Manfaat Telus Asin

Telur asin biasa terbuat dari telur bebek yang terlebih dahulu diolah menggunakan proses pengawetan bersama dengan garam. Namun ada juga yang membuatnya dari telur ayam meski sangat jarang.

Telur asin yang sering kita konsumsi mengandung nutrisi yang lebih banyak dan kompleks. Benar, tidak hanya enak, namun juga mendatangkan khasiat baik.

Ada pun nutrisi yang kita dapatkan dari telur asin adalah, 179 kalori, 10,23 gram lemak, 4,4 gram karbohidrat, 13,3 gram protein, 120 mg kalsium, 157 fosfor, 253 mg Vitamin A, dan masih banyak lagi. Kandungan nutrisi itulah yang membuat telur asin kaya akan manfaat seperti di bawah ini.

1. Menjaga Kekebalan Tubuh

article image

Image source: grid.id

Mineral yang terkandung dalam telur bebek sangat baik menjaga sistem kekebalan tubuh. Seperti selenium, dan zat besi. Kedua nutrisi ini memegang peranan penting untuk mencegah kerusakan sel akibat oksidasi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Selenium juga dapat menangkal beberapa resiko penyakit serius seperti tiroid dan kanker prostat. Selain itu zat besi juga bagus untuk pembentukan hemoglobin yang membuat kita terhindar dari anemia.

2. Memperbaiki Jaringan Tubuh

article image

Image source: jatengliveevent.com

Karbohidrat dan lemak yang terkandung dalam telur asin dapat meningkatkan energi pada tubuh. Protein juga dapat membangun sel baru serta memperbaiki sel dan jaringan dalam tubuh yang telah rusak.

Kedua nutrisi dalam telur asin tersebut juga mempercepat perkembangan otot, kulit dan rambut. Jika dikonsumsi dengan jumlah yang cukup dapat menjaga fungsi metabolisme agar bekerja secara normal untuk menangkal segala resiko penyakit.

3. Mempertajam Penglihatan

article image

Image source: khabarhub.com

Kandungan Vitamin A pada telur asin tentu saja dapat mempertajam penglihatan. Vitamin A melancarkan penangkapan cahaya pada mata yang selanjutnya dikirim ke otak.

Jika konsumsi Vitamin A pada tubuh kurang dapat menyebabkan rabun senja, katarak, dan gangguan mata lainnya. Untuk itu kamu perlu mengonsumsi telur asin dengan jumlah seimbang.

4. Menjaga Kesehatan Ibu dan Calon Buah Hati

article image

Image source: theindianexpress.com

Selama masa kehamilan, ibu dan calon buah hati membutuhkan asupan kalsium. Kalsium sangat penting untuk kesehatan ibu terutama janin guna membantu perkembangan tulang dan gigi. Dan kandungan kalsium dalam telur asin juga bisa dimanfaatkan tentu saja.

Asam lemak pada telur asin juga membantu perkembangan otak, penglihatan, serta sistem saraf pada bayi. manfaat tersebut dapat memperkecil resiko prematur.

Tapi ingat ya, tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan. Sebab kandungan natrium pada telur asin mungkin saja dapat memicu hipertensi pada ibu hamil.

5. Mencerahkan dan Menghaluskan Kulit

article image

Image source: en.tempo.co

Kok bisa? Tentu saja, sebab dalam telur asin juga terdapat Vitamin E yang bermanfaat mencerahkan dan menjaga kehalusan kulit. Selain itu, kandungan Vitamin E pada telur asin juga mampu menangkal kulit dari bakteri dan jamur, gatal-gatal, serta iritasi.

6. Mencegah Penuaan Dini

article image

Image source: everydayhealth.com

Banyak penelitian membuktikan, jika mengonsumsi telur asin dapat memperlambat penuaan dini. Selain itu kandungan nutrisi dalam telur asin juga dapat meminimalisir timbulnya bintik penuaan pada wajah.


Simak terus update info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: tirto.id