Oleh Oleh Khas Solo

Kota Solo tidak hanya terkenal sebagai kota yang nyaman dan buat betah untuk tinggal lama-lama. Bagi wisatawan yang berkunjung ke Solo, oleh oleh khas Solo bisa jadi sesuatu yang unik dan berkesan untuk dibawa pulang.

Kota ini sudah sejak lama menyimpan berbagai daya tarik yang selalu membuat orang-orang pingin balik lagi. Tak heran Kota Solo disebut-sebut sebagai kota paling nyaman di Indonesia.

Buat kamu yang sedang mencari oleh oleh khas Solo yang menarik, yuk, simak baik-baik ulasan Gotomalls berikut ini!

1. Serabi Notosuman

article image

Image source: Takaitu.id

Serabi Notosuman adalah jajanan kuliner legendaris dari Solo yang sudah eksis sejak tahun 1920an. Cita rasa manisnya sangat khas berkat metode pengolahan yang masih konsisten dengan cara tradisional. Oleh oleh khas Solo ini sebaiknya tidak kamu lewatkan!.

2. Serbat Jahe Solo

article image

Image source: Shopee

Oleh-oleh berikutnya yang cocok untuk dibawa pulang adalah serbat Jahe khas Solo. Olahan minuman tradisional ini terbuat dari kombinasi jahe dengan berbagai macam rempah-rempah lainnya. Serbat jahe sudah banyak tersedia dalam kemasan tablet seduh yang praktis untuk dimasukkan kantong.

3. Brem Solo

article image

Image source: Bukalapak

Brem Solo adalah produk oleh-oleh yang sudah sangat populer. Hampir di setiap kios yang menjajakan oleh-oleh kuliner khas Solo menyediakan camilan ini. Brem ini dibuat melalui proses peragian air tape. Rasa yang dihasilkan cukup unik dengan perpaduan sensasi segar yang lumer di mulut.

4. Ampyang

article image

Image source: Blibli

Ampyang juga tak kalah populer dengan oleh-oleh lainnya, bahkan, kuliner yang satu ini bisa kita temui hingga ke luar daerah Solo. Ampyang sendiri terbuat dari bahan dasar kacang yang dilapisi adonan gula merah dan jahe. Soal rasa, camilan ini bisa bikin ketagihan!

5. Intip

article image

Image source: Pergiyuk.com

Intip adalah salah satu kudapan tradisional khas Solo yang dibuat dari nasi kering yang sudah dijemur, kemudian ditambahkan karamel dan digoreng dengan minyak panas. Sekilas mungkin akan terlihat mirip seperti rengginang, namun rasanya manis dan lebih gurih.

6. Kue Solo Prabu

article image

Image source: Shopee

Kalau kamu ingin membawa pulang oleh oleh khas Solo yang kekinian, sebaiknya kamu coba kue pastry Solo Prabu. Kue ini tersedia dengan aneka varian rasa unik seperti Yudhistira O'Cheese, Arjuna Blueberry, Bima Greentea, Nakula Chocolate, dan Sadewo Taro. Kue ini cocok dijadikan buah tangan untuk teman dan kerabat dekat.

7. Kue Solo Pluffy

article image

Image source: Hartono Mall Solo

Selain Solo Prabu, pilihan oleh oleh khas Solo kekinian lainnya yang bisa kamu coba adalah kue Solo Pluffy. Kue dengan tekstur lembut ini hadir dengan banyak varian rasa yang akan manjakan lidah, seperti kue cheese, choco cornflake, dan strawberry.

8. Mata Maling

article image

Image source: Tokopedia

Dari namanya saja oleh-oleh yang satu ini sudah bikin penasaran. Mata Maling adalah camilan yang terbuat dari kulit biji melinjo yang dicampur dengan aneka rempah, gula, cabai, lalu digoreng sampai matang. Selain renyah, mata maling menghasilkan kombinasi rasa yang gurih, manis, pedas, dengan sedikit jejak pahit khas buah melinjo.

9. Batik Solo

article image

Image source: Pegipegi.com

Oleh oleh khas Solo tidak melulu harus berupa produk kuliner. Sebagai salah satu daerah penghasil batik terbaik, sudah sepatutnya batik khas Solo kita bawa pulang sebagai oleh-oleh. Kalau kamu tertarik untuk membeli batik solo, kamu bisa datang ke Pasar Klewer, Kampung batik Kauman, atau Kampung batik Laweyan.

10. Teh Oplosan ala Solo

article image

Image source: Bukalapak

Urusan ngeteh sudah menjadi budaya dalam keseharian mayoritas masyarakat Solo. Saking tingginya selera mereka dalam menikmati hidangan teh, warga Solo seringkali mengoplos aneka jenis teh agar mendapatkan karakter rasa yang diinginkan.

Nah, sebagai salah satu ciri khas paling menonjol dari Solo, kamu bisa bawa pulang beberapa teh oplosan populer di Solo. Rekomendasi terbaiknya adalah kombinasi teh cap Nyapu dan Sintren, atau bisa juga dengan teh merek Dandang untuk menambah kepekatan.


Demikianlah 10 oleh oleh khas Solo paling populer yang cocok untuk dibawa pulang. Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, partner terbaikmu untuk belanja di mall sepuasnya!

Malls

Articles

Featured image source: Medium.com