Meningkatkan Kreativitas Pada Anak

Banyak potensi terpendam pada diri anak-anak yang sayang jika tidak dikembangkan. Maka, sudah sewajarnya bagi setiap orang tua untuk mendorong potensi tersebut agar anak bisa menemukan jati dirinya kelak.

Salah satu cara terbaik yang bisa ditempuh adalah dengan merangsang kreativitasnya. Orang tua tidak harus sepenuhnya mengandalkan sekolah atau lembaga bimbingan belajar, dengan hal-hal seru yang bisa dilakukan langsung bersama si anak, orang tua bisa berkontribusi untuk mengasah kreativitas mereka.

1. Ajukan Pertanyaan-Pertanyaan Kreatif

[[img-1]]

Image source: indianexpress.com

Tidak bisa dipungkiri bahwa komunikasi adalah kunci untuk menjalin hubungan dengan baik, termasuk antara orang tua dan anak. Selain itu, komunikasi juga merupakan pintu masuk untuk menanamkan hal-hal penting oleh orang tua kepada anaknya.

Nah, sebagai orang tua, pertanyaan-pertanyaan sederhana namun kreatif bisa menjadi sarana mengasah kreatifitas anak sekaligus membangun jembatan komunikasi yang efektif.

Tanyakan hal-hal sepele yang sekiranya bisa memicu si anak berimajinasi untuk menjawabnya, seperti kenapa mobil ambulans harus menyalakan sirine ketika melaju di jalanan? Kenapa sang sopir harus memacunya secepat mungkin? Kenapa pengendara lain harus menyingkir dan memberi jalan untuk ambulans mendahului mereka?

2. Ajak Si Anak Mengeksplorasi Minatnya

[[img-2]]

Image source: health.clevelandclinic.org

Eksplorasi sudah menjadi yang normal yang dilakukan anak-anak seiring mereka bertambah usia. Bahkan, sejak usia balita anak-anak akan mulai menumbuhkan rasa penasaran terhadap hal-hal yang membuat mereka tertarik.

Di masa-masa seperti itu, peran orang tua sangat dibutuhkan untuk membimbing mereka memenuhi rasa ingin tahunya. Orang tua bisa terlibat langsung mengajak si kecil bereksplorasi, misalnya jika anak senang melihat satwa, ajaklah dia menonton tayangan-tayangan dokumenter tentang dunia hewan atau berwisata ke tempat konservasi hewan.

3. Berikan Tantangan dan Hadiah

[[img-3]]

Image source: raisingchildren.net.au

Rasa penasaran anak-anak terkadang mendorong mereka untuk memaksakan kehendaknya. Alhasil, anak kecil seringkali nekat. Alih-alih memarahi si anak, lebih baik orang tua memanfaatkan naluri mereka dengan memberikan tantangan-tantangan yang bermanfaat, setelah berhasil melewatinya, berikan imbalan berupa hadiah. Pilihlah tantangan yang sesuai dengan hal yang mereka suka, dengan begitu si anak akan mendalami minat dan bakatnya.

4. Berikan Pengalaman Baru

[[img-4]]

Image source: Legalzoom.com

Pepatah mengatakan “pengalaman adalah guru terbaik”, karena pada kenyataannya memang benar demikian. Berikan anak pengalaman baru yang belum pernah ia dapatkan sebelumnya, entah itu berkemah di gunung, berkunjung ke pantai, melihat benda-benda peninggalan sejarah, atau menaiki kendaraan yang belum pernah ia tumpangi sebelumnya.

5. Dorong Anak untuk Menciptakan Karya

[[img-5]]

Image source: artfulparent.com

Dalam hal apapun, hasil akhir dari kreativitas adalah karya. Sehingga, cara terbaik untuk membuat anak tetap kreatif yaitu dengan mendorongnya untuk berkarya. Orang tua bisa menjadikan ini sebagai tantangan seru kepada anak. Seiring mereka semakin terbiasa untuk berkarya, maka daya kreatifitasnya pun akan turut berkembang dari waktu ke waktu.


Simak terus update info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: goodhousekeeping.com