Musik yang Menenangkan

Musik merupakan salah satu media yang dapat mengurangi stres dan rasa sakit. Hal ini telah dibuktikan oleh para ilmuwan. Pada tahun 2020 lalu 57% orang Amerika mengatakan jika musik membantu mereka dalam mengatasi kesehatan mental.

Para ilmuwan mengatakan jika musik dapat mengalihkan perhatian kita dari kekhawatiran. Bahkan mendengarkan musik selama perawatan dan setelah operasi dapat membantu menenangkan pasien serta mengurangi rasa sakit mereka.

Menurut penelitian, 57% orang memilih musik sebagai penghilang rasa stres dan menenangkan pikiran dibandingkan olahraga atau pun melihat video game. Dan cara tersebut terbukti lebih ampuh.

Cara Kerja Musik Sebagai Penenang

article image

Image source: statepress.com

Kemampuan musik membantu kita rileks karena gelombang suaranya. Gelombang suara yang kita dengarkan melalui musik masuk ke telinga bagian tengah tempat gendang telinga dan diteruskan ke dalam. Di sanalah gelombang ini ditangkap sel-sel rambut dan kemudian diubah menjadi sinyal listrik.

Dalam otak, sinyal listrik itu menyebar ke berbagai bagian. Sinyal listrik itu juga dikirim ke hipotalamus otak yang memproduksi dan mengatur tekanan darah, denyut jantung, dan suhu tubuh. Ketika mendapatkan sinyal itu, hipotalamus akan bekerja optimal untuk meningkatkan mood bahagia dopamin, dan perlahan akan menurunkan hormon kortisol.

Itu mengapa stres lambat laun akan menurun ketika kita mendengarkan musik. Ketika kamu memahami lirik dari lagu atau pesan yang disampaikan pada musiknya ini akan meningkatkan perasaan bahagia di otak yang akhirnya mempengaruhi mood.

Selain itu, sinyal listrik juga didorong masuk ke area otak bernama serebelum. Fungsinya mengkoordinasi anggota tubuh termasuk saat kita mendengarkan lagu favorit dan kemudian muncul keinginan untuk bersenandung, menggerakan kaki, bahkan berjoget. Bagian otak lainnya, amygdala selanjutnya membantu mengatur emosi dan membangkitkan rasa bahagia karena lagu atau musik yang kamu dengar.

Menariknya lagi, mendengarkan lagu pada acara konser atau festival meningkatkan perasaan keterhubungan sosial yang lebih besar. Itu juga dapat meningkatkan suasana hati dan membangun koneksi dan melindungi diri terhadap tekanan mental.

Rekomendasi Musik yang Menenangkan

article image

Image source: rootstodrive.com

  1. Adele - Someone Like You
  2. Barcelona - Please Don’t Go
  3. Morcheeba - Undress Me Now
  4. airstream - Electra
  5. Coldplay - Strawberry Swing
  6. Massive Attack - Teardrop
  7. Sugar Ros - Saeglopur
  8. Air - All I Need
  9. Cafe Del Mar - We Can Fly
  10. Jack Jahnson - Upside Down
  11. Moby - Porcelain
  12. All Saints - Pure Shores
  13. Enya Watermark
  14. Katie Melua - Nine Million bicycles
  15. Mozart - Canzonetta Sull’aria
  16. Dj Shah - Mellomanic (Chill Out Mix)

Sudah siap untuk relaksasi? Jangan lupa klik playlist di atas ya.

Malls

Articles

Featured Image Source: vidmic.com