Manfaat Puasa Senin Kamis Untuk Kesehatan yang Jarang Orang Tahu

Bagi umat muslim, puasa Senin Kamis merupakan ibadah sunah yang umum dilakukan. Sebagian besar orang melakukan puasa Senin Kamis untuk memperoleh keberkahan. Namun manfaat puasa Senin Kamis tidak hanya itu saja.

Puasa Senin Kamis ternyata dapat memberi dampak positif bagi kesehatan untuk tubuh dan dapat mencegah berbagai penyakit. Selain itu puasa Senin Kamis juga memiliki manfaat dalam detoksifikasi hingga menurunkan berat badan.

Mau tahu manfaat puasa Senin Kamis yang lain? Supaya kamu lebih paham lebih detail, yuk simak beberapa manfaat puasa Senin Kamis berikut ini.

Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

article image

Image source: theyogabar.be

Manfaat puasa Senin Kamis yang pertama adalah dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Racun yang ada di dalam tubuh telah bercampur dengan lemak, darah dan bagian lain yang berasal dari makanan dan minuman sehari-hari. Dengan berpuasa, hal tersebut dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan racun-racun tersebut.

Berpuasa merupakan cara lain untuk mengeluarkan racun dalam tubuh selain berolahraga. Ketika kamu berhenti mengonsumsi makanan dan minuman setidaknya selama sehari, racun dalam tubuh dapat dikeluarkan secara efektif.
Bagaimana racun dalam tubuh dikeluarkan? Nah, racun-racun tersebut dapat dikeluarkan melalui keringat, buang air kecil atau buang air besar. Kalau aktivitas tersebut lancar, maka tubuh kamu akan menjadi lebih sehat dan bugar.

Mengistirahatkan Organ Pencernaan

article image

Image source: web.lintaslampung.com

Dengan melakukan puasa Senin Kamis, kamu dapat mengistirahatkan organ pencernaan. Berpuasa dapat menjaga organ pencernaan kamu yang telah sibuk bekerja dan hal tersebut membutuhkan energi dalam jumlah besar. Jadi manfaat puasa Senin Kamis yang satu ini tidak kalah penting untuk tubuh.

Sistem pencernaan berperan dalam mengalirkan energi yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan, perbaikan atau pemeliharaan tubuh. Jadi kamu bisa bayangkan bagaimana sibuknya sistem pencernaan kita. Maka dari itu sistem pencernaan butuh istirahat dalam waktu tertentu supaya bisa bekerja maksimal.

Nah, bila kamu melakukan puasa Senin Kamis secara rutin, sistem pencernaan kamu pun akan selalu terjaga kinerjanya. Kamu akan terhindar dari penyakit pencernaan seperti masalah lambung, diare, sembelit dan lain-lain.

Menurunkan Kadar Lemak

article image

Image source: hellosehat.com

Kamu pasti sudah tahu bahwa lemak berlebih dalam tubuh akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan kolesterol. Untuk mencegah hal itu, manfaat puasa Senin Kamis ternyata dapat menurunkan kadar lemak lho!

Puasa Senin Kamis akan membantu kamu untuk menghilangkan lemak tak sehat. Saat berpuasa, tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi. Itulah sebabnya lemak berlebih dalam tubuh akan berkurang karena dipakai sebagai sumber energi. Kamu pun akan terhindar dari penyakit kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Melancarkan Metabolisme Tubuh

article image

Image source: pesona.co.id

Manfaat puasa Senin Kamis berikutnya adalah melancarkan metabolisme tubuh dengan meningkatkan kadar neurotransmiter norepinephrine. Ketika kamu secara rutin berpuasa, tubuh akan terbiasa untuk bertahan tanpa makanan dan minuman, menggunakan lemak untuk energi dan mengeluarkan racun di dalam tubuh.

Ketika kamu berbuka dengan makanan bergizi, sistem metabolisme tubuh akan dibangun ulang dan hal tersebut akan meningkatkan level energi. Maka dari itu perhatikan makanan yang kamu konsumsi untuk berbuka dan sahur ya, seperti buah-buahan dan sayuran yang kaya serat, makanan yang mengandung protein dan air mineral.

Cek juga rekomendasi artikel lainnya di bawah ini:

Articles

Membantu Menurunkan Berat Badan

article image

Image source: hellosehat.com

Puasa Senin Kamis juga dapat menurunkan berat badan. Sebelumnya dibahas manfaat puasa Senin Kamis yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Nah, metabolisme yang lancar akan berpengaruh pada penurunan berat badan.
Puasa diketahui lebih efektif dibanding membatasi kalori.

Selain itu, puasa juga dapat menjaga jaringan otot agar tetap kuat. Namun kamu tidak akan mengalami penurunan berat badan yang drastis. Sebaiknya lakukan puasa dengan tetap memperhatikan nutrisi makanan yang dikonsumsi untuk bisa mencapai berat badan yang diinginkan.

Menyehatkan Jantung

article image

Image source: idntimes.com

Manfaat puasa Senin Kamis selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan risiko arteriosklerosis atau penyumbatan arteri yang disebabkan oleh partikel lemak. Risiko menurun karena selama puasa lemak akan digunakan sebagai cadangan energi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berpuasa secara rutin dapat memberi manfaat untuk kesehatan jantung. Hal tersebut disebabkan puasa Senin Kamis dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat seperti LDL dan trigliserida. Selain itu hormon adrenalin dan non adrenalin juga akan berkurang.

Dengan begitu, berpuasa akan membantu tubuh dalam menjaga metabolisme agar tetap stabil dan tekanan darah akan turun atau terkontrol. Tekanan darah yang terkontrol akan mengurangi risiko penyakit jantung.

Mengontrol Gula Darah

article image

Image source: hellosehat.com

Tahukah kamu dengan berpuasa Senin Kamis secara rutin ternyata dapat mengatur tingkat gula darah dalam tubuh? Manfaat puasa Senin Kamis yang juga harus kamu ketahui adalah tubuh akan menghancurkan glukosa untuk mendapat energi. Efeknya adalah produksi insulin tubuh akan menurun.

Apabila produksi insulin tubuh menurun, maka tubuh akan mengalami penurunan gula darah. Dengan begitu puasa Senin Kamis akan mencegah terjadinya kenaikan gula darah.

Puasa Senin Kamis juga memberi manfaat dalam mengurangi resistensi insulin. Apabila resistensi insulin berkurang maka hal tersebut dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Nah, sensitivitas tubuh terhadap insulin yang meningkat akan memungkinkan glukosa berpindah dari aliran darah ke sel-sel tubuh secara efisien.


Itu tadi beberapa manfaat puasa Senin-Kamis yang perlu kamu ketahui. Ternyata melakukan puasa Senin Kamis secara rutin dapat memberi dampak yang baik untuk kesehatan tubuh ya! Jangan lupa ikuti terus perkembangan informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com!

Malls

featured image source: lukecoutinho.com