6 Manfaat Susu Kedelai Untuk Kecantikan Bikin Kulit Berseri

Sampai saat ini kita mengenal susu kedelai sebagai susu alternatif pengganti susu sapi, karena jenis susu ini mengandung segala manfaat kesehatan dan nutrisi. Namun susu kedelai mengandung unsur kalsium yang lebih rendah daripada pengganti susu yang lain. Susu kedelai juga mengandung kadar lemak dan kolesterol rendah sehingga bisa menjadi pilihan tepat bagi yang ingin menurunkan berat badan. Bagi yang memiliki alergi susu maupun intoleran terhadap laktosa, kamu juga bisa memilih susu kedelai. Jadi dapat dikatakan susu kedelai sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tetapi ternyata ia tidak hanya baik untuk kesehatan tetapi juga untuk kulit wajah. Apa saja manfaatnya? Berikut adalah beberapa manfaat susu kedelai agar kulit menjadi berseri.

Sebagai Anti-Aging

article image

Image source : spa-escape.ca

Susu kedelai memiliki unsur penting yang dapat meningkatkan kadar kolagen di dalam tubuh kita. Pada saat wanita memasuki masa menopause, produksi kolagen yang merupakan protein diproduksi secara alami pada jaringan epidermis kulit berkurang. Dikarenakan kolagen merupakan unsur paling penting dalam perannya untuk mengencangkan kulit dan menjaga elastisitasnya, maka pada umumnya kaum wanita yang telah memasuki masa menopause melengkapi kebutuhan kolagen dengan mengoleskan krim kecantikan yang mengandung banyak unsur kolagen dan moisturizer.

Banyak produk krim yang dijual di pasaran, namun beberapa wanita lebih mempercayai produk alami, dan bisa didapat dari susu kedelai. Caranya adalah taruh susu kedelai secukupnya dalam sebuah mangkuk, celupkan kapas ke dalamnya dan olehkan ke permukaan kulit wajah. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air dingin dan gunakan secara teratur. Cara ini dapat mengurangi munculnya garis halus serta kerutan di wajah, mengurangi kekusaman dan permukaan kulit yang kasar.

Menghidrasi Kulit

article image

Image source : learn.allergyandair.com

Penelitian yang juga melibatkan beberapa responden membuktikan bahwa mengonsumsi susu kedelai secara teratur akan bermanfaat menjaga kulit tetap terhidrasi. Pelembap wajah dengan ekstrak susu kedelai mampu membuat kulit senantiasa lembut dan kenyal, serta lebih lama menjaga kelembapan kulit. Pelembap jenis ini juga dapat melawan tanda-tanda penuaan, menghalau kekeringan pada kulit, menghindari warna kulit tidak merata dan kulit bersisik.

Fungsi Eksfoliasi Kulit

article image

Image source : jigsawm2m.com.au

Susu kedelai juga memiliki fungsi sebagai eksfoliasi alami yang mampu memberantas sel-sel kulit mati pada kulit. Kamu juga bisa membuat face scrub dari campuran bahan gula, minyak zaitun dan susu kedelai, oleskan pada wajah sambil digosok lembut dalam gerakan memutar. Ini bermanfaat bukan hanya untuk menghilangkan sel kulit mati tetapi juga sekaligus memperbaharui sel kulit tanpa membuat kulit menjadi kering.

Jika kamu tidak memiliki susu kedelai, kamu bisa memanfaatkan krim wajah kamu yang mengandung unsur susu kedelai, lalu campurkan dengan minyak zaitun dan gula. Diamkan selama kurang lebih dua hingga tiga menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Coba perhatikan perbedaan kulit kamu setelah melakukan kegiatan ini. Kulit kamu menjadi terlihat lebih bersih dan lebih cerah.

Melindungi Kulit Dari Efek Buruk Sinar UV

article image

Image source : vitacost.com

Terdapat temuan yang telah teruji membuktikan bahwa mengaplikasikan krim pelembap (moisturizer) yang mengandung ekstrak susu kedelai dapat menekan risiko perkembangan kanker kulit yang merupakan salah satu efek buruk sinar UV. Selain itu pelembap ini juga dapat mengurangi peradangan pada kulit serta mengurangi perusakan kulit akibat sering terpapar sinar matahari.

Mengurangi Timbulnya Jerawat

article image

Image source : eatingatjoes.com

Rupanya terdapat pula penelitian bahwa adanya keterkaitan antara susu dengan jerawat. Ahli kulit berpendapat bahwa mengonsumsi susu sapi dapat memperburuk kondisi kulit dan memicu risiko timbulnya jerawat. Oleh karena itu disarankan untuk mengonsumsi produk yang memiliki manfaat sama dengan susu tetapi selain susu sapi, dan yang menjadi pilihan paling tepat adalah susu kedelai.

Mengatasi Warna Kulit Tidak Merata

article image

Image source : boldsky.com

Warna kulit tidak merata terutama pada bagian wajah sering kali membuat berkurangnya rasa percaya diri. Kondisi ini kerap disebabkan karena efek buruk sinar UV. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan memanfaatkan susu kedelai sebagai masker pemutih. Susu kedelai mengandung vitamin A dan E yang memiliki manfaat menutrisi wajah serta memperbaiki warna kulit wajah yang tidak merata, jika kamu gunakan secara rutin. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan susu kedelai ke area wajah kamu dan diamkan hingga mengering sebelum kemudian dibersihkan dengan air. Aplikasikan perawatan ini sebanyak dua hingga tiga kali seminggu.


Itulah manfaat susu kedelai untuk kecantikan kulit wajah. Kulit jadi lebih bersih dan bikin berseri. Perlu kamu tahu juga, bahwa susu kedelai ini mengandung protein, karbohidrat, serat (fiber), vitamin A, B1, B2, B12, E dan K, selain juga mengandung kalsium, lemak nabati, zat besi dan riboflavin. Jadi, jangan ragu-ragu, dapatkan segala manfaat susu kedelai bagi kesehatan tubuh sekaligus kecantikan kulit kamu.

Kamu bisa mendapatkan banyak informasi tentang kecantikan dengan mengakses GoToMalls.com. Selain itu masih ada banyak informasi yang bisa kamu dapatkan, mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Articles

Malls