Olahraga Saat Puasa Ternyata Ada Aturannya

Olahraga saat puasa bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Karena puasa bukan menjadi halangan untuk kamu yang tetap ingin melakukan olahraga demi menjaga kebugaran tubuh. Olahraga saat berpuasa juga bisa menjadi kesempatan untuk lebih banyak membakar kalori sehingga bisa menurunkan berat badan saat puasa. Tentu hal ini merupakan sesuatu yang bersifat positif, namun tetap saja sebaiknya jangan sembarangan dalam melakukan olahraga saat puasa. Karena tingkat kekuatan yang dimiliki oleh tiap – tiap orang memang berbeda – beda dan juga kekuatan setiap orang untuk berpuasa juga berbeda-beda. Namun, terdapat waktu paling baik bagi kamu untuk melakukan olahraga saat puasa yaitu pada ketiga waktu dibawah ini.

Sebelum lanjut, ada baiknya kamu cek rekomendasi kupon menarik yang bakal bikin kamu makin irit!

Dan jangan lupa, di Gotomalls kamu juga bisa isi pulsa kapan dan dimana saja. Klik link di bawah ini untuk isi pulsa instant!

Sebelum Buka Puasa

article image

Source image : hellosehat

Kamu dapat melakukan olahraga saat puasa sebelum berbuka. Ini berguna untuk membakar lemak lebih banyak lagi. Tentu hal ini lebih menguntungkan bagi yang ingin menurunkan berat badan saat puasa. Melakukan olahraga di saat perut kosong bisa membantu dalam menghilangkan lemak yang lebih banyak. Setelah berolahraga dengan menggunakan sisa energi, kemudian kamu dapat makan saat buka puasa untuk menggantikan energi yang hilang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa waktu olahraga sebelum buka puasa mungkin merupakan waktu olahraga yang baik.

Jika hal ini dapat kamu lakukan, maka kamu tidak perlu khawatir akan mengalami gula darah rendah atau dehidrasi. Namun yang perlu diwaspadai, jangan pernah memaksa untuk melakukan olahraga yang berlebihan untuk bisa membakar lemak lebih banyak. Nah selain waktu yang diperhatikan, ketika masih dalam keadaan puasa dengan sisa energi yang sedikit, sehingga olahraga yang dilakukan perlu dibatasi yaitu tidak lebih dari 60 menit. Kesehatan sangat penting, jadi jangan sampai kamu sakit, merasa lemas, dan pusing setelah olahraga.

Kamu juga harus cek beberapa rekomendasi promosi seputaran dunia olahraga yang bisa kamu pake referensi sebelum membeli perlengkapan olahraga kamu.

Olahraga Saat Puasa Sudah Selesai (Waktu Berbuka)

article image

Source image : futuready

Waktu terbaik selanjutnya untuk olahraga saat puasa adalah ketika setelah berbuka. Kamu dapat melakukan olahraga dua sampai tiga jam setelah berbuka puasa. Mengapa 2-3 jam setelah berbuka? Hal ini dilakukan untuk menunggu sampai makanan dicerna oleh tubuh sehingga kamu mendapatkan energi kembali untuk melakukan olahraga. Nah dikarena kamu telah makan dan mengisi tubuh lagi dengan energi, maka kamu bisa melakukan olahraga apapun yang diinginkan pada saat ini. Dari intensitas ringan sampai berat, termasuk olahraga untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot.

Namun tetap saja jangan terlalu memaksakan jika dirasa tidak kuat maka jangan dilanjutkan. Imbangi dengan makanan saat berbuka yang mengandung banyak energi dan lengkapi pula dengan konsumsi air minum yang memadai. Ini juga dilakukan demi menjaga kestabilan daya tahan tubuh dalam beraktifitas. Mulailah dengan olahraga yang berintensitas rendah sampai intensitas berat.

Tetap perhatikan waktu dan intensitas olahraga yang baik saat berpuasa agar olahraga tidak mengganggu puasa Anda. Olahraga saat keadaan perut kosong dan haus dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Olahraga yang dilakukan dapat membuat kamu merasa sangat kelelahan, lemas, pusing, sampai menyebabkan dehidrasi.

Olahraga berat saat puasa juga berdampak buruk seperti menyebabkan kerusakan pada otot dan juga dapat meningkatkan hormon stress (hormon kortisol) dalam tubuh. Sehingga untuk mencegah hal ini terjadi, kamu harus pintar-pintar dalam mencari waktu yang tepat untuk berolahraga saat bulan puasa. Sebenarnya yang dapat menentukan waktu paling tepat untuk melakukan olahraga saat puasa tergantung pada diri sendiri. Indikasinya dapat kamu ukur, selama tidak merasa lemas dan pusing setelah melakukan olahraga saat puasa maka ini tidak menjadi masalah.

Cek juga beberapa product menarik seputaran perlengkapan olahraga.

Products

Setelah sahur

article image

Source image : pesanlab

Waktu terbaik selanjutnya ialah setelah makan sahur. Pada momen ini kamu juga bisa loh melakukan olahraga. Tubuh yang telah menerima energi dari makanan yang dikonsumsi saat sahur, membuat kamu bisa melakukan olahraga yang diinginkan. Namun kamu juga tidak dapat sembarangan melakukan olahraga, sebaiknya olahraga yang dilakukan setelah sahur merupakan olahraga dengan intensitas yang ringan.

Olahraga dengan intensitas ringan ini seperti berjalan santai keliling komplek, lari pagi, bersepeda, senam ringan dan masih banyak lagi. Olahraga setelah sahur memang sangat baik untuk dilakukan agar dapat menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa. Namun perlu diingat ya jika kamu juga harus menyediakan energi untuk melakukan aktivitas selanjutnya sampai waktu buka puasa, sehingga jangan melakukan olahraga berlebihan pada waktu ini. Hal ini akan bisa menyebabkan tubuh lemas dan tidak kuat saat berpuasa dan menjalankan aktifitas lainnya.

Berolahraga memang sangat penting untuk tubuh kita, tetapi banyak hal juga yang harus diperhatikan ketika hendak berolahraga saat dalam kondisi berpuasa. Bisa jadi kamu akan lebih sehat dan bugar jika waktu yang kamu lakukan untuk berolahraga itu tepat. Namun bisa jadi juga akan menjadi fatal yang mengakibatkan lemas, pusing dan gejala sakit lainnya ketika melakukan olahraga tanpa memperhatikan jenis olehraga dan waktu yang tepat untuk melakukannya. So, lakukan secara baik dan benar ya!

Oh ya, jangan lupa selalu cek website Gotomalls.com. Disini kamu bisa temukan ratusan info promo dari berbagai brand dan mall serta kupon-kupon diskon dan juga artikel-artikel yang menarik untuk dibaca.

Articles

Brands

Malls

Products