Regenerasi Sel Kulit

Pergantian sel kulit mati bervariasi tergantung pada usia dan juga cara merawatnya. Pada bayi, regenerasi kulit biasanya terjadi setiap 14 hari. Remaja, memakan waktu setidaknya 28 hari, sedangkan ada orang dewasa dibutuhkan kisaran waktu antara 28 - 42 hari.

Seiring bertambahnya usia, maka perlu waktu lebih lama lagi untuk meregenerasi kulitnya secara alami. Semakin lama waktu yang dibutuhkan kulit untuk memperbarui selnya sendiri, maka akan semakin banyak pula sel-sel kulit mati yang menumpuk pada lapisan atas kulit. Penumpukan sel kulit mati itulah yang kemudian membuat kulit terlihat kusam.

Sebagai orang dewasa kita butuh eksfoliasi ekstra untuk mempercepat proses pergantian lapisan sel kulit mati. Jika dilakukan dengan optimal, proses eksfoliasi ini akan menghasilkan kulit yang lebih kenyal, sehat, dan tentu saja glowing.

Tidak ingin semakin menumpuk dan membuat wajah kusam, berikut tips mempercepat regenerasi sel kulit mati untuk wajah tampak lebih glowing dan sehat.

1. Jaga Kebersihan Kulit Wajah

article image

Image source: vedix.com

Tahukah kamu, penumpukan sel kulit mati yang utama disebabkan oleh kotoran dan debu. Apabila kita tidak rajin membersihkan wajah, kotoran dan debu itu akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit jadi kusam.

Langkah awal sebelum mengharapkan regenerasi sel kulit wajah dengan cepat kamu harus pastikan kulit wajahmu senantiasa bersih. Caranya dengan rajin mencuci wajah dan membersihkan make up dengan cleanser.

Pilihlah produk face wash dengan formula tepat sesuai jenis kulitmu. Jika itu mengandung scrub maka jangan kamu gunakan setiap hari. Sedangkan untuk cleanser kamu bebas menggunakan milk cleanser, cleanser oil, pun micellar water.

2. Pakai Produk Eksfoliasi

article image

Image source: medicinenet.com

Eksfoliasi dipercaya dapat mempercepat pengangkatan sel kulit mati pada wajah. Namun penggunaan eksfoliasi pun perlu perhatian khusus, karena apabila salah memilih produk dan asal campur dapat menyebabkan breakout dan iritasi.

Eksfoliasi pun memiliki dua jenis, yakni physical exfoliation dan chemical exfoliation. Physical exfoliation merupakan proses pengangkatan sel kulit mati yang dilakukan dengan cara menggosok permukaan wajah, Biasanya dibarengi dengan produk yang memiliki butiran scrub atau pun dengan alat yang sedikit kasar.

Physical exfoliation bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami seperti gula ditambah lemon, biji-bijian dan ekstrak bunga. Namun saat ini skincare berbahan itu pun telah tersedia dan lebih mudah digunakan.

Sedangkan chemical exfoliation merupakan proses pengangkatan sel kulit mati dengan menggunakan bahan kimia yang teksturnya cair dan mudah meresap. Adapun bahan aktif yang ampuh mengangkat sel kulit mati salah satunya Alpha Hydroxy Acid (AHA), Beta Hydroxy Acid (BHA), dan retinol.

Baik physical exfoliation dan chemical exfoliation biasanya tidak boleh dilakukan setiap hari. Dan jika kamu sudah menggunakan physical exfoliation dianjurkan tidak menumpuknya dengan chemical exfoliation agar kulit tidak over eksfoliasi.

3. Cukupi Kebutuhan Nutrisi

article image

Image source: wwhealty.org

Skincare memang membantu mengatasi berbagai masalah kulit, namun kamu juga perlu mengimbanginya dengan nutrisi yang kaya Vitamin. Salah satu Vitamin yang baik untuk mengoptimalkan regenerasi kulit adalah Vitamin A dan Vitamin C.

Vitamin A sangat bagus untuk mencegah jerawat dan mengurangi peradangan. Vitamin A juga merupakan kunci untuk memproduksi lebih banyak kolagen dalam sistem tubuh kita. Mengonsumsi Vitamin A secara rutin dapat menunda penuaan dini, mengurangi kerutan halus pada wajah, dan mencerahkan bintik-bintik akibat jerawat.

Berikutnya ada VItamin C. Vitamin C tidak hanya dapat merangsang regenerasi sel kulit wajah, namun juga mempercepat proses penyembuhan luka dan membangun protein pada kulit. Vitamin C juga dipercaya dapat membuat kulit semakin cerah dan glowing.

Selain Vitamin, kamu juga perlu mencukupi kebutuhan protein. Protein dapat memperkuat kulit, pembuluh darah yang rusak, serta menjaga regenerasi sel tetap aktif dan sehat.


Kini kamu sudah tahu dong bagaimana cara mendapatkan kulit glowing dan sehat? Ingat ya, rajin pakai skincare saja tidaklah cukup. Menjaga kebersihan dan mencukupi kebutuhan nutrisi harian juga jadi faktor utama.

Malls

Articles