Pola Makan Yang Baik dan Sehat Untuk Memperpanjang Usia, Wajib Kamu Coba

Apakah pola makan yang baik benar-benar bisa memperpanjang harapan hidup seseorang? Tentu saja! Penelitian ilmiah sering kali mengungkapkan bahwa pola makan seseorang berkaitan dengan harapan hidupnya.

Masyarakat di negara-negara maju sadar betapa pentingnya mengatur pola makan. Maka jangan heran kalau mereka memiliki kualitas hidup yang jauh lebih baik.

Kalau kamu tertarik untuk memulai gaya hidup sehat, kali ini Gotomalls akan membagikan 7 tips mengatur pola makan yang baik untuk meningkatkan harapan hidup.

Selalu Makan Tepat Waktu

article image

Image source: fabulousarizona.com

Pola makan yang baik harus dilakukan tepat waktu. Bukan menunggu perut lapar lalu makan. Hal ini bisa mencegah kita untuk makan secara berlebihan yang justru menjadi tidak sehat. Selain itu, berhentilah makan sebelum kenyang agar lambung memiliki cukup ruang untuk udara yang akan membantu melancarkan proses pencernaan.

Pilih menu makanan terbaik dengan gizi seimbang, terutama sayuran hijau. Tidak sedikit studi riset yang berhasil membuktikan jika mengonsumsi sayuran hijau secara rutin bisa membuat seseorang lebih awet muda dibandingkan mereka yang tidak.

Rutin Konsumsi Ikan

article image

Image source: quickanddirtytips.com

Dalam berbagai sumber literatur, orang-orang yang mengonsumsi ikan dalam porsi wajar setiap hari disebutkan bisa hidup lebih lama. Pilihan ikan terbaik untuk dikonsumsi rutin adalah jenis ikan yang berada dalam rantai makanan menengah, misalnya seperti ikan sarden, ikan air tawar, dan ikan-ikan yang hidup di lingkungan bebas pencemaran.

Membatasi Menu Makanan dan Perbanyak Minum Air Putih

article image

Image source: askgramps.org

Semua orang pasti punya jenis makanan favoritnya masing-masing. Seseorang bisa mengonsumsi makanan kesukaannya setiap hari dalam porsi yang lumayan besar, dan hal ini perlu dihindari. Misalnya seseorang yang sudah biasa menghabiskan 5 butir telur setiap hari, kemungkinan besar kadar kolesterolnya akan lebih tinggi dari yang seharusnya.

Pola makan yang baik harus diiringi dengan gizi seimbang, bukan hanya dengan mengonsumsi satu jenis makanan saja. Selain itu, kadar air dalam tubuh juga harus selalu terpenuhi. Pastikan minum 8 gelas air putih setiap hari.

Memilih Menu Makanan Sehat

article image

Image source: tyentusa.com

Meninggalkan kebiasaan buruk saja tidak cukup untuk memulai gaya hidup sehat. Kita juga perlu mengganti jenis makanan dengan menu-menu bergizi. Berikut contoh makanan sehat yang bisa kamu pilih:

• Kacang-kacangan, efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida pada penderita obesitas dan diabetes.
• Ikan tinggi protein dan rendah lemak, mengandung nutrisi penting untuk menjaga kesehatan jantung dan otak.
• Buah dan sayuran, mineral, vitamin, serat, dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh berasal dari buah dan sayuran.
• Teh atau kopi, pilihlah salah satu, mengonsumsi teh atau kopi satu cangkir setiap hari akan memberikan efek baik bagi tubuh, dengan catatan; tanpa gula!
• Cokelat hitam, cokelat hitam termasuk salah satu jenis makanan paling direkomendasikan untuk kesehatan otak.

Diet dan Berolahraga

article image

Image source: mediaindonesia.com

Setelah mengetahui pola makan dan contoh makanan sehat untuk memulai gaya hidup sehat, yang terakhir dan perlu diingat adalah melakukan diet dan olahraga. Tubuh kita tak jauh berbeda dengan smartphone. Jika terlalu sering dipakai untuk menjalankan berbagai perintah-perintah rumit, cache dan temporary files otomatis akan menumpuk. Jika dibiarkan terlalu lama tanpa dibersihkan, performa smartphone akan menurun dan berjalan lambat.

Untuk membersihkan “cache” dan “temporary files” di dalam tubuh, kita harus menjalankan program diet dan olahraga. Tak perlu susah payah, cukup dengan diet ringan 3 bulan sekali dan jogging setiap hari.

Mengubah gaya hidup memang terasa merepotkan di awal, terutama kalau sudah terbiasa begadang dan makan asal-asalan. Tapi jika kamu sudah bisa beradaptasi dengan gaya hidup sehat, kamu akan merasakan perubahan yang luar biasa!


Demikianlah tips pola makan yang baik untuk memulai gaya hidup sehat. Ikuti terus perkembangan informasi terbaru di Gotomalls.com untuk mendapatkan tips menarik lainnya! Selain itu Gotomalls juga menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Articles

Malls

*featured image source: workoutfrolic.com