Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah dan Cara Aman Penggunaannya

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman berduri berwarna hijau dengan bentuk daun yang runcing. Daun lidah buaya tidak bertulang, tetapi berdaging tebal dan mengandung gel yang berkhasiat untuk kulit, terutama kulit wajah.

Manfaat lidah buaya untuk wajah sudah tidak diragukan lagi. Gel lidah buaya diketahui mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit. Lalu apa saja manfaat gel lidah buaya itu? Berikut ini Gotomalls rangkum manfaat lidah buaya untuk wajah dan cara aman untuk menggunakan bahan alami ini.

1. Melembapkan dan Melembutkan Kulit

article image

Image source: kknews.cc

Lidah buaya dipercaya dapat melembapkan sekaligus melembutkan kulit wajah. Jadi lidah buaya cocok buat kamu yang memiliki tipe kulit kering. Tanaman ini akan membantu melembapkan kulit wajah secara alami tanpa membuat kulit jadi berminyak.

Selain melembapkan, kamu juga bisa menggunakan lidah buaya untuk membuat wajah menjadi lebih lembut. Masker lidah buaya cocok digunakan pada saat musim panas yang membuat kulit kering dan pecah-pecah. Lidah buaya memiliki kemampuan dalam memperbaiki kulit pecah-pecah dan menjadikannya lebih lembut.

2. Menutrisi Kulit dan Mencegah Penuaan Dini

article image

Image source: skinoasis.com.sg

Manfaat lidah buaya untuk wajah berikutnya adalah mencegah penuaan dini. Diketahui lidah buaya mengandung beta karotin, vitamin C dan E yang dapat menutrisi kulit dan dapat membantu mengencangkan kulit sekaligus menjaga kulit agar tetap terhidrasi. Antioksidan yang terkandung pada lidah buaya pun dapat menangkal radikal bebas akibat polusi udara.

Nutrisi dan pelembap alami pada lidah buaya akan membantu meningkatkan produksi kolagen yang berfungsi menguatkan kulit dan mencegah kerutan. Lidah buaya merupakan pilihan yang tepat dalam memperlambat proses penuaan dan membuat kamu terlihat awet muda.

3. Menyamarkan Bekas Jerawat dan Mencerahkan Kulit

article image

Image source: kitakini.news

Lidah buaya mengandung zat yang memiliki khasiat anti radang dan anti mikroba. Dengan kedua khasiat tersebut, lidah buaya dapat mengatasi masalah jerawat, iritasi akibat terpapar sinar matahari dan dermatitis serta dapat mengurangi inflamasi pada kulit.

Selain menyamarkan bekas jerawat, lidah buaya juga mampu menyamarkan bintik-bintik hitam pada wajah. Lidah buaya berfungsi sebagai pengelupasan alami yang mampu membersihkan kulit sel berlebih dan mampu menurunkan produksi pigmentasi yang membuat kulit lebih cerah. Jadi tanaman ini pun cocok sebagai bahan alami untuk mengatasi bercak hitam yang sering dialami oleh ibu hamil.

4. Menyembuhkan Luka Bakar

article image

Image source: milenials.id

Lidah buaya yang mampu memperbaiki sel kulit dan berfungsi sebagai pelembap alami sangat efektif dalam mengobati luka bakar. Tanaman ini bisa meringankan rasa gatal pada kulit yang terbakar. Diketahui pula pada kondisi luka bakar derajat pertama dan kedua yang diobati dengan lidah buaya akan memiliki tingkat kesembuhan yang lebih besar.

Selain digunakan untuk perawatan luka bakar, lidah buaya juga dapat mempercepat penyembuhan luka seperti luka terbuka, luka gigitan serangga hingga mengurangi dan mencegah stretch mark. Alasannya, lidah buaya mampu membangun kembali kolagen lebih cepat dibanding tingkat produksi normalnya. Lidah buaya juga dapat diserap lapisan luar kulit empat kali lebih cepat dibanding menyerap air, sehingga mampu memperbaiki sel kulit yang rusak secara optimal.

5. Membersihkan Bekas Make Up

article image

Image source: grid.id

Membersihkan bekas make up merupakan hal penting yang harus dilakukan sebelum tidur kalau kamu tidak ingin menderita gangguan kulit. Lidah buaya dapat menjadi pilihan sebagai penghapus make up.

Kamu bisa membersihkan bekas make up dengan gel lidah buaya. Selain dapat membersihkan bekas make up dengan aman dan efektif, lidah buaya juga dapat menyegarkan kulit wajah. Dengan begitu kamu dapat terhindar dari gangguan kulit seperti keriput dan infeksi.

Cara Aman Menggunakan Lidah Buaya

Meskipun lidah buaya merupakan bahan alami, kamu harus memperhatikan beberapa hal sebelum menggunakan tanaman ini sebagai masker. Usahakan pakai gel yang diambil langsung dari daun lidah buaya segar untuk menghindar dari segala risiko gangguan kulit. Jika memiliki kulit sensitif, ada baiknya kamu melakukan tes kulit (skin test) terlebih dahulu sebelum menggunakan masker lidah buaya.

Kamu bisa mengoleskan sedikit gel lidah buaya pada punggung tangan sebagai percobaan. Apabila terasa gatal atau muncul kemerahan, hentikan pemakaian dan bilas kulit dengan air sampai bersih. Nah bagi kamu yang tidak mempunyai masalah dengan lidah buaya, kamu bisa mencoba masker lidah buaya dengan cara-cara berikut.

Masker Lidah Buaya Murni

article image

Image source: honestdocs.com

Cara paling mudah adalah membuat masker lidah buaya murni. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

  1. Siapkan lidah buaya segar dan cuci sampai bersih.
  2. Kupas lidah buaya dan ambil daging buah yang berwarna putih bening.
  3. Oleskan daging lidah buaya pada permukaan kulit wajah secara merata, tunggu selama beberapa menit hingga gel lidah buaya meresap ke dalam kulit.
  4. Bilas wajah sampai bersih dan lakukan secara rutin dua kali seminggu sebelum tidur atau di waktu santai.

Baca juga artikel lainnya tentang lidah buaya di bawah ini:

Artikel

Masker Lidah Buaya Campur Madu dan Kunyit

article image

Image source: shutterstock

Selain masker lidah buaya murni, kamu bisa mencoba mencampur lidah buaya dengan madu dan kunyit. Bahan-bahan ini bisa melembapkan kulit, mencegah penuaan dini hingga mengatasi jerawat. Kamu bisa melakukan cara berikut ini untuk membuat masker tersebut.

  1. Taruh gel lidah buaya dalam sebuah wadah, tambahkan sedikit kunyit, madu dan beberapa tetes air mawar.
  2. Aduk semua bahan hingga merata, lalu oleskan pada seluruh permukaan kulit wajah.
  3. Diamkan masker selama 15-20 menit, kemudian bilas wajah sampai bersih.

Masker ini cocok bagi kamu yang memiliki tipe kulit kering. Gunakan masker lidah buaya dengan campuran madu dan kunyit setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Masker Lidah Buaya Campur Minyak Kelapa dan Gula Pasir

article image

Image source: shutterstock

Untuk merangsang pertumbuhan sel kulit dan mencegah sel kulit mati memblokir pori-pori, cobalah masker lidah buaya dengan campuran minyak kelapa dan gula pasir. Langkah-langkah membuat masker ini adalah sebagai berikut.

  1. Dalam sebuah wadah, tuangkan 1/2 cangkir minyak kelapa dan 1/2 cangkir gula pasir.
  2. Aduk bahan-bahan secara merata, kemudian tuangkan 1/4 cangkir lidah buaya yang sudah dicuci bersih dan dipotong-potong.
  3. Gosokkan campuran bahan tersebut pada permukaan wajah, hindari area mata. Diamkan selama beberapa saat, kemudian bilas wajah sampai bersih.

Selain menggunakan minyak kelapa, kamu juga bisa menggunakan tea tree oil. Caranya mudah, cukup campurkan gel lidah buaya dengan tiga sendok tea tree oil. Namun apabila kamu memiliki kulit sensitif sebaiknya hindari bahan ini karena kandungan tea tree oil sangat asam.

Masker Lidah Buaya Campur Lemon

article image

Image source: adevnatural.com

Masker lidah buaya campur lemon memiliki khasiat mencerahkan kulit wajah dan membantu menyamarkan bintik hitam serta noda bekas jerawat. Cara membuat masker ini adalah sebagai berikut.

  1. Ambil daun lidah buaya segar, potong-potong dan ambil gelnya.
  2. Masukkan gel lidah buaya dalam blender, tambahkan satu buah perasan lemon lalu aduk.
  3. Simpan masker dalam kulkas, oleskan pada kulit wajah setiap malam sebelum tidur dan diamkan semalaman.
  4. Bersihkan wajah saat bangun pagi. Lakukan secara teratur sampai wajah untuk mendapatkan hasil maksimal.

Dengan segudang nutrisi yang terkandung dalam gel lidah buaya, tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Kamu bisa memanfaatkan lidah buaya sebagai masker alami. Namun jangan lupa memastikan bahan yang kamu gunakan adalah lidah buaya yang masih segar. Dengan penggunaan secara rutin, kulit kamu pun akan menjadi lebih sehat dan segar.

Dapatkan lidah buaya di toko kecantikan maupun drug store terdekat di kota kamu. Cek dulu Gotomalls sebelum belanja, siapa tahu kamu bisa mendapatkan harga promo terbaik. Gotomalls adalah aplikasi nge-mall berbasis website yang memberikan informasi terupdate seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brand

Mall

featured image source: hellosehat