Nama-Nama Barang Ini Sebenarnya adalah Nama Merek

Mungkin kamu pernah tanpa sadar menyebut nama barang yang sebenarnya adalah nama merek. Nama tersebut menjadi familier dan lazim diucapkan karena beberapa faktor. Salah satu alasannya merek tersebut adalah pionir bagi merek-merek serupa.

Masyarakat kemudian tidak sadar menyebutnya sebagai nama barang, bahkan menyebut nama yang sama untuk merek lain. Barang-barang apa saja sih yang tanpa kamu sadari sebenarnya adalah nama merek? Yuk simak deretan nama barang yang sebenarnya adalah nama merek berikut
ini.

Odol

article image

Image source: idntimes.com

Sejak kapan kamu tahu bahwa Odol sebenarnya merupakan nama merek pasta gigi? Odol sebenarnya bukan nama lain dari pasta gigi. Namun orang Indonesia sudah terbiasa menyebut pasta gigi sebagai Odol.

Odol sebenarnya adalah merek pasta gigi dari Jerman yang dibawa oleh Belanda pada masa penjajahan. Nah, bisa dibilang Odol adalah merek pasta gigi pertama yang beredar di Indonesia, sehingga tanpa sadar masyarakat akhirnya menyebut pasta gigi merek apa pun dengan nama Odol.

TOA

article image

Image source: kompas.com

Ayo ngaku deh, kamu pasti pernah menyebut pengeras suara atau megafon dengan sebutan TOA. Ternyata TOA merupakan nama sebuah merek dagang dari perusahaan yang bergerak di bidang teknologi komunikasi dan sudah hadir sejak tahun 1949.

Nama TOA begitu populer karena diklaim sebagai produsen pengeras suara listrik pertama di dunia. Wajar kalau merek ini begitu familier di telinga masyarakat. Lagi pula nama TOA lebih mudah diucapkan dibanding menyebut pengeras suara atau megafon.

Pampers

article image

Image source: iprice.co.id

Pampers sebenarnya adalah merek diaper atau popok bayi sekali pakai. Sebagian orang mungkin telah menyadari bahwa Pampers sebenarnya adalah nama merek hanya saja mereka sudah terbiasa menyebut popok bayi sekali pakai sebagai Pampers.

Istilah popok bayi sekali pakai juga cukup panjang sehingga orang-orang lebih mudah menyebut Pampers. Merek ini juga merupakan pionir di Indonesia dan penemunya ternyata adalah seorang kakek bernama Victor Mills.

Softex

article image

Image source: katadata.co.id

Wajar saja masyarakat menyebut pembalut wanita sebagai Softex. Merek tersebut sudah hadir sejak 1970 dan telah menjadi merek pembalut wanita pertama di Indonesia. Bahkan hingga tahun 1980-an Softex nyaris tidak punya saingan dan berhasil menguasai 65 persen pasar Indonesia.

Terkadang meskipun orang-orang sudah tahu bahwa Softex adalah nama merek dagang, mereka tetap menyebut semua merek pembalut wanita dengan sebutan Softex karena sudah terbiasa.

Tipp-Ex

article image

Image source: lidl.de

Siapa nih yang suka memakai Tipp-Ex? Anak sekolahan pasti akrab dengan jenis alat tulis yang satu ini. Tipp-Ex membantu kita untuk menghapus atau mengoreksi kesalahan dalam penulisan, terutama apabila kita menulis dengan bolpoin yang tidak bisa dihapus dengan penghapus biasa. Padahal Tipp-Ex sebenarnya adalah nama merek korektor yang diproduksi oleh perusahaan Jerman.

Thermos

article image

Image source: ebay.com

Nah, merek yang satu ini pasti sering bikin kamu salah kaprah. Banyak nih yang tidak tahu kalau termos sebenarnya adalah nama merek dari sebuah perusahaan di Amerika Serikat. Salah satu barang yang diproduksi oleh perusahaan tersebut adalah tempat menyimpan air panas dengan nama merek Thermos. Saking populernya merek Thermos, orang Indonesia jadi terbiasa menyebut benda yang seharusnya disebut vacuum flash tersebut sebagai termos. Nama itu lebih singkat dan mudah disebut.

Stabilo

article image

Image source: turbosquid.com

Kamu pasti tidak sadar menyebut produk highlighter dengan sebutan Stabilo yang sebetulnya adalah nama merek. Padahal masih ada merek highlighter yang lain seperti Joyko dan Faber-castell. Merek Stabilo lebih familier karena memang menjadi salah satu pelopor highlighter atau penanda dengan ujung yang pipih.

Stabilo merupakan produk buatan Jerman yang berada di bawah perusahaan Schwan-STABILO. Kualitas dari merek highlighter ini juga bagus dan tidak mudah luntur. Meskipun banyak merek lain bermunculan untuk produk serupa, orang-orang sudah telanjur familier dengan nama Stabilo. Lagi pula menyebut Stabilo jauh lebih mudah bagi orang Indonesia daripada menyebut highlighter yang bisa bikin lidah keseleo.

Pylox

article image

Image source: tokopedia.com

Di Indonesia, segala merek cat semprot disebut dengan Pylox. Meskipun ada produk cat semprot keluaran merek dagang lain, tetap saja masyarakat menyebutnya dengan cat Pylox. Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa merek Pylox termasuk salah satu merek legendaris di Indonesia seperti Pampers dan Softex. Pylox sendiri merupakan salah satu produk keluaran Nippon Paint. Hanya saja Nippon Paint lebih dikenal dengan produk cat dinding.

Nippon Paint melakukan diversifikasi produk yang justru malah membuat Pylox menjadi merek tersendiri sampai-sampai orang tidak sadar kalau Pylox adalah bagian dari Nippon Paint.

Pralon

article image

Image source: youtube.com

Apakah kamu termasuk salah satu dari sekian banyak orang yang menyebut segala jenis pipa air dengan sebutan Pralon? Nama Pralon memang lebih sering dipakai untuk menyebut pipa yang berfungsi menyambungkan air dari satu titik ke titik yang lain.

Padahal Pralon sebenarnya sebuah merek dagang lho! Pralon diproduksi oleh perusahaan yang memproduksi pipa berbahan PVC. Seiring berjalannya waktu, orang-orang kemudian menyebutnya dengan paralon.

Chiki

article image

Image source: bukalapak.com

Nama Chiki sering dipakai untuk menyebut segala jenis makanan ringan atau snack. Padahal Chiki sebenarnya adalah salah satu merek makanan ringan. Hanya saja masyarakat sudah terbiasa menyebut snack atau camilan dengan sebutan Chiki.

Malahan, orang-orang menyebut snack merek lain seperti Taro dan Chitato dengan nama Chiki. Tidak heran sih nama Chiki begitu populer karena merek tersebut merupakan pelopor makanan ringan di Indonesia. Chiki pun sangat digemari segala kalangan terutama anak-anak.


Nah itulah 10 nama barang yang sering bikin orang tidak sadar bahwa sebenarnya barang tersebut adalah sebuah merek. Sekarang kamu sudah tahu kan, barang-barang apa saja yang sudah keliru kamu sebut namanya? Ikuti terus perkembangan informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com

Malls

featured image source: shopee.co.id