10 Pilihan Oleh-Oleh Khas Bali Paling Laris dan Populer

Berlibur di Bali rasanya tidak lengkap bila tidak membeli oleh-oleh khas Bali. Setelah puas menikmati keindahan alam dan berbagai seni budaya di Bali, kamu tentu harus membeli buah tangan untuk keluarga di rumah.

Bali memiliki banyak pilihan untuk oleh-oleh, baik itu berupa kuliner khas, pakaian hingga kerajinan. Nah, di antara banyaknya makanan dan barang yang bisa dijadikan oleh-oleh, Gotomalls merekomendasikan beberapa oleh-oleh khas Bali berikut ini yang paling laris dan populer.

Pie Susu

article image

Image source: kintamani.id

Kamu tidak boleh melewatkan camilan ini saat kembali dari berlibur di Bali. Pie susu merupakan salah satu oleh-oleh khas Bali yang paling dicari wisatawan. Penganan berbentuk bulat ini dapat kamu jumpai di pusat oleh-oleh khas Bali dan tersedia dalam berbagai merek dan varian rasa.

Cita rasa yang gurih pada pinggiran pie dan manis di bagian tengahnya menjadi alasan mengapa kue ini menjadi favorit banyak orang. Di antara merek pie susu yang populer, kamu bisa mencoba Pie Susu Dhian dan Pie Susu Asli Enaaak. Ada varian rasa original, cokelat, keju, cokelat keju, stroberi dan bluberi.

Pia Legong

article image

Image source: tokopedia.com

Oleh-oleh khas Bali berikutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Pia Legong. Penganan ini banyak dicari wisatawan lokal maupun internasional dan dipastikan kamu akan menemukan antrean panjang saat memburu kue ini.

Pia Legong diburu karena terkenal berkualitas dan cita rasa yang nikmat. Pia Legong sering disebut sebagai pia limited karena pemilik toko hanya membuat pia yang dijual hari itu. Jadi kamu bisa saja kehabisan pia ini setelah mengantre panjang.

Namun tidak usah khawatir. Kamu bisa memesan Pia Legong jauh-jauh hari melalui telepon maupun email dan mengambil pesanan di toko yang berlokasi di Jalan By Pass Ngurah Rai, Kuta. Disarankan untuk memesan paling tidak 3 minggu sebelumnya.

Kacang Disco Bali

article image

Image source: blog.airyrooms.com

Kacang Disco merupakan oleh-oleh khas Bali berikutnya yang wajib kamu bawa pulang. Kacang dengan nama unik ini dibuat dari kacang tanah yang dibalut dengan adonan tepung dan bumbu, kemudian digoreng kering. Camilan ini pun tahan lama dan memiliki berbagai varian rasa yang menggoyang lidah.

Kamu bisa memilih varian rasa pedas, keju, pedas manis, ayam betutu hingga rasa rendang. Kacang disco cocok banget dijadikan camilan saat santai sore dan waktu kumpul bareng teman-teman.

Kacang Asin Rahayu

article image

Image source: bukalapak.com

Nah, yang satu ini merupakan oleh-oleh khas Bali yang cukup legendaris. Camilan ini cocok untuk kamu yang tidak suka ribet karena kacang asin Rahayu dikemas dengan sangat praktis dan steril. Kamu juga bisa menyantap kacang asin ini tanpa perlu mengupas kulitnya lebih dulu.

Kamu bisa membeli kacang asin Rahayu dalam kemasan kotak, sachet ataupun toples. Kamu bisa datang ke Kios Kacang Rahayu di Jalan Gatot Subroto Tengah No. 59 C Denpasar, atau di Jalan Raya Tuban 58 B yang lebih dekat dengan Bandara Internasional Ngurah Rai.

Udeng

article image

Image source: yukepo.com

Selain makanan, kamu juga bisa membeli oleh-oleh udeng khas Bali untuk keluarga atau teman cowok. Udeng atau ikat kepala umumnya dipakai oleh pria Bali saat sembahyang ke pura atau mengadakan acara adat. Udeng putih dipakai untuk sembahyang, sedangkan udeng batik dipakai untuk acara adat.

Jenis udeng untuk oleh-oleh sendiri telah tersedia dalam berbagai pilihan model, motif dan warna yang bisa dipilih. Oleh-oleh khas Bali ini termasuk yang paling sering diburu dan dipakai wisatawan pria saat jalan-jalan. Kamu bisa membeli udeng di pasar seni atau pasar tradisional maupun pusat oleh-oleh khas Bali.

Kain Pantai

article image

Image source: bukalapak.com

Selain udeng, tidak ketinggalan pula kain pantai yang juga menjadi favorit wisatawan. Kalau kamu hobi main ke pantai, oleh-oleh khas Bali ini wajib banget kamu beli. Kain pantai ini juga cocok digunakan sehari-hari di rumah karena bahan yang nyaman.

Kamu akan tergoda dengan warna-warna cerah dan motif bunga-bunga yang menarik. Kain pantai ini pun bisa kamu berikan untuk teman kamu yang suka traveling karena bisa dijadikan selimut.

Kaus Barong

article image

Image source: idntimes.com

Kaus barong merupakan oleh-oleh khas Bali yang legendaris dan sudah populer sejak dulu. Para wisatawan terutama yang baru pertama kali datang ke Bali pasti tidak melewatkan kaus unik bergambar barong ini.

Kaus barong dapat jumpai di pusat oleh-oleh khas Bali dengan berbagai pilihan model dan warna. Kamu juga bisa berburu kaus borong di pasar seni atau pasar tradisional supaya bisa melakukan tawar-menawar, apalagi jika kamu membeli dalam jumlah besar. Kaus ini sangat nyaman dipakai dan cocok dijadikan oleh-oleh.

Gelang Handmade

article image

Image source: tempatwisatadibali.info

Bali terkenal dengan barang-barang kerajinan yang khas, salah satunya adalah gelang handmade yang cocok dijadikan oleh-oleh. Ada banyak pilihan model gelang handmade yang bisa kamu beli. Kamu bisa menjumpai gelang handmade ini di pasar tradisional maupun pusat oleh-oleh khas Bali.

Salah satu pilihan gelang handmade yang populer adalah gelang tridatu yang berwarna merah, hitam dan putih sebagai simbol Trimurti. Selain itu, ada pula gelang rasta dan gelang manik-manik.

Kerajinan Topeng Ukir Bali

article image

Image source: metrobali.com

Selain gelang handmade, kamu juga wajib memburu topeng ukir khas Bali ini. Kesenian topeng khas Bali ini populer di kalangan wisatawan mancanegara lho! Mereka tertarik dengan gaya ukir khas Bali yang memiliki daya tarik tersendiri, tidak heran bila pengrajin topeng ukir Bali sudah mengekspor produksinya ke mancanegara.

Topeng ukir ini bisa kamu jadikan pajangan di rumah. Kamu bisa memilih topeng dengan ekspresi seram dengan mata membelalak dan bertaring ataupun dengan ekspresi tersenyum seperti topeng gadis Bali.

Joger

article image

Image source: kintamani.id

Kalau kamu ingin oleh-oleh khas Bali yang kekinian, kamu
bisa datang ke outlet Joger yang dikenal dengan sebutan pabrik kata-kata ini. Kamu akan menemukan berbagai kata-kata menarik yang tertulis di kaus, sandal, tas dan souvenir lainnya yang dijual di sini.

Joger tidak hanya populer di kalangan wisatawan domestik, tetapi juga mancanegara. Selain terkenal dengan kata-kata yang menarik, Joger juga dikenal karena model yang unik dan nyaman dipakai. Kamu bisa datang ke outlet Joger di Jalan Raya Kuta, tidak jauh dari bandara.


Itulah 10 pilihan oleh-oleh khas Bali yang paling laris dan populer. Jangan lupa untuk membeli makanan dan kerajinan khas Bali tadi sebagai buah tangan untuk keluarga dan teman-teman ya! Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, ikuti terus perkembangan update artikel terbaru hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Artikel

Mall

featured image source: idntimes.com