8 Oleh-Oleh Khas Semarang Wajib Kamu Bawa Pulang

Semarang merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki kekayaan kuliner khas. Kuliner khas Semarang memiliki cita rasa yang merupakan kombinasi antara kebudayaan Jawa, Tionghoa dan Eropa. Penganan khas Semarang pun sering menjadi pilihan oleh-oleh yang ingin dibawa pulang wisatawan.

Jika kamu sedang mengunjungi kota Semarang, kamu bisa membeli oleh-oleh khas Semarang yang Gotomalls rekomendasikan berikut ini. Daripada penasaran, yuk simak oleh-oleh khas Semarang yang wajib kamu bawa pulang.

Lumpia Semarang

article image

Image source: kagamatp.com

Oleh-oleh khas Semarang pertama yang wajib kamu coba dan bawa pulang adalah lumpia. Penganan ini sudah menjadi ikon wisata kuliner Semarang. Jadi kalau kamu kebetulan sedang berada di Semarang, wajib banget coba makanan ini.

Isian lumpia Semarang umumnya campuran bambu muda (rebung) yang renyah, ayam atau udang segar dan telur yang kemudian dibungkus dengan kulit lumpia. Rasanya yang manis sekaligus gurih akan membuat kamu ketagihan. Kamu dapat menjumpai camilan khas ini di berbagai sudut
kota Semarang.

Salah satu lumpia Semarang yang terkenal adalah Lumpia Mataram yang berada di Jalan Mataram dan Jalan Kedungmundu Raya No. 16 Semarang. Jangan sampai lupa beli untuk oleh-oleh ya!

Bandeng Presto Juwana

article image

Image source: bukalapak.com

Ada banyak daerah yang memiliki bandeng presto yang khas. Namun kamu harus coba bandeng presto khas Semarang, salah satunya adalah Bandeng Presto Juwana. Penganan ini termasuk makanan tahan lama dan cocok dijadikan oleh-oleh khas dari Semarang.

Ikan bandeng presto khas Semarang dibumbui dengan kunyit, bawang putih dan garam. Ikan yang sudah dibumbui kemudian diberi alas daun pisang dan dimasak dengan cara di presto hingga duri-duri ikan menjadi lunak. Kamu bisa menjumpai makanan lezat ini di pusat oleh-oleh khas Semarang di Jalan Pandanaran.

Olahan ikan bandeng yang tersedia juga macam-macam lho! Kamu bisa mencoba bandeng asap, bandeng duri lunak dan otak-otak banteng.

Wingko Babat

article image

Image source: mojok.co

Wingko sebenarnya berasal dari Lamongan, Jawa Timur. Namun penganan ini sudah menjadi salah satu oleh-oleh khas Semarang yang terkenal. Kue dengan cita rasa yang gurih ini terbuat dari bahan kelapa dan gula.

Di Semarang kamu bisa menjumpai banyak penjual wingko dengan aneka merek dan rasa. Kamu bisa membeli wingko di pusat oleh-oleh khas Semarang di Jalan Pandanaran. Salah satu merek wingko favorit adalah Wingko Babat Dyriana yang menawarkan 20 wingko dalam satu besek. Wingko Babat Dyriana menyediakan varian rasa kelapa, cokelat, nangka, pisang hingga durian.

Kamu juga bisa memburu Wingko Babat Cap Kereta Api yang populer yang berada di Jalan Cendrawasih 14 Semarang. Wingko ini dikenalkan oleh Nyonya Mulyono yang berasal dari Babat dan menetap di Semarang.

Mochi Wijen

article image

Image source: blanja.com

Kue mochi atau moachi wijen merupakan salah satu oleh-oleh khas Semarang hasil akulturasi budaya Tionghoa. Penganan ini terbuat dari adonan tepung ketan dengan isian kacang cincang dan gula. Kamu pasti mengenal camilan berbentuk bulat dengan tekstur kenyal ini.

Kue mochi khas Semarang diberi taburan wijen yang menggugah selera. Salah satu kue mochi atau moachi yang populer di Semarang adalah moachi Gemini. Kue moachi Gemini dibuat tanpa bahan pengawet dan tahan hingga seminggu.

Kamu bisa memilih varian rasa original atau durian. Cocok banget deh dijadikan buah tangan.

Tahu Bakso

article image

Image source: cookpad.com

Oleh-oleh khas Semarang yang satu ini juga wajib banget kamu coba dan bawa pulang. Penganan ini cocok banget disantap saat santai sore sambil minum teh. Rasanya yang gurih akan bikin kamu ketagihan, apalagi jika disantap hangat-hangat dengan cabai rawit.

Kalau kamu ingin mencicipi tahu bakso khas Semarang, kamu bisa coba tahu bakso Bu Pudji yang populer. Bu Pudji merupakan warga Ungaran yang sudah memulai usaha tahu bakso sejak 1995. Kamu bisa membeli oleh-oleh khas Semarang ini di Jalan Pandanaran.

Roti Ganjel Rel

article image

Image source: oleholehsemarang.id

Nah, oleh-oleh khas Semarang yang satu ini merupakan makanan legendaris. Roti dengan nama unik ini berbentuk gelondongan padat dan tekstur agak alot. Nama asli kue ini sebenarnya adalah roti gambang karena memiliki bentuk yang mirip dengan alat musik gambang.

Kue ini kemudian dinama roti 'ganjel rel' karena dianggap memiliki bentuk mirip bantalan rel kereta api yang panjang dan tebal. Roti berwarna cokelat ini diberi taburan wijen dan memiliki cita rasa kayu manis yang khas. Jika kamu penasaran dengan kue jadul ini, kamu harus datang ke Pasar Johar di Jalan K.H. Agus Salim atau Waroeng Semawis dan dapatkan "Koewih Tempo Doeloe Gandjelrel".

Brillian Super Cake

article image

Image source: adirafinance.com

Semarang tidak hanya punya roti ganjel rel, tetapi juga ada Brillian Super Cake. Kue ini banyak diburu wisatawan dan dijadikan oleh-oleh khas Semarang. Kamu dapat menjumpai kue ini di Istana Brillian yang berada di Jalan Simpang Lima, Semarang.

Brillian Super Cake dibuat dengan bahan-bahan pilihan menggunakan resep kuno yang masih asli. Kue ini dijual dengan berbagai varian rasa seperti cokelat, kismis, keju dan almond. Kue ini juga tahan berhari-hari lho sehingga cocok banget untuk dijadikan buah tangan!

Semarang Wingko Roll

article image

Image source: tribunnews.com

Oleh-oleh khas Semarang berikutnya adalah Semarang Wingko Roll yang dikembangkan oleh Dewi Sandra. Ia memodifikasi wingko babat dengan bentuk yang lebih modern, yakni wingko roll. Penganan ini terdiri dari roti lapis legit yang dipadukan dengan adonan wingko babat dengan berbagai varian rasa.

Kamu bisa mencoba varian keju, peanut nougat, cornflakes dan hazelnut crispy. Penasaran? Kamu bisa datang ke Jalan Kawi No. 3 Semarang dan rasakan kelezatannya.


Itu dia oleh-oleh khas Semarang yang wajib banget kamu coba dan bawa pulang. Jangan sampai kelewatan berbagai penganan lezat dan gurih di Semarang. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, ikuti terus perkembangan update artikel terbaru hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: semarangwingkorolls.net