Cyber Security dan Cara Penanganannya

Situs pemerintahan kerap kali jadi sasaran empuk peretas. Alhasil banyak data masyarakat yang dicuri dan berisiko disalahgunakan untuk hal-hal yang bersifat merugikan.

Untuk itu perlu adanya langkah-langkah antisipasi dan proaktif melindungi data digital dari para hacker. Lalu lintas dunia digital nyatanya masih rentan kejahatan atau cyber crime. Ancaman itu yang kemudian membuat cyber security penting untuk dimengerti.

Cyber Security Adalah?

article image

Image source: binus.ac.id

Cyber Security adalah tindakan yang dilakukan untuk melindungi sistem keamanan jaringan digital dari serangan para hacker. Cyber security mencangkup alat, kebijakan, konsep keamanan, hingga perlindungan yang digunakan untuk melindungi organisasi dan aset pengguna.

Cyber security makin populer tat kala banyak pengguna desktop, laptop, smartphone, server, dan perangkat digital berjejaring internet. Menurut World Bank, porsi pengguna internet di dunia meningkat 49% sejak 2017.

Lantas bagaimana cara menghindari kejahatan di dunia maya yang saat ini banyak terjadi?

1. Jangan Menggunakan Software Bajakan

article image

Image source: hypertecdirec.com

Software bajakan tidak menjamin 100% keamanan data. Bahkan tidak jarang, software bajakan yang mengandung malware. Itu mengapa kamu direkomendasikan untuk selalu menggunakan aplikasi open source gratis agar terhindar dari spyware.

2. Lindungi Gadget dan Perangkat Lainnya

article image

Image source: lifehack.com

Mulailah melindungi gadget dengan memberi pengamanan ganda. Terutama ponsel dan laptop. Untuk data-data penting kamu bisa memanfaatkan double password.

Kamu juga perlu berhati-hati untuk tidak mudah meminjamkan perangkat elektronik yang terhubung dengan data pribadimu kepada orang lain.

3. Pilih Kata Sandi yang Susah

article image

Image source: intechns.com

Jangan biasakan menggunakan kata sandi yang mudah dipahami seseorang. Misalnya kata sandi berupa tanggal lahir, nama pasangan atau nama orang tua. Kamu bisa coba dengan mengkombinasikan kata sandi dengan huruf besar-kecil dan angka.

4.Aktifkan Firewall

article image

Image source: liputan6.com

Firewall adalah lini pertama pertahanan dunia maya. Firewall dapat memblokir koneksi ke situs yang tidak dikenal atau palsu, secara otomatis akan mencegah beberapa jenis virus dan peretas.

5. Blokir Serangan Spyware

article image

Image source: also.com

Cegah spyware menyusup ke komputer dengan menginstal dan memperbarui perangkat lunak anti-spyware.

6. Gunakan Data Encryption

article image

Image source: fobes.com

Gunakan enkripsi untuk file penting, seperti foto identitas pribadi, data keuangan, dan sebagainya. Cadangkan semua file pribadi secara rutin dan simpan di disk yang berbeda.

7. Lindungi Identitas Elektronik

article image

Image source: asmag.com

Berhati-hatilah saat memberikan informasi pribadi seperti nama, alamat, nomor telepon, atau informasi keuangan di Internet. Pastikan situs web aman (misalnya saat melakukan pembelian online) atau kamu telah mengaktifkan pengaturan privasi, khusus untuk media sosial.

Kini saatnya kamu lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakan internet. Karena kejahatan bisa datang kapan saja.

Malls

Articles

Featured Image Source: safety4sea.com