Rekomendasi Oleh-Oleh Bali yang Hits Untuk Dibawa Pulang

Pulau Bali dengan segala keindahan alamnya selalu menjadi pilihan sempurna untuk menikmati masa liburan. Beragam aktivitas wisata menyenangkan yang mungkin dilakukan bisa kita temukan di sini. Apalagi untuk berburu oleh-oleh Bali yang hits, pelancong tidak akan pernah kehabisan pilihan!

Kedekatan masyarakat Bali dengan budaya dan tradisi direfleksikan melalui karya seni, yang lambat laun menjadi salah satu komoditas paling menjanjikan. Berbagai produk rumahan seperti souvenir hingga produk kuliner kerap diburu wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh.

Kalau kamu sudah pernah berkunjung ke Bali sebelumnya, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan oleh-oleh khas Bali seperti Pie Susu, Kacang Kapri, Kaos Barong, atau mungkin produk-produk merchandise Joger. Tapi jika kamu bosan dengan pilihan yang itu-itu saja, berikut Gotomalls bagikan rekomendasi oleh oleh Bali yang hits!

Sling Bag Rotan Bali

article image

Image source: airfrov.com

Bentuknya yang simpel dan unik membuat tas rotan khas Bali menjadi oleh-oleh favorit anak muda. Sling bag ini memiliki banyak variasi warna dan motif yang bisa kita pilih. Produk ini bisa ditemukan di berbagai pasar seni dan pusat perbelanjaan seperti Pasar Sukawati, The Keranjang Bali, dan masih banyak lagi.

Kopi Kintamani

article image

Image source: kintamani.id

Belakangan ini minuman kopi sempat menjadi tren kuliner
yang banyak diburu kaum milenial. Untuk penggemar kopi, jangan lewatkan produk lokal yang satu ini! Kopi Kintamani dibuat dari biji kopi Arabika terbaik yang memiliki cita rasa lembut dengan aroma buah-buahan. Sesuai dengan namanya, produk ini berasal dari Kintamani, Bangli.

Kerajinan Perak Desa Celuk

article image

Image source: ksmtour.com

Kota Gede di Yogyakarta bukanlah satu-satunya sentra kerajinan perak yang terkenal dengan pola-pola uniknya. Di Bali, tepatnya di Kabupaten Gianyar, terdapat desa penghasil kerajinan perak yang tak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Desa Celuk. Kerajinan perak di sini meliputi perhiasan, pajangan, miniatur aneka bentuk, hingga aksesoris. Desa Celuk adalah destinasi sempurna untuk mencari oleh-oleh perhiasan khas Bali!

Lukisan Daun Lontar

article image

Image source: twitter.com/balebengong

Pada suatu masa, daun lontar pernah menjadi alat tulis penting yang digunakan sebagai media dokumentasi oleh peradaban kuno di Bali. Tapi sekarang, daun lontar lebih banyak dimanfaatkan sebagai media lukis dan produk kerajinan tradisional. Berbagai motif tribal dan figur-figur mitologi sering dijadikan objek lukisan oleh para pengrajin daun lontar. Selain itu, kita juga bisa memesan lukisan dengan motif atau gambar sesuai selera.

Juruh Lontar

article image

Image source: picuki.com

Oleh-oleh Bali yang satu ini juga masih berasal dari tumbuhan lontar. Bedanya, Juruh Lontar diolah dari buah menjadi gula/sirop tradisional. Tekstur dan rasa Juruh Lontar kerap disamakan dengan maple syrup, tapi rasa manisnya justru lebih alami dan menyegarkan. Juruh Lontar biasa dijual per kilogram dengan kisaran harga termurah mulai dari Rp15.000 atau lebih tergantung kualitas.

Baca juga artikel tentang Bali lainnya di bawah ini:

Articles

Kain Tenun Endek

article image

Image source: kintamani.id

Dari sekian banyak produk kerajinan kain khas Bali, kain tenun Endek termasuk salah satu yang paling istimewa. Motifnya pun cukup beragam, mulai dari motif tribal, ethnic, hingga motif-motif sakral. Produksi Kain Endek selalu mengalami peningkatan, karena produk ini semakin banyak diminati. Kalau kamu ingin membeli oleh-oleh Bali yang spesial, kain tenun Endek adalah pilihan tepat.

Arak Bali

article image

Image source: magzter.com

Arak Bali adalah salah satu produk lokal kebanggaan masyarakat Bali yang selalu diburu sebagai oleh-oleh tradisional. Arak Bali bisa ditemukan hampir di seluruh pelosok Bali, tapi kamu perlu berhati-hati ketika membelinya karena tidak sedikit Arak Bali palsu/campuran yang bertebaran. Belilah di toko-toko resmi dan terpercaya agar tidak salah pilih.

Loloh Cemcem

article image

Image source: pinterest.com

Loloh adalah jamu tradisional Bali yang berkhasiat untuk menjaga kebugaran tubuh. Loloh biasanya dibuat dari bahan dasar kunyit atau temu lawak, tapi di Desa Penglipuran, Bangli, loloh yang dijual berbahan dasar daun kecemcem. Rasa Loloh Cemcem ini cukup unik dan berbeda dengan jamu pada umumnya, dengan campuran rasa asam, manis, pedas, asin, dan sedikit kecut.

Ubud Raw Chocolate

article image

Image source: motionfitnessbali.com

Suka coklat? Jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh Bali yang hits ini! Olahan coklat unik di Ubud Raw Chocolate Factory memiliki berbagai varian rasa dengan bahan-bahan lokal. Ada tiga pilihan coklat utama, yaitu Mint & Goji Berry, Raisin Cashew, dan Pure & Raw. Coklat di sini dibuat menggunakan biji kakao dan kelapa terbaik sehingga terjamin kualitasnya.

Brem Bali Dewi Sri

article image

Image source: tokopedia.com

Masyarakat Bali telah mengenal cara pembuatan brem sejak lama. Minuman tradisional ini kerap disamakan dengan Arak Bali, tapi Brem Bali memiliki kadar alkohol dan bahan dasar yang lebih bervariasi, seperti Brem Bali Dewi Sri yang sudah tersohor sejak tahun 1930. Minuman ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh, apalagi tampilannya tampak unik dan terkesan ethnic!


Bagaimana? Sekarang kamu tinggal pilih oleh-oleh Bali yang hits untuk dibawa pulang. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, ikuti terus perkembangan update artikel terbaru hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: travelingyuk.com