5 Manfaat dan Tips Yoga Bagi Anak

Yoga merupakan sebuah aktivitas fisik yang melibatkan meditasi dengan menyertakan teknik peregangan, pernapasan, keseimbangan dan kelenturan tubuh demi mencapai keselarasan serta harmoni antara emosi, mental, jiwa, spiritual serta tubuh. Intinya, yoga dapat diartikan sebagai sesuatu yang mampu membawa jiwa dan raga kembali menuju kesadaran. Yoga tidak hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa namun juga baik untuk anak-anak. Berikut ini adalah 5 manfaat dan tips yoga bagi anak.

Kesehatan dan Kekuatan Fisik serta Mental Anak

article image

Image source : truthinsideofyou.org

Terdapat penelitian yang menghubungkan yoga dengan kesehatan tubuh, antara lain menghubungkan bagaimana olahraga ini mampu memberikan efek positif pada anak penderita asma, Irritable Bowel Syndrome (IBS), ADHD bahkan juga autisme. Dokter Gurjeet Birdee, seorang dokter anak Vanderbilt Medical Center di Amerika Serikat mengatakan bahwa latihan pikiran dan tubuh yang dilakukan melalui yoga dapat membantu anak mengatasi berbagai kondisi kesehatan mental maupun fisik. Selain itu, yoga juga dapat membantu meningkatkan kekuatan fisik, karena dari gerakannya mereka belajar dalam menggunakan semua otot mereka.

Kesadaran Akan Napas dan Pernapasan

article image

Image source : yoga.lovetoknow.com

Melatih pernapasan mampu memberikan energi pada anak bahkan mendorong relaksasi, tergantung apa gerakan yang diajarkan padanya. Teknik dan permainan yang berbeda akan membantu anak terhubung dengan rasa tubuh mereka sehabis mengambil napas dalam-dalam. Fokus anak mengalami peningkatan, tingkat stres berkurang dan hormon sehat pun dilepaskan. Yoga juga membantu menciptakan kesadaran dari dalam tubuh melalui pengaturan pernapasan dan gerakan yang dalam. Kegiatan ini mampu membuat anak bisa mengekspresikan diri, serta membangun hubungan yang erat antara apa yang mereka dengar dengan apa yang mereka lakukan.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

article image

Image source : kidzuchildrensmuseum.org

Ternyata, rasa percaya diri pada anak dapat ditumbuhkan dengan yoga. Hal tersebut salah satunya ketika sang anak mampu mempraktikkan gerakan yoga yang memang diperuntukkan bagi dirinya, maka ia akan merasa gembira dan bangga. Dari sinilah otomatis akan memunculkan rasa percaya diri pada anak, karena telah berhasil mencapai sesuatu. Selain itu juga perasaan senang yang ditimbulkan ini juga membuatnya mampu berekspresi sehingga dapat mengoptimalkan minat dan bakat yang mereka miliki.

Peregangan dan Fleksibilitas Otot

article image

Image source : delawarelibrary.org

Tentunya sangat baik jika anak-anak memiliki tubuh yang kuat, namun akan tetap berisiko jika tidak dibarengi dengan otot yang fleksibel. Otot yang kuat jika tidak dibarengi dengan fleksibilitas membuatnya tidak mampu bergerak cepat saat menarik tulang dan sendi. Yoga memerlukan peregangan otot dan melalui pengintegrasian pernapasan dan gerakan, otot pun menjadi tidak kaku dan mampu bekerja optimal mendukung aktivitas sendi sehingga bekerja lebih fungsional.

Meditasi dan Relaksasi

article image

Image source : health.usnews.com

Yoga pada dasarnya adalah sebuah kegiatan meditasi. Jadi apa pun gerakan yoga yang dilakukannya, baik postur keseimbangan, duduk bermeditasi atau aktif bergerak, akan selalu ada kualitas menenangkan dan relaksasi yang dihasilkan. Bagi anak balita, agar perhatian mereka terfokus dan merasa nyaman, serta memberikan sugesti pada mereka akan warna dan permainan yang anak-anak sukai. Untuk anak yang berusia lebih besar relatif lebih mudah untuk tenang dan rileks saat akan melalukan kegiatan ini.

Tips Agar Yoga Aman dan Nyaman Bagi Anak

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang tua sebelum memutuskan untuk memasukkan anak dalam kelas yoga.

  1. Pihak orang tua maupun instruktur harus memastikan juga mengetahui ketegangan otot dan sendi tubuh yang berpotensi mengalami cedera. Tubuh anak kerap kali lebih lentur daripada orang dewasa sehingga tidak menyadari bahwa ia telah melakukan gerakan ataupun tekukan pada sendi yang berlebihan.
  2. Ajarkan pada anak untuk mendengarkan tubuh mereka sehingga jika sebuah gerakan dirasakan tidak nyaman, maka harus dihentikan. Jangan memaksakan pose yoga kepada anak.
  3. Selalu gunakan matras jika Anda ingin mengajarkan anak Anda yoga di dalam rumah.
  4. Memperhatikan kondisi kesehatan anak. Misalnya saja, anak yang menderita migrain sebaiknya menghindari pose yang membawa tekanan ekstra pada bagian kepala mereka. Sedangkan apabila anak kamu menderita bronkitis, hernia atau problem kesulitan bernapas lainnya perlu menghindari teknik pernapasan tertentu.
  5. Yang pasti, orang tua dan instruktur harus bekerja sama demi memberikan pengalaman positif yoga bagi anak-anak. Dan tentunya hasil optimal dari manfaat kegiatan yoga bisa tercapai sehingga anak-anak kita menjadi lebih sehat, lebih kreatif dan tentunya bebas stres.

Itulah manfaat dan tips yoga bagi anak. Temukan gymnastic khusus untuk anak, dan temukan lokasinya dengan mengakses Gotomalls.com. Gotomalls menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brands

Malls