Manfaat Teh Oolong

Kebiasaan minum teh sudah menjadi bagian dari tradisi keseharian masyarakat kita, khususnya di wilayah Jawa. Itulah sebabnya ada banyak jenis teh yang bisa kita jumpai di pasaran.

Di antara sekian banyak jenis teh di Indonesia, teh oolong mungkin kalah populer dibanding teh hitam atau teh melati, tetapi manfaat teh oolong tetap tidak kalah unggul.

Teh oolong diyakini menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan mental dan fisik. Mulai dari mencegah kanker, membantu menurunkan berat badan, hingga memperkuat fungsi otak. Berikut manfaat selengkapnya:

1. Mengurangi Kadar Kolesterol dalam Tubuh

article image

Image source: hot.liputan6.com

Berbagai peneliti di China meyakini jika mengonsumsi teh oolong berkaitan dengan turunnya kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini tak lepas dari kandungan antioksidan yang memang terbukti mampu menjaga kadar kolesterol tetap stabil.

Jika kadar kolesterol seimbang, resiko penyakit-penyakit berbahaya dapat dicegah, seperti penyakit kardiovaskular, hipertensi, stroke, hingga penyakit jantung koroner.

2. Meningkatkan Konsentrasi

article image

Image source: idntimes.com

Teh oolong mengandung kafein yang cukup tinggi, sehingga bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus. Nah, teh oolong juga cocok dikonsumsi sebagai minuman berenergi di sela-sela aktivitas setiap hari.

3. Mencegah Kanker

article image

Image source: lifestyle.kompas.com

Manfaat teh oolong dalam mencegah kanker tak lepas dari peran antioksidan yang tinggi di dalamnya. Dalam hal ini, antioksidan akan menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Lebih dari itu, kandungan polifenolnya juga akan berperan untuk meminimalisir pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

article image

Image source: brainstudy.info

Sudah bukan rahasia lagi jika mengonsumsi teh sangat baik untuk mendukung proses penurunan berat badan, termasuk teh oolong. Menariknya lagi, teh oolong juga bisa menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Menurut sebuah studi, para penderita diabetes tipe-2 isarankan untuk minum teh oolong sebanyak tiga cangkir atau lebih secara rutin agar kadar gula darah tetap stabil.

5. Memperkuat Fungsi Otak

article image

Image source: Pinterest

Teh oolong mengandung kafein lebih tinggi dibandung teh hijau dan teh hitam, yaitu sebanyak 36 mg. Kafein di dalam teh oolong juga dipercaya mampu mendukung fungsi otak agar tidak menurun akibat pertambahan usia.

Simak terus update info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: shopee.co.id