Mata Uang Termahal di Dunia

Kita tahu bahwa setiap negara punya mata uangnya masing-masing. Menurutmu, negara mana yang memiliki mata uang termahal di dunia? Mungkin masih banyak yang menyangka jika mata uang terkuat adalah pound sterling milik Inggris dan dollar AS. Namun, dugaan itu tidak sepenuhnya benar.

Saat ini ada sejumlah mata uang negara lain yang mulai menggeser nilai tukar dua mata uang tersebut. Nah, berikut ini ada daftar 5 mata uang termahal di dunia dengan nilai melampaui dollar AS:

1. Dinar Kuwait (KWD)

article image

Image source: kamusdata.com

Dinar Kuwait sejauh ini masih menempati urutan pertama sebagai mata uang dengan nilai tertinggi di dunia. Menurut data perdagangan valas terbaru, 1 KWD setara dengan 2,47 pound sterling, dan jika dibandingkan dengan dollar AS, 1 KWD nilainya setara 3,27 USD.

Tingginya nilai mata uang tersebut dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya yakni kebijakan bank sentral yang memberlakukan nilai tukar tetap, serta negara Kuwait yang notabene salah satu negara penghasil minyak terbesar di dunia.

2. Dinar Bahrain (BHD)

article image

Image source: agefotostock.com

Di urutan kedua ditempati oleh Dinar Bahrain. 1 dinar Bahrain setara dengan 2,65 USD atau jika dirupiahkan setara sekitar 37.000 rupiah. Tidak jauh berbeda dengan Kuwait, Bahrain juga termasuk negara dengan kawasan kecil yang kaya sumber minyak. Selain itu, nilai tukar dinar Bahrain menjadi sangat tinggi karena sumber pendapatan mereka berasal dari ekspor minyak.

3. Rial Oman (OMR)

article image

Image source: kamusdata.com

Selanjutnya di urutan ketiga sebagai mata uang termahal di dunia ditempati oleh Rial Oman. Setiap 1 riyal Oman setara dengan 2,6 USD atau dalam mata uang rupiah setara Rp36.900. Karena tingginya nilai mata uang Oman, pemerintah dan bank sentral negara perlu menerbitkan uang kertas dalam pecahan 1/4 dan 1/2 rial untuk menangani transaksi-transaksi bernilai kecil.

4. Dinar Yordania (JOD)

article image

Image source: kamusdata.com

Sebagian orang mungkin tidak menyangka jika mata uang Yordania termasuk salah satu mata uang termahal di dunia, sebagaimana Yordania bukanlah negara penghasil minyak besar seperti Kuwait, Qatar, atau Bahrain. Namun, mata uang dinar Yordania memiliki nilai tukar sebesar 1,41 USD atau jika dirupiahkan setara dengan Rp20.030.

5. Pound sterling Inggris (GBP)

article image

Image source: bisniswisata.co.id

Pound sterling Inggris adalah mata uang terkuat di Eropa sekaligus menjadi mata uang termahal ke-5 di seluruh dunia. Untuk 1 pound bernilai setara dengan 1,33 USD atau dalam rupiah setara dengan Rp 18.715. Dalam sejarahnya, pound sterling Inggris pernah menjadi mata uang paling kuat di dunia sebelum digeser oleh 4 negara yang kebetulan pernah menjadi koloninya.


Itulah dia beberapa mata uang termahal di dunia. Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama di Indonesia untuk menemukan berbagai penawaran dan keuntungan menarik di pusat-pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Mall

Artikel

Featured image source: Loans Canada