Menu Sarapan Pagi Simpel yang Menyehatkan, Tanpa Pakai Ribet

Sebagian orang tidak terbiasa sarapan di pagi hari dengan alasan tidak punya banyak waktu untuk membuat menu sarapan. Hasilnya banyak yang memilih hidangan cepat saji sebagai jalan pintas. Padahal sarapan sehat di pagi hari penting untuk menunjang aktivitas dan kerja otak kamu.

Menu sarapan pagi yang sehat tidak selalu membutuhkan banyak waktu untuk memasaknya. Kamu bisa membuat menu sarapan pagi simpel yang dimasak dengan cara praktis dan tentunya menyehatkan. Daripada bingung, yuk simak pilihan menu sarapan pagi simpel dan sehat berikut ini.

Sup Krim yang Simpel Tetapi Bernutrisi

article image

Image source: food.detik.com

Menu sarapan pagi simpel pertama yang bisa kamu coba adalah sup krim. Menu sarapan ini sering menjadi pilihan karena mudah dibuat. Selain itu sup krim juga bisa menghangatkan tubuh, apalagi kalau kamu sedang flu.

Sup krim bisa dibuat dengan macam-macam bahan. Kamu bisa berkreasi dengan memasak sup krim jagung, sup krim keju atau sup krim brokoli yang kaya dengan nutrisi. Kamu juga bisa menambahkan daging ke dalam sup krim.

Sup dengan tekstur kental dan creamy ini cocok banget disantap untuk sarapan saat musim hujan. Tak hanya kaya akan nutrisi, sup krim menjadi menu sarapan favorit karena rasanya yang juga lezat dan gurih.

Lettuce Wrap dengan Isian Bergizi

article image

Image source: yummyhealthyeasy.com

Kalau kamu masih punya sisa daging yang tidak habis dimakan kemarin malam, kamu bisa mengolahnya menjadi lettuce wrap. Menu sarapan pagi simpel ini hanya membutuhkan daun selada, saus kacang atau gochujang (saus pedas ala Korea) dan sisa daging semalam.

Pencinta drama Korea pasti doyan nih sama menu sarapan ini. Cara membuatnya tidak ribet kok. Pertama, kamu cuci bersih daun selada terlebih dahulu, lalu beri potongan daging ayam goreng di atasnya. Kemudian tambahkan gochujang yang membuat cita rasa lettuce wrap kamu menjadi gurih.

Kalau kamu tidak ingin menambahkan daging, kamu bisa menggantinya dengan potongan tahu yang kaya protein dan berbagai jenis sayuran seperti wortel dan kubis merah. Kamu juga memberinya isinya telur orak-arik, alpukat yang sudah dipotong kecil-kecil dan mustard.

Scrambled Egg Sehat dan Praktis

article image

Image source: thespruceeats.com

Scrambled egg adalah menu sarapan pagi simpel yang praktis banget tetapi menyehatkan dan bergizi. Di Indonesia menu ini lebih dikenal dengan telur orak-arik. Cara membuatnya simpel banget, kamu cuma perlu menyiapkan telur dan tambahan sayuran.

Kamu bisa menambahkan potongan wortel, jagung atau jamur ke dalam scrambleg egg. Kalau kamu ingin cita rasa yang lebih gurih dan sedikit asin, beri parutan keju yang akan menambah kelezatannya. Kamu juga bisa menyantap menu ini dengan roti gandum atau roti panggang.

Oatmeal yang Cocok untuk Diet

article image

Image source: runningtothekitchen.com

Orang Indonesia mungkin tidak terbiasa menyantap oatmeal untuk sarapan. Padahal menu sarapan pagi simpel ini menyehatkan dan cocok untuk orang yang sedang menjalankan program diet karena kaya akan protein.

Rasanya pun lezat dan kamu bisa pilih sendiri bahan yang ingin kamu tambahkan ke dalam oatmeal sesuai selera.
Untuk membuat oatmeal, kamu hanya membutuhkan oatmeal, susu rendah lemak dan buah. Pertama, siapkan gelas besar atau mangkuk sebagai wadah. Lalu campurkan oatmeal dengan susu rendah lemak di dalam wadah. Untuk pelengkap kamu tinggal tambahkan potongan buah atau kacang almond.

Kamu bisa membuatnya di malam hari dan menyimpannya di dalam kulkas. Esok paginya kamu tinggal menambahkan buah sesuai selera seperti pisang, apel atau stroberi. Menu sarapan pagi simpel yang sehat ini cocok buat kamu yang punya segudang aktivitas untuk menjaga tubuh tetap bugar sepanjang hari.

Salad Buah dan Keju

article image

Image source: myallaboutthat.com

Satu lagi nih menu sarapan pagi simpel yang cocok disantap untuk program penurunan berat badan. Salad buah sangat mudah dibuat dan anti ribet. Kamu yang tidak punya banyak waktu di pagi hari bisa memilih menu sarapan ini.

Kamu tinggal menyiapkan potongan buah seperti apel, semangka, anggur atau mangga dan sajikan bersama keju parut. Vitamin yang terkandung pada buah-buahan dan kalori dari keju akan membuat kamu tetap fit menjalankan aktivitas sepanjang hari.

Smoothies Segar dan Menyehatkan

article image

Image source: parenting.orami.co.id

Kalau kamu suka dengan menu sarapan yang menyegarkan, kamu bisa membuat smoothies yang kaya akan protein sebagai menu sarapan pagi simpel. Asupan protein yang baik di pagi hari penting banget dan membantu kamu untuk cepat kenyang.

Resep smoothies yang paling simpel kamu bisa membuatnya dari pisang dengan campuran susu rendah lemak, yogurt atau susu kedelai. Bisa juga dengan bahan stroberi yang menjadi sumber kalium yang baik. Sebaiknya hindari buah mangga dan nanas untuk mengurangi gula.

Kombinasi jeruk dan greek yogurt juga baik untuk asupan protein, kalium, kalsium, vitamin D dan vitamin B12. Jangan lupa tambahkan sedikit krim dan hindari yogurt dengan tambahan gula.

Avocado Toast Tanpa Pakai Ribet

article image

Image source: macheesmo.com

Nah menu sarapan pagi simpel yang satu ini sering menjadi pilihan wajib bagi para fitness enthusiast dan pelaku hidup sehat lho! Alpukat dikenal sebagai buah dengan kandungan lemak baik yang menyehatkan tubuh serta tinggi serat dan asam folat. Membuat avocado toast juga simpel banget enggak pakai ribet.

Kamu hanya perlu menyiapkan roti panggang, kemudian mengolesinya dengan alpukat yang sudah dihancurkan. Kamu juga bisa berkreasi dengan tambahan telur, greek yogurt atau keju. Avocado toast kamu pun siap disantap.

Baca juga rekomendasi artikel lainnya di bawah ini:

Articles


Itu dia pilihan menu sarapan pagi simpel yang sehat dengan cara memasak yang praktis dan nggak pakai ribet. Jadi mulai sekarang, tidak ada alasan lagi untuk melewatkan sarapan pagi ya! Ikuti terus perkembangan informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com!

Malls

featured image source: tasteofhome.com