu manis memiliki sifat antiseptik, anti radang, anti jamur, dan lebih jauh sebagai anti kanker.

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh

article image

Image source: merdeka.com

Sayang sekali jika rempah kaya manfaat ini hanya digunakan sebagai bumbu dapur atau penambah cita rasa adonan kue. Secara spesifik, kayu manis bahkan bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan seperti diare, flu, sakit perut, hipertensi, bronkitis, menurunkan kadar kolesterol, sampai menurunkan berat badan.

Berikut beberapa manfaat kayu manis untuk kesehatan:

Menghangatkan dan Menurunkan Berat Badan

article image

Image source: unitypoint.org

Kayu manis bersifat menghangatkan, rebuslah beberapa batang kayu manis dengan air secukupnya. Rasanya yang manis dan beraroma wangi cocok dijadikan minuman selama musim hujan.

Air rebusan kayu manis juga bisa dijadikan suplemen diet. Kayu manis diyakini bisa menekan respons negatif tubuh terhadap kandungan lemak berlebih di dalam makanan.

Mencegah Kanker

article image

Image source: tasteofhome.com

Kayu manis telah dipelajari secara luas untuk potensinya dalam pencegahan dan pengobatan kanker. Penelitian tabung reaksi telah mengamati bahwa ekstrak kayu manis dapat membantu membunuh jenis sel kanker tertentu, termasuk sel kanker kulit. Sifat antioksidan yang dimiliki kayu manis sangat berperan dalam pencegahan kanker.

Menyehatkan Jantung

article image

Image source: chartwell.com

Studi telah membuktikan bahwa senyawa yang terkandung dalam kayu manis bisa mengurangi peradangan, yang artinya bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Kayu manis juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar trigliserida, dan menekan kadar kolesterol buruk.

Lebih jauh, kayu manis bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) yang salah satu fungsinya adalah meningkatkan kesehatan jantung. Belum lagi kandungan kumarinnya yang tergolong cukup tinggi dapat meminimalisir risiko penyempitan pembuluh darah ataupun penggumpalan darah.

Menurunkan Kadar Gula

article image

Image source: hindustantimes.com

Kayu manis juga ternyata memiliki efek antidiabetik yang cukup kuat. Kayu manis bereaksi dengan cara yang mirip seperti insulin, hormon tubuh yang berfungsi membuang gula berlebih di dalam aliran darah. Kayu manis akan memperlambat proses penguraian zat karbohidrat, sehingga bisa mencegah peningkatan kadar gula sesudah makan.

Membantu Mengatasi Gejala Menstruasi (PMS)

article image

Image source: womenshealth.gov

Untuk wanita yang sering mengeluhkan gejala menstruasi, air rebusan kayu manis bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman akibat sindrom pramenstruasi (PMS) dan dismenore. Bahkan, kayu manis juga diklaim bisa menekan perdarahan menstruasi, frekuensi muntah, dan mengurangi rasa mual selama PMS.

Antibakteri dan Antijamur

article image

Image source: thespruceeats.com

Beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus, Salmonella, atau E.coli bisa diatasi dan dicegah dengan meminum air rebusan kayu manis. Selain itu, kayu manis juga memiliki sifat anti jamur yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka dan mencegah infeksi.

Menyehatkan Otak dan Mencegah Penuaan

article image

Image source: drshikhasharma.com

Manfaat kayu manis untuk kesehatan lainnya yaitu untuk merawat fungsi otak. Dua senyawa yang terkandung dalam kayu manis diyakini mampu mencegah penumpukan protein di otak. Senyawa tersebut akan melindungi neuron, menormalisasi tingkat neurotransmitter, serta meningkatkan fungsi motorik.

Efek yang dihasilkan mampu mencegah munculnya penyakit degeneratif yang umumnya ditandai dengan hilangnya struktur atau fungsi sel otak secara progresif. Seperti pada penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Mengonsumsi air rebusan kayu manis juga bisa mencegah penuaan kulit. Hasil penelitian menyebutkan bahwa kayu manis bisa merangsang produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas dan tingkat hidrasi kulit. Sehingga kulit akan terhindar dari penggelapan, kerutan, ataupun efek-efek penuaan lainnya.

Sumber Antioksidan

article image

Image source: healthysubstitute.com

Manfaat kayu manis untuk kesehatan lainnya adalah sebagai sumber antioksidan. Senyawa penting untuk memelihara kesehatan tubuh secara total. Jika tubuh memiliki pasokan antioksidan yang cukup, oksidasi akibat radikal bebas bisa dicegah. Paparan radikal bebas bisa berdampak fatal apabila terjadi secara berkepanjangan.

Kayu manis memiliki kandungan antioksidan polifenol yang cukup tinggi. Polifenol ini akan mencegah pembekuan darah, menurunkan kadar gula darah, dan meminimalisir kemungkinan penyakit jantung. Senyawa ini juga berfungsi sebagai pencegah kanker dan meningkatkan fungsi pencernaan.

Baca juga artikel kesehatan lainnya di bawah ini:

Articles


Itulah beberapa manfaat kayu manis untuk kesehatan. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, ikuti terus update artikel terbaru di Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: resepkoki.id