Mengenal Lebih Dalam Aplikasi Clubhouse

Clubhouse, mungkin nama itu sudah tidak asing kita dengar belakangan ini. Aplikasi sosial media berbasis suara yang dikemas layaknya live podcast ini telah rilis pertama kali di Amerika Serikat pada Maret 2020. Yuk, mengenal lebih dalam aplikasi Clubhouse, informasi lengkapnya di bawah ini:

Mengenal Clubhouse

article image

Image source: business-insider.com

Aplikasi audio-chat ini memungkinkan pengguna bisa ngobrol dan diskusi dengan orang lain yang ada dalam satu ruang obrolan untuk membahas berbagai topik. Sekilas mirip podcast dan zoom tapi streaming tanpa ada video, hanya suara. Tidak ada video, tidak ada gambar, dan hampir tidak ada teks.

Dalam ruang obrolan Clubhouse, peserta dibagi menjadi dua kelompok yakni mereka yang berbicara dan mereka yang hanya bisa mendengarkan obrolan saja. Menariknya peserta dapat melihat jumlah peserta yang terkadang jumlahnya sampai ribuan.

Tak seperti sosial media pada biasanya layaknya Twitter, di Clubhouse moderator aktif mengawasi diskusi dan punya andil untuk mempersilahkan peserta lain bicara bahkan menendang keluar dari room obrolan.

Pencipta Clubhouse

article image

Image source: startuparound.com

Dilansir dari New York Times, Clubhouse pertama kali dibuat oleh entrepreneur Paul Davison dan Rohan Seth, mantan pegawai Google, pada musim semi tahun lalu.

Alpha Exploration Co. adalah perusahaan di balik besarnya aplikasi Clubhouse. Perusahaan ini awalnya juga mendapat suntikan dana sebesar USD 12 juta atau sekitar Rp 196 Miliar.

Ada pun prototipe yang mereka buat dalam aplikasi ini mirip dengan siaran langsung. Untuk mempermudah mereka juga menambahkan fitur yang memungkinkan pengguna Clubhouse bergabung dalam percakapan.

Sejak pertama rilis hingga sekarang, Clubhouse sudah diunduh lebih dari 10.1 juta pengguna di berbagai negara.

Hal Yang Membuat Clubhouse Meledak

article image

Image source: adweek.com

Meski telah rilis sejak Maret 2020, Clubhouse baru populer sejak Elon Musk ikut mempromosikan aplikasi tersebut. CEO Tesla dan SpecaX ini membuat rekaman saat menggunakan Clubhouse kemudian mengunggahnya di kanal YouTube Tesla Owners Online pada 2 Februari 2021 lalu.

Setelah unggahan berdurasi sekitar 1,5 jam itu beredar barulah Clubhouse ramai diperbincangkan semua khalayak.

Pengguna Clubhouse

article image

Image source: de24.news

Meski melejit beberapa minggu terakhir tidak semua pengguna telepon pintar bisa mengunduh aplikasi ini. Saat ini Clubhouse baru bisa digunakan untuk perangkat iOs; Apple, iPhone, dan iPad saja.

Pun begitu hanya iOS 13 atau iOS terbaru saja yang bisa mengakses Clubhouse. Jadi iPhone dan iPad lawas juga tak bisa menggunakan aplikasi ini seperti halnya pengguna Android.

Kapan Bergeser ke Android?

article image

Image source: theguardian.news

Melansir laman resmi Clubhouse, penciptanya aplikasi ini mengabarkan jika mereka telah mulai menggarap versi Android-nya. Namun belum dijelaskan secara spesifik kapan Clubhouse versi Android akan resmi rilis.

So bagi kamu pengguna Android, agak sabar-sabar dulu ya. Siapa tahu sebentar lagi Clubhouse sudah ready untuk Android.

Menggeser TikTok?

article image

Image source: dora.co.id

Saking hypenya Instagram Ads pernah menampilkan iklan dari @bloombergbusiness yang menyatakan kalau Clubhouse akan menggeser TikTok sebagai aplikasi yang diminati. Benarkah? Kita tunggu saja ya!

Clubhouse Menjamur dan Bikin Candu

article image

Image source: digitalpalmcreative.com

Kepopularitasan media sosial berbasis audio ini sejatinya bukan hal baru. Sebelumnya juga ada platform serupa, misalnya Discord, WhatsApp, dan Line.

Lantas mengapa Clubhouse ini begitu populer?

Seorang pengamat media sosial, Eno Bening menyebutkan jika Clubhouse menawarkan pengalaman yang berbeda dan unik pada setiap pengguna. Fitur-fitur yang ada di sana pun dibuat seringkas mungkin sehingga memudahkan pengguna.

Tanpa video dan chat pengguna Clubhouse bisa fokus menikmati percakapan. Enaknya lagi, aplikasi ini juga irit kuota karena tidak harus menampilkan video.


Nah itu dia fakta-fakta menarik tentang Clubhouse. Jadi sudahkah kamu mengenal Clubhouse? Atau malah sudah kecanduan ikut ruang obrolan setiap hari? Selamat mencoba. Ikuti terus informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com!

Articles

Malls

featured image source: thecut.com