Manfaat Renang Bagi Tubuh

Berenang merupakan salah satu aktivitas olahraga favorit sejuta umat yang menyenangkan sekaligus menenangkan, maka tak heran jika olahraga renang sering menjadi pilihan rekreasi keluarga. Terlebih lagi, ada banyak manfaat renang bagi tubuh yang bisa kita dapatkan.

Mau tahu apa saja manfaatnya? Simak informasinya di bawah ini!

1. Baik untuk Kesehatan Jantung dan Paru-Paru

article image

Image source: Pinterest

Sudah bukan rahasia lagi kalau olahraga ini bisa menyehatkan jantung dan paru-paru. Sebuah hasil studi menunjukkan bahwa berenang bisa meningkatkan peredaran darah dalam tubuh serta mengoptimalkan kemampuan menggunakan oksigen. Manfaat ini berdampak baik untuk jantung sehingga resiko penyakit jantung dan stroke bisa diminimalisir.

2. Efektif Menurunkan Berat Badan

article image

Image source: Amazon.co.uk

Selain baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru, berenang juga sering dianjurkan sebagai olahraga menurunkan berat badan, Nyatanya, renang memang efektif untuk mencapai tujuan tersebut, karena dalam 1 jam berenang saja, tubuh akan membakar 500 sampai 650 kalori. Apalagi jika didukung dengan pola konsumsi sehat dan tinggi serat.

3. Meredam Stres

article image

Image source: uab.edu

Hidup di zaman seperti ini membuat orang-orang rentan mengalami tekanan pikiran alias stres. Rutinitas yang penuh tekanan memang tidak baik untuk kesehatan mental. Kabar baiknya, ada manfaat renang bagi tubuh yang bisa mengatasi kondisi tersebut. Penelitian pun mendukung hal ini. Selama kita berenang, otot-otot tubuh akan menjadi rileks sehingga membuat pikiran lebih tenang.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

article image

Image source: Healthline.com

Untuk kamu yang sering mengalami sulit tidur, olahraga renang bisa menjadi sarana terapi yang layak dicoba. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap orang-orang dengan masalah insomnia menunjukkan bahwa aktivitas ini mampu meningkatkan kualitas tidur mereka. Dengan demikian, jika kamu mengalami masalah serupa, cobalah untuk berenang setiap akhir pekan supaya tidur jadi lebih nyenyak.

5. Meringankan Keluhan Radang Sendi

article image

Image source: Healthline.com

Manfaat renang bagi tubuh berikutnya yaitu meringankan radang sendi. Olahraga ini cukup efektif untuk mengurangi keluhan nyeri yang disebabkan peradangan sendi. Bagi para penderita arthritis dan osteoporosis yang sering mengalami nyeri sendi, olahraga ini sangat direkomendasikan.

6. Mengatasi Saraf Kejepit

article image

Image source: Summit Daily

Kondisi saraf kejepit bisa terasa sangat mengganggu dan menyebabkan penderitanya sulit menjalankan aktivitas sehari-hari. Dalam kondisi tertentu, tidak jarang orang-orang yang mengalami hal ini hanya bisa terbaring di tempat tidur. Jika dibiarkan begitu saja, kondisi ini beresiko melemahkan fungsi otot dan menyebabkan persendian menjadi tegang.

Salah satu cara penanganan saraf terjepit bisa ditempuh melalui aktivitas berenang. Cobalah untuk melakukan gerakan-gerakan renang yang melibatkan seluruh persendian. Gerakan seperti itu bisa memberikan efek relaksasi pada saraf-saraf tubuh.

7. Menambah Massa Otot

article image

Image source: NBC News

Manfaat renang untuk tubuh yang tidak kalah menarik adalah efektifitasnya dalam membentuk dan menambah massa otot. Itulah sebabnya atlet-atlet renang bisa memiliki postur tubuh yang simetris dan padat. Selain itu, renang juga bisa menguatkan otot-otot tubuh, terutama otot trisep. Bahkan, penambahan massa otot bagian trisep ini bisa mencapai lebih dari 20% jika dilakukan konsisten selama 2 bulan berturut-turut atau lebih.


Itulah manfaat renang bagi tubuh yang bisa kamu raih! Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terlengkap untuk mendapatkan berbagai penawaran menguntungkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia!

Mall

Artikel

Featured image source: Theguardian.com