Momen Gajian

Tanggal gajian adalah satu momen paling ditunggu. Setelah sebulan bekerja keras, rasanya lelah terbayar lunas dengan gaji yang kita terima. Kita bisa bayar cicilan, makan enak, beli barang yang sudah kita inginkan, atau mungkin pergi jalan-jalan.

Tapi ingat ya, jangan semua gaji serta merta langsung dihabiskan. Apalagi sampai kalap foya-foya di minggu pertama. Padahal kan hidup masih berjalan 30 hari ke depan.

Nah agar momen gajian makin seru dan menyenangkan, kamu bisa menikmatinya dengan beberapa kegiatan berikut ini.

1. Sisihkan untuk Investasi

article image

Image source: grid.id

Di jaman sekarang investasi bukan lagi isu untuk anak muda. Justru semakin dini kita berinvestasi maka akan semakin besar pula peluang yang kita dapat di masa tua.

Toh sekarang investasi tidak melulu dalam jumlah fantastis. Bahkan mulai Rp 100 ribu pun bisa. Misal dalam bentuk tabungan, reksadana, saham, emas, properti, dan lainnya.

Dan baiknya uang investasi itu disisihkan di hari pertama kita gajian, jangan menunggu sisa. Bisa saja ada hal-hal tidak penting karena lapar mata kamu beli. Alhasil tidak ada sisa lagi untuk disisihkan.

2. Berbagi dengan Orang Tua

article image

Image source: dailymail.com

Sedikit atau banyak jumlahnya, orang tua akan senang jika kamu membagi kebahagiaan momen gaji padanya. Jika orang tuamu bukan tipe yang suka diberi uang, maka kamu bisa memberikannya barang atau sesuatu yang dia sukai.

Misalnya bunga, ajak makan di restoran, atau bisa juga memberikannya satu set perawatan tubuh. Dijamin senang yang kamu rasakan saat terima gaji akan terasa lebih seru. Dan tentu saja akan diganti dengan doa dan restu yang bisa menambah nikmat kita.

3. Membeli Makanan Favorit

article image

Image source: timesofindian.com

Apakah kamu termasuk yang suka jajan enak ketika momen gajian tiba? Jika iya berarti kamu tidak sendirian. Momen gajian memang pas jika digunakan untuk memuaskan lapar mata dan perut.

Meski PPKM atau pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat masih berlaku dan membuat kita tidak bisa leluasa pergi ke tempat makan, namun kamu masih bisa kok jajan makanan favorit dengan cara delivery order.

Apalagi di tanggal gajian biasanya banyak diskon yang diberikan oleh e commerce dan aplikasi antar makanan. Lumayan kan, bisa makan enak dan tentunya masih dapat untung potongan harga.

4. Check Out Barang di Wishlist

article image

Image source: ussfeed.com

Keranjang wishlist sudah penuh, saatnya check out semua barang belanjaan. Mulai dari skincare, baju, sepatu, dan pernak-pernik lainnya.

Eits, tapi hati-hati ya jangan sampai apa yang kamu beli melebihi batas dompet. Bukannya happy nanti malah jadi rugi. Pastikan apa yang kamu beli adalah kebutuhan bukan sekedar keinginan nafsu belaka.

5. Menyalurkan Hobi

article image

Image source: societyofauthor.org

Tanggal mudah adalah waktu yang tepat untuk menyalurkan hobi mumpung dompet masih terisi lembaran merah. Menyalurkan kesenangan lewat hobi juga bisa jadi jalan ninja agar kamu terhindar dari stres setelah sebulan bekerja penuh.

Misalnya dengan nonton film, karaoke, liburan, staycation, atau sekedar membeli buku baru. Pasti daya tahan tubuhmu langsung kembali fresh dan siap menghadapi lika-liku tugas kerja.


Investasi sudah, makan enak sudah, senang-senang juga sudah kini saatnya kamu kembali menjalani aktivitas dengan perasaan yang lebih menggelora. Kira-kira dari ke-5 aktivitas seru saat momen gajian di atas mana yang sudah kamu lakukan?

Mall

Artikel

Featured image source: glints.com