10 Negara Superpower Tahun 2019, Siapa yang Paling Berpengaruh?

Berdasarkan hasil analisis terbaru dari US News & World Report, Amerika Serikat kembali menempati peringkat teratas sebagai negara terkuat di dunia pada tahun 2019. US News & World Report bekerja sama dengan University of Pennsylvania, dengan melibatkan 20.000 orang partisipan untuk memberikan opini mereka tentang 80 negara di dunia.

Negara-negara yang masuk dalam daftar “2019 Best Countries” dinilai berdasarkan pengaruh politiknya di dunia internasional, kekuatan finansial, kekuatan militer dan seberapa besar perannya sebagai pemimpin global ataupun aliansi. Berikut daftar 10 negara terkuat di dunia:

10. Uni Emirat Arab

article image

Image source: jobs.ac.uk

Uni Emirat Arab atau biasa disingkat UEA merupakan perserikatan tujuh emirat yang memiliki kekayaan minyak bumi. Tujuh emirat yang termasuk ke dalam federasi ini adalah Abu Dhabi, Ajman, Dubai, Fujairah, Ras al-Khaimah, Sharjah, dan Umm al-Qaiwain.

Walaupun kekuatan militernya tidak begitu dominan, UEA tetap memiliki pengaruh luar biasa di dunia internasional. Terutama karena kekuatan ekonomi dan solidaritas aliansinya.

9. Arab Saudi

article image

Image source: worldatlas.com

Di antara negara-negara Arab lainnya, Arab Saudi adalah salah satu negara terkuat dan paling berpengaruh di wilayah tersebut. Hubungan internasional Arab Saudi juga lebih intens dibanding negara-negara tetangganya.

Kekuatan militer Arab Saudi pun tak kalah mengesankan. Seperti yang sudah banyak diketahui, bahwa negara ini merupakan importir persenjataan terbesar di dunia. Inggris, Amerika Serikat, dan Kanada adalah beberapa negara pemasok utamanya.

8. Israel

article image

Image source: cnnIndonesia.com

Kemajuan teknologi, ekonomi, ilmu pengetahuan, dan kekuatan militer merupakan faktor utama yang menopang pengaruh besar Israel di dunia. Walaupun banyak stigma negatif terkait ketegangan Israel dengan negara-negara Timur Tengah lainnya, negara ini tetap mampu mempertahankan kesejahteraan rakyat dan pengaruhnya di dunia.

7. Jepang

article image

Image source: t3.com

Jepang adalah jantung dari inovasi dan kemajuan teknologi dunia. Sumbangsih besar Jepang dalam kemajuan teknologi bahkan melampaui Amerika Serikat, walaupun standar ekonominya berada 2 peringkat di bawahnya. Jepang juga menjadi bukti bahwa kekuatan militer tidak begitu dibutuhkan untuk menjadi negara penguasa.

6. Prancis

article image

Image source: gouvernement.fr

Kekuatan militer Prancis adalah salah satu yang terkuat di dunia. Menurut laporan resmi, setidaknya Prancis memiliki 300 hulu ledak nuklir. Sebagai anggota tetap Dewan Keamanan PBB, Prancis menjalin persekutuan yang kuat dengan negara-negara penguasa lainnya. Prancis selalu aktif terlibat dalam menangani masalah-masalah keamanan global.

5. Jerman

article image

Image source: ledgerinsights.com

Sejak beberapa dekade terakhir, pengaruh politik Jerman di dunia global selalu memainkan peran penting. Negara yang termasuk anggota NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) ini tak kalah aktif dalam menangani masalah-masalah keamanan global. Populasi Jerman yang terampil dan berpendidikan tinggi telah membuat kondisi ekonominya selalu stabil.

4. Britania Raya

article image

Image source: nytimes.com

Walaupun belakangan ini Britania Raya tengah dilanda permasalahan Bexit yang belum kunjung selesai, kekuatan besarnya tak pelak membuatnya ketinggalan. Britania Raya terdiri dari Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Semuanya merupakan negara maju yang sangat berpengaruh di Eropa barat. Britania Raya telah lama menjadi pelopor teknologi, mode, budaya, seni, dan ilmu pengetahuan.

3. China

article image

Image source: nytimes.com

Dengan populasinya yang sangat padat, China berhasil membangun kekuatan ekonomi yang sangat besar. Terutama dalam ekspor global. Bahkan tidak sedikit yang memprediksi bahwa negara ini kelak akan menyalip AS sebagai negara superpower dunia. Seperti yang kita tahu, produk-produk buatan China telah mendominasi pasar dunia.

2. Rusia

article image

Image source: emeraldwaterways.com

Rusia memiliki luas wilayah terbesar di dunia, yang membentang dari Asia Utara hingga Eropa Timur. Dengan luas wilayah tersebut Rusia memiliki sumber daya alam melimpah, terutama cadangan minyak dan gas alam. Tak hanya wilayah, pengaruh politik Rusia pun sangat besar. Bagaimana Presiden Putin menjalankan pemerintahan progresif telah menunjukkan kedudukannya di dunia global.

1. Amerika Serikat

article image

Image source: steemit.com

Amerika Serikat adalah negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Sebagian besarnya berasal dari industri hiburan dan media. Untuk pengaruh politiknya, negara ini memegang peran utama dalam menangani semua masalah global. Berbagai keputusan penting untuk menentukan langkah-langkah penyelesaian sering kali bergantung pada tindakan Amerika Serikat.

Sebagai negara superpower terkuat, Amerika Serikat memiliki basis militer yang sangat tangguh. Negara ini memiliki berbagai sistem persenjataan modern dan sebagian besar hulu ledak nuklir dunia ada di tangan Amerika. Kendati demikian, negara ini sering kali dinilai terlalu banyak ikut campur dalam setiap urusan negara lain.

Itulah 10 negara superpower terkuat tahun 2019 berdasarkan hasil analisis US News & World Report dan University of Pennsylvania. Menurut kamu, negara mana yang akan menjadi penguasa di masa mendatang?

Kamu bisa mengunjungi beberapa negara superpower di atas dengan memanfaatkan promo dari tour&travel terpercaya, cek promonya di bawah ini.

Jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan info-info menarik lainnya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: m.dhgate.com