Manfaat Kayu Manis

Kayu manis merupakan salah satu bumbu dapur yang cukup favorit. Jenis rempah-rempah ini telah digunakan di berbagai belahan dunia sejak berabad-abad silam.

Kayu manis yang memiliki nama latin cinnamomum ini berasal dari kulit bagian dalam pohon cemara kecil. Kulit kayu dikupas dan kemudian diletakkan di bawah sinar matahari hingga kering. Setelah menggulung barulah kita mengenalnya sebagai kayu manis. Kayu manis juga dijual dalam bentuk bubuk.

Umumnya kayu manis dijadikan campuran makanan dan minuman. Bisa ditabur di atas roti panggang bisa juga di atas latte. Bahkan kayu manis bekerja sangat baik untuk semua jenis resep dan hidangan.

Di balik itu, kayu manis menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Apa saja ya kira-kira?

1. Penambah Rasa dan Aroma

article image

Image source: kompas.com

Kayu manis memiliki rasa dan aroma yang unik. Dalam beberapa kasus kayu manis bisa juga digunakan sebagai pengganti gula alami. Para pembuat kue bahkan suka mencampurkan kayu manis sebagai penambah rasa dan aroma.

Aroma kayu manis yang khas juga dapat menghilangkan bau amis atau tak sedap pada bahan makanan tertentu. Pun untuk dijadikan minuman herbal, aroma dan rasanya cukup kuat.

2. Anti Virus dan Bakteri

article image

Image source: healthcleveland.com

Kayu manis dianggap memiliki banyak khasiat sebagai obat atau ramuan yang sering digunakan dalam pengobatan herbal China. Aroma dan rasanya yang kuat berasa dari minyak esensial yang terkandung dalam kulit kayu manis yang berfungsi sebagai anti virus, anti bakteri, dan anti jamur.

3. Mengurangi Peradangan

article image

Image source: okezone.com

Beberapa penelitian setuju jika menambahkan kayu manis sebagai bahan makanan akan berdampak baik bagi kesehatan. Salah satunya sebagai antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan peradangan. Sifat anti inflamasi nya sangat bagus digunakan untuk obat penangkal rasa nyeri dan pembengkakkan.

4. Meningkatkan Kesehatan Usus

article image

Image source: theindianexpres.com

Beberapa rempah-rempah termasuk kayu manis memiliki sifat prebiotik yang mendorong pertumbuhan bakteri baik untuk membantu menekan pertumbuhan bakteri patogen. Mengonsumsi rempah-rempah secara teratur termasuk kayu manis dapat membantu meningkatkan kesehatan usus.

Kayu manis juga merupakan sumber mangan yang berguna dan mengandung sejumlah kalsium dan serat.

5. Menurunkan Tekanan Darah

article image

Image source: femina.in

Ada beberapa bukti menyebutkan jika mengkonsumsi kayu manis sering dikaitkan dengan penurunan tekanan darah dalam jangka pendek. Namun jumlah konsumsinya pun tidak boleh terlalu banyak.

6. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

article image

Image source: healthifyme.com

Resistensi insulin terkait dengan masalah kesehatan lain seperti diabetes tipe 2. Kandungan dalam kayu manis tidak hanya mengurangi gula darah tetapi juga meningkatkan sensitivitas terhadap insulin.

Mengkonsumsi kayu manis dengan makanan tinggi karbohidrat dapat membantu mencegah lonjakan gula darah. Akan tetapi kayu manis tidak boleh menjadi strategi utama atau pengobatan jangka panjang untuk mengendalikan kadar gula darah, karena perlu ada penelitian lebih lanjut.

Nah itulah beberapa manfaat kayu manis yang bisa kamu dapatkan ketika dicampur dengan masakan. Menarik bukan? Selain lezat ternyata juga baik untuk menjaga tubuh dari berbagai penyakit ya.

Malls

Articles

Featured Image Source:klikdokter.com