Pilihan Olahraga yang Efektif untuk Mengecilkan Perut

Perut buncit sering menjadi masalah untuk penampilan. Apakah kamu termasuk salah satu orang yang mudah buncit? Hal yang lebih menjengkelkan adalah kondisi di mana kita gampang buncit tetapi perlu usaha yang tidak mudah untuk mengecilkannya.

Salah satu cara yang harus dilakukan untuk mengecilkan perut adalah dengan berolahraga. Olahraga secara teratur minimal tiga kali dalam seminggu selama kurang lebih 30 menit dapat mengurangi risiko penumpukan lemak di bagian perut. Namun terkadang seseorang keliru memilih olahraga yang tepat sehingga semakin sulit untuk mengecilkan perut. Lalu olahraga apa saja yang efektif? Mari simak pilihan olahraga untuk mengecilkan perut berikut ini.

Jogging

article image

Image source: hellosehat.com

Jogging adalah olahraga untuk mengecilkan perut yang paling mudah dilakukan. Kamu tidak memerlukan alat apa pun. Kamu bisa melakukannya dengan keliling di sekitar rumah.

Manfaat yang kamu dapat jika melakukan jogging selama 30 menit adalah dapat membakar 500-900 kalori. Sebagai permulaan coba deh bangun lebih pagi, lalu lakukan jogging sebelum memulai aktivitas lain. Selain dapat membakar kalori, badan kamu pun menjadi lebih segar.

Berenang

article image

Image source: halodoc.com

Berenang juga dapat menjadi pilihan olahraga untuk mengecilkan perut lho! Kalau kamu tidak terlalu suka jogging, berenang bisa menjadi alternatif lain. Berenang dapat mengecilkan perut tanpa memberi beban pada titik tumpu tertentu pada tubuh.

Nah, karena tidak membebankan tubuh olahraga ini cocok untuk kamu yang mengalami kelebihan berat badan untuk dapat berolahraga dengan nyaman. Bahkan tidak hanya akan berpengaruh pada perut, dengan berenang banyak sekali anggota tubuh yang bekerja. Hasilnya lengan dan paha kamu pun bisa menjadi lebih kencang.

Senam Aerobik

article image

Image source: splashgosport.co.id

Senam aerobik dapat membakar kalori secara bertahap jika kamu melakukannya dengan konsisten. Ketika melakukan senam aerobik, kamu akan memulainya dari pemanasan, gerakan inti dan pendinginan. Gerakan-gerakan tersebut membantu tubuh kamu untuk mencakup oksigen yang dipakai untuk membakar lemak.

Saat ini ada banyak video senam aerobik yang bisa kamu ikuti di Youtube. Kamu tidak harus pergi ke gym untuk melakukannya, cukup lakukan di rumah secara rutin. Kamu juga bisa mengajak kakak atau adik kamu untuk senam aerobik agar lebih seru.

Zumba

article image

Image source: idntimes.com

Kalau kamu bosan dengan senam aerobik, kamu bisa mencoba senam zumba sebagai pilihan olahraga untuk mengecilkan perut. Gerakan zumba yang lebih variatif dan fun efektif membakar sekitar 1000 kalori dalam satu jam lho!
Iringan musik zumba juga umumnya tipe musik yang akan membuat kamu bersemangat dan terpacu untuk bergerak. Dengan begitu setiap gerakan yang kamu lakukan akan terasa menyenangkan, apalagi kalau dilakukan bersama teman-teman.

Bersepeda

article image

Image source: lifestyle.okezone.com

Olahraga untuk mengecilkan perut berikutnya adalah bersepeda. Kalau kamu konsisten melakukannya selama 30 menit, aktivitas bersepeda dapat membakar sekitar 300 kalori. Bahkan tidak hanya bisa menghilangkan perut buncit, jenis olahraga ini juga dapat melatih otot paha dan tungkai kaki menjadi lebih kuat.

Kamu bisa bersepeda di pagi hari sambil menghirup udara segar. Lakukan saja dengan santai tetapi tetap konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Olahraga yang Menggunakan Raket

article image

Image source: tokolahraga.com

Olahraga yang menggunakan raket juga bisa menjadi alternatif olahraga untuk mengecilkan perut lho! Semua jenis olahraga yang menggunakan raket seperti tenis, bulu tangkis atau pingpong membuat kamu menggerakkan tangan lebih banyak. Nah ketika menggerakkan tangan untuk memukul bola dengan raket, kamu membutuhkan kekuatan core sehingga membuat otot perut kamu lebih terlatih.

Gerakan tangan yang intensif tersebut pun dapat mengencangkan perut kamu. Pilihan olahraga ini juga tidak membosankan karena kamu bisa bermain dengan teman kamu. Olahraga ini bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan tak jarang sampai bikin lupa waktu.

Gerakan yang Membentuk Otot Perut

article image

Image source: faktualnews.co

Olahraga untuk mengecilkan perut berikutnya adalah gerakan-gerakan yang bertujuan untuk membentuk otot perut. Kalau kamu menginginkan tipe olahraga yang intens, kamu bisa mencoba gerakan olahraga tersebut. Namun kamu harus menjaga konsistensi agar hasilnya maksimal.

Gerakan yang membentuk otot perut yang bisa kamu lakukan antara lain adalah side plank, swing kettle pose,
lying leg raise
dan sit up.

Cek jua artikel rekomendasi lainnya di bawah ini:

Articles

Side Plank

article image

Image source: popsugar.com

Berbeda dengan plank biasa, side plank menantang kamu untuk menopang berat badan pada dua titik, yakni kaki dan siku. Gerakan ini dapat membuat otot tubuh bekerja lebih keras, terutama bagian perut.

Swing Kettle Pose

article image

Image source: oxygenmag.com

Olahraga untuk mengecilkan perut yang satu ini memerlukan kettle bell. Caranya adalah mengayunkan kettle bell dengan berat tertentu. Gerakan ini mampu membakar cukup banyak kalori, membentuk perut sixpack dan membakar lemak di bagian pinggul, perut dan paha depan.

Posisikan badan kamu dengan kedua kaki terbuka sedikit lebih lebar dari bahu, lalu tekuk pinggul, angkat dan pegang kettle bell dari atas ke bawah, kemudian ayunkan kembali ke atas.

Lying Leg Raise

article image

Image source: womenshealthmag.com

Gerakan ini dapat kamu lakukan dengan berbaring di atas matras. Walaupun dilakukan tanpa alat, gerakan ini termasuk salah satu latihan yang menantang lho!

Kamu harus menaikkan kedua kaki lurus hingga membentuk sudut 90 derajat, kemudian turunkan kedua kaki secara perlahan lalu naik kembali. Usahakan jangan menekuk kaki dan lakukan sebanyak tiga set dengan 10 kali gerakan setiap setnya.

Sit Up

article image

Image source: intisari.grid.id

Sit up merupakan salah satu latihan untuk mengecilkan perut dengan gerakan sederhana tetapi ampuh asalkan dilakukan secara rutin. Langkah pertama kamu harus berbaring dengan menekuk kaki dan telapak kaki menapak di lantai. Lalu angkat bahu semampunya dengan menggunakan otot perut sampai agak ke atas.


Itulah beberapa pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan perut. Sebagai permulaan kamu bisa mencoba olahraga yang paling mudah dan lakukan secara konsisten. Ikuti terus perkembangan informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com!

Malls

featured image source: hola.com