Manfaat Main Game

Siapa bilang main game cuma aktivitas buang-buang waktu saja? Selama ini, banyak mitos yang mengatakan bahwa game bisa merusak otak, membuat bodoh, dan lain semacamnya. Padahal, manfaat main game justru berguna untuk melatih otak dan mental.

Tidak selamanya bermain game berdampak negatif, asalkan kita bisa mengontrol diri dan tidak berlarut-larut, maka kita bisa mengambil manfaatnya. Kira-kira apa saja manfaat tersebut? Yuk, kita simak penjelasannya!

1. Mengasah Otak

article image

Image source: Medium.com

Pada umumnya, bermain game membutuhkan kemampuan strategi dan logika untuk melewati setiap level atau tantangannya. Kemampuan yang kamu kembangkan dalam bermain game akan membuat kamu semakin terbiasa membuat keputusan cepat dan efisien. Dampaknya, game akan menjadi stimulus untuk mengasah kecerdasan otak dalam mengkalkulasi setiap pilihan.

2. Menghilangkan Stress

article image

Image source: Forbes.com

Salah satu alasan utama orang-orang bermain game adalah untuk melepas penat. Pada prakteknya, main game memang terbukti efektif untuk itu. Sensasi bermain game yang menyenangkan sekaligus memuaskan akan merangsang otak kita agar kembali segar dan merasa termotivasi.

3. Melatih Kekompakan dan Kerja Sama

article image

Image source: Suara.com

Permainan-permainan multiplayer membutuhkan kekompakan dan kerja sama tim. Hal ini merupakan salah satu manfaat main game yang sangat berguna untuk meningkatkan kualitas kerja kita sehari-hari. Misalnya saja permainan-permainan populer seperti Mobile Legend, PUBG Mobile, Free Fire, DOTA, Crossfire, atau CS:GO, pengalaman sejati dari game-game seperti ini hanya bisa dirasakan jika kita bermain secara kompak dan bekerja sama.

4. Membangun Optimisme

article image

Image source: inet.detik.com

Setiap orang yang bermain game pastinya punya tujuan tertentu, entah itu rasa penasaran, atau merasa tertantang dengan kesulitannya. Baik disadari atau tidak, alasan-alasan itu akan memancing sikap optimis seseorang agar mendapatkan apa yang diinginkan.

Mungkin kamu pernah mengalami kekalahan saat bermain game dan seketika muncul rasa penasaran ingin mencoba lagi agar menang. Saat mengalami hal semacam itu, seringkali kita dihinggapi perasaan optimis yang kuat.

5. Melatih Kesabaran

article image

Image source: Towardsdatascience.com

Selain soal optimisme, kekalahan selama bermain game juga ada manfaatnya, lho! Para pemain mau tak mau harus bersabar saat mengalami kekalahan. Lawan yang tangguh atau level yang menantang dalam game akan mengasah kesabaran kita.

Alih-alih merasa frustasi, sebaiknya kamu berhenti sejenak dan kembali main di lain waktu. Karena jika dipaksakan untuk lanjut, sensasi bermain game tidak akan terasa menyenangkan lagi.

6. Mengasah Mental

article image

Image source: The World Economic Forum

Manfaat main game berikutnya adalah mengasah mental. Inti dari kesabaran, optimisme, dan kekompakan selama bermain game bisa menjadi sarana mengasah mental yang menyenangkan. Jika sudah semakin terbiasa menerapkan tiga hal tersebut, otomatis mental kita dalam menghadapi tantangan akan lebih baik.

Manfaat main game bukan sekadar senang-senang belaka, lebih dari itu ada faedah positif yang berguna di kehidupan sehari-hari. Demikianlah manfaat main game yang bisa kamu dapatkan.


Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama di Indonesia untuk menemukan berbagai penawaran dan keuntungan menarik di pusat-pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: The Conversation