Manfaat VPN

Sebagai pengguna internet, mungkin kita semua sudah cukup familiar dengan layanan VPN. VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network, yaitu suatu teknologi komunikasi dengan koneksi pribadi (private) yang dihubungkan melalui jaringan publik.

VPN akan menyediakan saluran tersendiri (tunnel) dalam suatu jaringan publik untuk penggunanya. Dengan menggunakan tunnel tersebut, orang lain tidak akan tahu arus informasi yang sedang dikirim atau diterima penggunanya. Terlebih lagi, data yang terkirim akan dienkripsi secara otomatis.

Nah, apa kamu sudah tahu apa saja keuntungan yang bisa diperoleh melalui layanan VPN? Berikut informasinya:

1. Melindungi Privasi Online

article image

Image source: securitymagazine.com

Salah satu problem serius dari internet adalah keamanan, apalagi kalau kamu terbiasa menggunakan jaringan wifi umum yang notabene rawan terhadap aksi pencurian data. Biasanya, username dan password akun-akun penting sering menjadi sasaran utamanya.

Tapi, dengan memanfaatkan VPN kamu bisa meningkatkan privasi online, karena jaringan yang digunakan hanya untuk pribadi dan semua data yang dikirim akan terenkrispi sehingga lebih aman.

2. Mengatasi Geolocation Block

article image

Image source: freepik.com

Geolocation block adalah pemblokiran yang dilakukan situs terhadap wilayah-wilayah tertentu agar akses yang datang dari suatu wilayah (biasanya negara) tidak bisa masuk. Tujuan geoblock ini umumnya karena suatu wilayah dianggap bermasalah.

Namun, dengan layanan VPN hal ini bisa diatasi, karena koneksi seorang pengguna akan dialihkan melalui server di lokasi berbeda sebelum masuk ke situs tujuan.

3. Mengubah Alamat IP

article image

Image source: blog.mozilla.org

VPN juga memiliki kelebihan untuk mengubah alamat IP sementara. Hal ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya, karena saat kita terhubung dengan server VPN di lokasi yang berbeda dari lokasi sebenarnya, maka kita akan mendapat alamat IP yang juga berbeda.

4. Akses Data Lebih Mudah

article image

Image source: HealthITSecurity

Tidak sedikit perusahaan-perusahaan di zaman sekarang yang beralih menggunakan layanan VPN agar operasional karyawan berjalan lebih lancar. Jaringan VPN yang tersedia secara eksklusif memungkinkan semua penggunanya bisa mengakses file, program, hingga fasilitas-fasilitas elektronik di kantor dengan lebih mudah dan praktis.

5. Fleksibilitas Jaringan

article image

Image source: webhostingsecretrevealed.net

VPN sama sekali tidak tergantung dengan jaringan tertentu agar bisa digunakan atau koneksi yang kamu hubungkan, VPN akan tetap berjalan sesuai fungsinya. Kamu bisa memakai VPN dengan jaringan internet di rumah, jaringan kantor, hingga hotspot dan wifi publik di mana saja. Fleksibilitas ini memungkinkan kamu tetap mendapat keamanan dan privasi online tanpa khawatir jaringan yang digunakan.


Demikianlah beberapa manfaat menggunakan layanan VPN untuk keamanan dan kemudahan akses internet. Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama di Indonesia untuk menemukan berbagai penawaran dan keuntungan menarik di pusat-pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: freepik.com