Manfaat Senam Aerobik

Pada dasarnya, segala macam aktivitas yang melibatkan oksigen untuk pembakaran kalori, produksi energi, serta menaikkan detak jantung sudah bisa dikategorikan sebagai aerobik. Namun, di tengah masyarakat aerobik lebih identik sebagai olahraga senam.

Aerobik sendiri punya beragam manfaat untuk kebugaran fisik dan kesehatan mental. Jangan kira kalau aerobik cuma berguna untuk menurunkan berat badan saja. Dengan rutin menjalankan senam aerobik, daya tahan tubuh seseorang akan meningkat dan jantung pun akan lebih sehat.

Selain itu, masih ada manfaat senam aerobik lainnya yang tak kalah menarik. Berikut ulasannya:

1. Meningkatkan Stamina Tubuh

article image

Image source: wolipop.detik.com

Tubuh yang sering ditempa dengan aktivitas-aktivitas fisik akan berkembang menjadi lebih kuat, tidak gampang sakit, dan memiliki kualitas stamina yang baik. Keutamaan ini bisa kamu peroleh dari berbagai jenis olahraga, termasuk juga senam aerobik.

Terlebih lagi, senam aerobik akan melibatkan seluruh anggota tubuh untuk bergerak, sehingga efektif untuk melatih otot-otot tubuh secara menyeluruh. Lakukanlah senam aerobik sebanyak 2 sampai 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

article image

Image source: bbc.com

American Heart Association menyatakan bahwa senam aerobik sangat direkomendasikan bagi seseorang yang mempunyai riwayat penyakit jantung. Sebab, selain mampu meningkatkan kualitas stamina, manfaat senam aerobik juga bisa menguatkan jantung.

Senam aerobik akan memacu jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Dengan meningkatnya kinerja jantung, sehingga distribusi oksigen ke seluruh tubuh pun akan lebih banyak. Dengan begitu, peredaran darah akan lebih lancar dan tidak menumpuk pada pembuluh darah.

3. Mengurangi Stress

article image

Image source: theconversation.com

Melakukan olahraga aerobik dapat mengurangi tekanan atau stres yang sedang melanda. Saat melakukan gerakan-gerakan aerobik, tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang berkaitan dengan perasaan bahagia.

Hormon endorfin sendiri adalah zat kimia alami yang dihasilkan tubuh dan memiliki fungsi dalam membantu mengatasi rasa sakit serta memicu sensasi positif. Oleh sebab itu, dengan melakukan olahraga aerobik, maka tingkat percaya diri dan fungsi otak akan meningkat sehingga resiko depresi akan lebih diminimalisir.

4. Tidur Lebih Nyenyak

article image

Image source: skipprichard.com

Jika kamu mengalami masalah tidur, terutama insomnia, maka senam aerobik bisa dijadikan sebagai sarana terapi yang ampuh. Science Direct mengemukakan bahwa rutin menjalankan senam aerobik bisa membuat kualitas tidur lebih baik dan nyenyak pada malam hari.

Untuk mendapatkan manfaatnya, dianjurkan untuk melakukan aerobik secara rutin setidaknya selama 16 minggu, terutama jika masalah insomnia yang dialami sudah di tingkat kronis. Agar hasilnya lebih optimal, imbangi dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat.

5. Meningkatkan Metabolisme

article image

Image source: depositphotos.com

Manfaat senam aerobik selanjutnya adalah membantu meningkatkan fungsi metabolisme tubuh. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, proses metabolisme tubuh sangat berpengaruh terhadap pembakaran kalori dan lemak.

Jika kalori dalam tubuh tidak diolah dengan optimal, maka kemungkinan kenaikan berat badan akan lebih tinggi. Namun, olahraga aerobik akan membuat tubuh membakar kalori sebagai pasokan energi.

Tidak perlu pergi jauh-jauh, kamu juga bisa melakukan berbagai gerakan aerobik sendiri di rumah. Cobalah gerakan rocket jump, squat jump, burpee dan berbagai kombinasi gerakan lainnya sebanyak 15 sampai 20 kali set.


Demikianlah beberapa manfaat senam aerobik untuk kebugaran fisik dan mental. Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama di Indonesia untuk menemukan berbagai penawaran dan keuntungan menarik di pusat-pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Brands

Articles

Featured image source: refit.co.id