Menu Makanan Sehat Agar Puasa Lancar

Berpuasa merupakan salah satu kewajiban umat muslim saat Ramadhan tiba dan menjalankan puasa selama kurang lebih 13 jam. Umat muslim tentu saja harus mengatur pola makan, serta memilih menu makanan yang sehat ketika berpuasa agar tidak sakit dan tetap fit. Selain itu menu makanan yang sehat juga dapat mendukung kamu untuk melakukan kegiatan sehari-hari dengan lancar. Berikut ini ada informasi mengenai menu makanan sehat agar puasa lancar yang bisa kamu konsumsi setiap harinya.

Kurma

article image

Source image : pexels

Ketika bulan Ramadhan tiba, buah kurma merupakan salah satu buah yang wajib ada dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain dianjurkan oleh Nabi, nyatanya mengonsumsi kurma ketika bulan puasa dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan juga mengurangi masalah atau berbagai penyakit. Kurma dapat membantu tubuh tidak menerima makanan setelah sama sekali tidak menerima makanan dan minuman selama 13 jam, mengontrol nafsu makan yang berlebihan, hingga rasa manisnya dapat menyegarkan mulut ketika berbuka puasa. Selain itu kurma juga cocok dijadikan bahan untuk membuat takjil menyegarkan ketika kamu sedang berbuka puasa. Tidak perlu khawatir karena buah kurma masuk ke dalam salah satu buah yang sehat.

Sup Ayam

article image

Source image : pexels

Saat berpuasa, kamu membutuhkan menu makanan yang sehat yang mengandung protein tinggi serta vitamin dan serat. Selanjutnya yang cocok untuk membantu kamu menjalankan puasa agar lancar adalah sup ayam. Menu sehat yang satu ini bisa dikonsumsi ketika buka puasa ataupun ketika sahur tiba, ayam yang dimasak menjadi sup bukan hanya memiliki nutrisi yang cukup baik, namun vitamin dan protein yang sesuai dengan tubuh yang mengalami dehidrasi atau kekurangan makanan saat berpuasa.

Selain itu kamu juga mendapatkan perhatian cukup dari sayuran yang ada, dan perut kamu tetap kenyang dengan mengonsumsi porsi yang cukup dan tidak berlebih. Sup ayam ini juga menjadi makanan pembuka yang bisa diterima oleh lambung setelah kamu berpuasa cukup lama. Mengingat lambung tidak memproses atau menghaluskan makanan hingga kamu harus bisa memilih jenis makanan yang pertama kali masuk ketika berbuka tiba.

Jika tidak banyak waktu kamu bisa mencoba sup instan saat sahur.

Sup Ayam Jamur Knorr Chicken And Mushroom

article image

Beli Sekarang

Salad Buah

article image

Source image : pexels

Selanjutnya menu makanan sehat agar puasa lancar dan juga letak meningkatkan kesehatan tubuh yaitu salad buah. Sebagian orang memutuskan untuk mengonsumsi makanan ini ketika berbuka tiba karena buah sendiri memberikan rasa yang manis dan juga menyebarkan ketika yang dikonsumsi. Selain itu salad buah juga tidak menimbulkan efek samping berbahaya dan bisa langsung menutrisi tubuh dengan kandungan vitamin dan serat yang ada. Tetapi jika kamu ingin menjalankan puasa dengan lancar dan kuat maka buah juga bisa dikonsumsi. Ketika sahur tiba, salad buah bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menutrisi tubuh agar bisa menjalankan puasa selama seharian. Di sisi lain kamu juga bisa mengonsumsi buah segar karena buah memiliki tekstur yang lembut sehingga lebih mudah dicerna oleh usus.

Sayur tumis

article image

Source image : pexels

Ingin sahur dengan makanan yang enak namun sehat? Maka kamu bisa memanfaatkan beberapa sayuran kemudian ditumis dan menjadikannya teman lauk bersama dengan nasi merah atau nasi hitam yang kamu konsumsi. Sayuran sendiri masuk ke dalam menu makanan sehat agar puasa lancar yang wajib dikonsumsi setiap harinya dengan adanya sayuran sistem pencernaan akan tetap lancar, serta kebutuhan tubuh kamu akan nutrisi dan serat juga tetap tercukupi tanya itu sayuran juga mengandung sedikit kalori. Jadi tidak akan memicu kenaikan berat badan meskipun kamu mengonsumsinya dini hari saat sahur sayuran juga tidak diolah dengan waktu yang cukup singkat jadi membantu kamu menahan lapar dengan waktu yang lebih lama. Kamu bisa mengonsumsi sayuran secara langsung ataupun ditumis.

Minyak zaitun dan tomat

article image

Source image : pexels

Menu makanan sehat agar puasa lancar selanjutnya adalah salad yang mengandung minyak zaitun dan juga tomat di mana kedua bahan ini memiliki sumber utama beta karotin yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Tetapi di sisi lain Jika mengonsumsi salad timun, tomat dan minyak zaitun ini saat sahur, maka kamu dapat melakukan puasa dengan lancar karena ketiga bahan tersebut dapat membantu menyerap lebih banyak zat antioksidan. Jadi tubuh menjadi lebih sehat dan juga lebih kuat alasan inilah yang menyebabkan banyak masyarakat di luar negeri yang mengonsumsi makanan sahur dengan salad sayur ini, terutama mereka yang berpuasa dengan waktu yang cukup lama.


Deretan menu makanan sehat agar puasa lancar di atas bisa kamu konsumsi setiap sahur tiba. Selain itu kamu juga bisa melakukan kegiatan ringan seperti olahraga agar tubuh tetap membakar kalori dan juga lemak yang ada dari makanan ataupun dari camilan yang kamu konsumsi, sehingga meskipun berpuasa tubuh kamu tetap sehat dan juga bugar. Temukan semua makanan sehat di atas di supermarket terdekat di kotamu. Untuk memudahkan berbagai informasi, kamu bisa cek GoToMalls.com. Di GoToMalls kamu bisa menemukan banyak promo, diskon, kupon, dan event-event yang sedang diadakan di mall-mall seluruh Indonesia.

Malls

Brands

Products

Articles