Meluruskan Rambut secara Alami

Memiliki rambut lurus sudah dianggap sebagai salah satu standar kecantikan kaum Wanita, khususnya di Asia. Namun, memiliki rambut lurus kadang butuh perjuangan, khususnya jika terlahir dengan rambut keriting atau bergelombang. Tidak jarang orang-orang memilih cara instan dengan melakukan rebonding untuk meluruskan rambut.

Padahal, rebonding berisiko membuat rambut menjadi rusak dalam jangka panjang akibat pemakaian bahan-bahan kimia dan paparan suhu panas dalam proses pelurusan. Biasanya akan muncul masalah-masalah seperti rambut kering, kerontokan, hingga tekstur yang menjadi kasar.

Oleh sebab itu, lebih baik pilih cara meluruskan rambut secara alami agar terhindar dari resiko-resiko tersebut. Berikut tipsnya!

1. Meluruskan Rambut Secara Alami dengan Susu Sapi Murni

article image

Image source: BBC

Susu sapi murni bisa kamu manfaatkan untuk memperoleh rambut lurus secara alami. Terutama jika kamu memiliki masalah rambut ikal. Kandungan protein dalam susu sapi tidak hanya berguna untuk mendorong pertumbuhan, melainkan juga membuat rambut lebih lurus dan anti kusut.

Caranya cukup sederhana, kita hanya perlu menyediakan susu sapi murni secukupnya, lalu masukkan ke dalam botol semprot. Gunakan susu semprot ini untuk membasahi seluruh bagian rambut secara merata. Biarkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air mengalir.

2. Meluruskan Rambut Keriting dengan Santan

article image

Image source: Kompas.com

Air kelapa dikenal bermanfaat untuk memelihara kesehatan rambut. Hal yang sama berlaku pula untuk hasil olahannya, yaitu santan. Bahan alami ini bukan cuma berguna untuk membuat masakan lebih sedap, kita juga bisa memanfaatkannya untuk mengatasi rambut keriting agar lurus alami.

Caranya, sediakan satu gelas santan murni dan campurkan dengan dua sendok perasan jeruk nipis. Kemudian, simpan ramuan tersebut di dalam freezer hingga teksturnya kental. Jika bahan sudah siap, kamu tinggal mengoleskannya pada rambut secara merata sambil dipijat perlahan. Tutup rambut dengan shower cap, biarkan selama 30 menit, lalu bilas dan keramas dengan shampoo.

3. Meluruskan Rambut dengan Buah Pisang

article image

Image source: bbcgoodfood.com

Pisang adalah sumber vitamin B yang kaya serta mengandung potassium yang bagus untuk menutrisi kulit kepala. Selain efektif untuk membuat rambut menjadi lurus, kamu bisa mendapatkan rambut yang lebih sehat secara menyeluruh. Dengan demikian, rambut kamu akan tumbuh lebih indah. Penggunaan buah pisang untuk meluruskan rambut sangat disarankan untuk dicampur dengan madu dan minyak zaitun agar hasilnya lebih maksimal.

Bahan-bahan tersebut selanjutnya diolah menjadi masker rambut. Pertama, campurkan 2 buah pisang yang sudah matang dengan 2 sendok minyak zaitun dan 2 sendok madu. Oleskan ramuan ini secara merata ke seluruh bagian rambut. Biarkan selama 30 menit sebelum keramas.

4. Racikan Seledri untuk Membuat Rambut Lurus Alami

article image

Image source: Bola.net

Siapa sangka jika daun seledri juga ternyata bisa bermanfaat untuk meluruskan rambut keriting secara alami. Terlebih, caranya pun cukup mudah. Kita hanya perlu menyiapkan beberapa batang seledri untuk ditumbuk halus dengan sedikit campuran air.

Kemudian, peras air hasil tumbukan daun seledri dan gunakan untuk mengoles kulit kepala sambil dipijat perlahan. Setelah selesai, biarkan selama 30 menit agar meresap sampai ke akar, lalu keramas dan gunakan conditioner sesudahnya.

5. Memanfaatkan Lidah Buaya Untuk Rambut Lurus Alami dan Lebih Sehat

article image

Image source: sehatq.com

Lidah buaya sudah lama terkenal akan khasiatnya yang ampuh untuk kesehatan rambut dan kulit kepala secara menyeluruh. Lebih dari itu, lidah buaya juga bisa mengatasi masalah rambut ikal secara alami.

Caranya cukup mudah, pisahkan lidah buaya dengan kulitnya, ambil bagian dagingnya saja. Panaskan daging lidah buaya sampai cairan di dalamnya meleleh, tiriskan, lalu oleskan langsung pada rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan selama 1 jam sebelum dibilas bersih dan keramas menggunakan sampo.


Punya rambut lurus dan indah tidak melulu harus rebonding. Dengan cara alami seperti di atas pun hasilnya akan jauh lebih baik. Jangan lupa simak terus update info dan tips yang tak kalah menarik lainnya di Gotomalls.com, partner terbaikmu untuk belanja di mall sepuasnya!

Malls

Brands

Products

Articles

Featured image source: CewekBanget.ID