Negara Paling Kaya di Dunia

Apa yang terlintas di benakmu ketika berpikir tentang negara paling kaya di dunia? Sebagian orang mungkin tidak pernah menduga bahwa negara-negara terkaya ini didominasi oleh negara kecil. Beberapa negara tersebut adalah Luksemburg, Singapura, Kuwait, Irlandia, Swiss, dan Norwegia.

Ada sejumlah indikator tertentu yang membuat suatu negara dilabeli ‘kaya raya’, misalnya pendapatan per kapita penduduknya hingga jumlah PDB negara. Dalam daftar yang sempat dirilis Global Finance beberapa waktu lalu, Qatar menempati posisi teratas sebagai negara terkaya di dunia.

Qatar memiliki sumber kekayaan yang berasal dari cadangan minyak, gas bumi, dan petrokimia yang sangat melimpah. Sumber kekayaan tersebut tidak sebanding dengan jumlah penduduknya yang hanya berjumlah 2,8 juta jiwa. Maka tak heran jika kualitas hidup dan tingkat kesejahteraan masyarakatnya sangat tinggi.

Mau tahu seperti apa kehidupan negara paling kaya di dunia ini? Simak infonya di bawah ini:

1. Tidak Ada Pajak untuk Rakyat

article image

Image source: Wikipedia

Perekonomian Qatar sebagian besar ditopang oleh industri pertambangan gas alam dan minyak bumi. Qatar juga merupakan negara produsen gas alam terbesar ke-2 di dunia dengan jumlah ekspor mencapai ratusan miliar meter kubik. Melalui sumber pendapatan ini, pendapatan per kapitanya bisa mencapai Rp167 juta per bulan.

Saking kaya raya negara ini, sampai-sampai tidak ada pajak untuk setiap rakyatnya. Bagaimana dengan bank? Tentu saja ada, namun tidak ada bunga. Ketika Sang Raja berulang tahun, setiap orang yang memiliki hutang kepada bank akan dihapuskan oleh Raja. Maka tak heran jika penduduknya bisa memiliki kekayaan tak terbatas.

2. Angka Pengangguran Nyaris Nol

article image

Image source: thesunrise.site

Setiap warga Qatar yang telah menyelesaikan pendidikan akan langsung mendapat tawaran pekerjaan dari negara. Pekerjaan apapun yang mereka inginkan akan diwujudkan, dengan syarat masih di dalam negara. Hal inilah yang membuat angka pengangguran di Qatar sangat rendah, bahkan nyaris nol.

Negara akan memfasilitasi rakyatnya dengan pekerjaan yang layak dan penghasilan yang lebih tinggi dari ekspatriat. Nampaknya, Pemerintah Qatar sangat menjunjung kedudukan rakyatnya supaya lebih tinggi dari para pendatang asing.

3. Tingginya Tingkat Kesejahteraan Membuat Kriminalitas Jarang Terjadi

article image

Image source: Flickr.com

Beban kepolisian di Qatar bisa tergolong ringan. Bagaimana tidak? Dengan tingginya tingkat kesejahteraan hidup warga negaranya, angka kriminalitas di negara ini sangat rendah. Jarang sekali terjadi kasus-kasus kejahatan, terutama yang dilatar belakangi motif ekonomi. Maka dari itu, sel-sel tahanan di negara negara paling kaya di dunia ini sangat sepi.

4. Laki-Laki Bisa Menikahi 4 Wanita dan Disediakan Rumah untuk Setiap Istri

article image

Image source: The Current PK

Urusan menikah dan mengelola rumah tangga bukanlah hal yang mudah. Namun, bagi warga negara Qatar sepertinya tidak berlaku demikian. Ketika waktu menikah tiba, setiap laki-laki di Qatar diperbolehkan untuk mempunyai 4 istri.

Selanjutnya, negara paling kaya di dunia ini akan memfasilitasi masing-masing istri dengan hunian, pembantu, dan supir, termasuk juga gaji bulanan untuk pembantu dan si supir. Tidak sampai disitu saja, perempuan yang melahirkan pun diperkenankan memilih rumah sakit mana saja dan biayanya ditanggung penuh oleh negara.

5. Setiap Bayi yang Lahir akan Diberi Rumah dan Jaminan Penuh Sampai Kuliah

article image

Image source: Pinterest

Nampaknya, setiap bayi yang lahir di Qatar adalah bayi-bayi paling beruntung di dunia. Bagaimana tidak? Negara ini akan menyiapkan rumah, jaminan pendidikan sampai bangku universitas, lengkap dengan uang saku untuk menunjang masa depan setiap warga negaranya yang baru lahir ke dunia.

Setelah menginjak usia sekolah, setiap anak boleh memilih sekolah atau kampus dimana saja, baik di dalam maupun di luar negeri. Semua biayanya akan ditanggung penuh oleh negara.


Nah, itulah beberapa fakta menarik tentang Qatar sebagai negara paling kaya di dunia. Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terlengkap untuk mendapatkan berbagai penawaran menguntungkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Articles

Featured image source: mirror.co.uk