7 Fakta-Fakta Menarik Dari Olimpiade Tokyo 2020, Kamu Wajib Tahu

Penggemar olahraga pasti sudah menantikan Olimpiade Tokyo 2020. Event olahraga terbesar ini akan menjadi Olimpiade musim panas yang diselenggarakan pada 24 Juli hingga 9 Agustus 2020 mendatang. Jepang sebagai tuan rumah tentunya sudah menyiapkan sarana dan prasarana untuk menunjang perhelatan akbar tersebut.

Nah, Gotomalls akan bocorkan beberapa fakta menarik seputar Olimpiade Tokyo 2020. Yuk simak fakta menariknya yang perlu kamu ketahui.

Olimpiade Dengan Teknologi Tinggi

article image

Image source: hayemnews.com

Jepang sudah lama dikenal sebagai negara maju dengan teknologi super canggih yang mereka terapkan untuk kehidupan sehari-hari. Tidak terkecuali untuk Olimpiade. Jepang yang sebelumnya pernah menjadi tuan rumah Olimpiade pada 1964 tentu akan memamerkan kemajuan teknologi yang mereka miliki melalui ajang olahraga ini.

Kabarnya Jepang akan menggunakan tenaga robot, perangkat penerjemah instan, mobil tanpa sopir dan televisi beresolusi tinggi untuk mendukung penyelenggaraan Olimpiade. Kamu pasti sudah tidak sabar menantikan momen penyelenggaraan event olahraga terbesar yang dipadukan dengan teknologi canggih ala Jepang.

Cabang Olahraga Baru

article image

Image source: fightsports.tv

Olimpiade Tokyo 2020 akan menghadirkan lima cabang olahraga baru untuk dipertandingkan. Cabang olahraga tersebut antara lain karate, bisbol dan softball, skateboard, selancar dan sports climbing. Hal tersebut telah diputuskan dalam sidang Komite Olimpiade Internasional di Swiss pada 2 Juli 2016 lalu.

Dengan adanya tambahan cabang olahraga baru tentunya akan menambah keseruan Olimpiade. Apalagi Jepang dikenal menonjol di cabang karate dan bisbol. Tuan rumah tentunya menargetkan banyak medali dari cabang olahraga tersebut.

Cabang skateboard, selancar dan sports climbing atau panjat tebing sendiri dipilih untuk menarik minat anak muda terhadap Olimpiade Tokyo 2020. Wah, semoga Indonesia dapat meraih medali di cabang olahraga tersebut ya!

Proyek Sky Canvas

article image

Image source: earthsky.org

Kita sudah sama-sama tahu bahwa Jepang terkenal dengan teknologi canggih dan negara tersebut pasti sudah menyiapkan sesuatu yang spektakuler. Namun pernahkah terbayang oleh kamu kalau Jepang akan membuat hujan meteor buatan untuk pembukaan Olimpiade Tokyo 2020?

Terobosan unik ini diberi nama Sky Canvas oleh perusahaan Star-ALE. Bikin penasaran banget ya, seperti apa jadinya hujan meteor buatan ini? Bagi Jepang, menggunakan kembang api untuk pembukaan Olimpiade mungkin sudah ketinggalan zaman sehingga mereka membuat Sky Canvas. Jadi makin tidak sabar!

Venue yang Tersebar

article image

Image source: medium.com

Penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 akan dihelat di beberapa lokasi. Venue akan tersebar hingga keluar kota Tokyo untuk memangkas anggaran. Beberapa cabang olahraga seperti balap sepeda, basket dan taekwondo akan diadakan di luar kota karena dinilai lebih murah dibanding membangun venue baru di pusat kota Tokyo.

Kamu yang berencana ingin menonton langsung Olimpiade Tokyo 2020 tidak usah khawatir dengan penyebaran venue ini. Jepang memiliki moda transportasi publik yang sangat komplit seperti kereta bawah tanah dan bus yang terintegrasi satu sama lain. Kamu hanya perlu memahami rute transportasi publik tersebut supaya tidak menyasar!

Medali dari Limbah Elektronik

article image

Image source: straitstimes.com

Salah satu bagian penting dari penyelenggaraan event olahraga adalah medali yang dikalungkan untuk para juara. Ada lagi nih, hal unik dari penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020. Kabarnya, pihak penyelenggara akan membuat medali dari barang elektronik bekas.

Wow, hal tersebut mendapat respons positif dari para atlet nasional maupun internasional. Jepang memang dikenal sebagai negara dengan limbah elektronik terbesar. Merupakan sesuatu yang lumrah di Jepang jika kamu melihat televisi, komputer, ponsel dan barang elektronik
lainnya di tempat sampah.

Lebih dari 5 juta ponsel bekas dari toko NTT Docomo turut berpartisipasi dalam program ini. Lagi-lagi Jepang bikin penasaran, kira-kira seperti apa ya desain medali Olimpiade ini nanti?

Venue Utama Tokyo National Stadium

article image

Image source: orissapost.com

Tahukah kamu, sebenarnya sayembara desain Tokyo National Stadium untuk venue utama Olimpiade Tokyo 2020 pada awalnya dimenangkan oleh almarhum Zaha Hadid, arsitek wanita berkebangsaan Inggris-Irak? Pada Juli 2015, Perdana Menteri Shinzo Abe menolak desain Zaha Hadid dengan alasan over budget. Padahal menurut Richard Rogers, rekan sesama arsitek, rancangan Zaha Hadid yang futuristik sangat cocok dengan image negara Jepang.

Komite Olahraga Jepang mengemukakan rancangan Zaha Hadid akan menghabiskan dana hingga empat kali lipat dari anggaran yang dialokasikan yang 'hanya' sebesar 155 milyar yen. Sementara itu, Zaha Hadid sendiri merasa Komite Olahraga Jepang terkesan hipokrit dengan menolak arsitek asing menangani pembangunan stadion tersebut. Hal ini sempat menjadi kontroversi dan kadang masih dibicarakan publik.

Akhirnya Kengo Kuma ditunjuk secara resmi menjadi arsitek Tokyo National Stadium dengan mengalahkan desain rancangan Toyo Ito. Apa pun keputusannya dan siapa pun yang merancang, kita percaya hasilnya juga tidak akan kalah keren ya!

Maskot Olimpiade

article image

Image source: liputan6.com

Setiap ajang olahraga pasti mempunyai maskot yang akan meramaikan acara selama penyelenggaraan berlangsung. Nah, pihak penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 telah memperkenalkan Miraitowa sebagai maskot Olimpiade dan Someity sebagai maskot paralimpiade.

Nama Miraitowa diambil dari bahasa Jepang 'mirai' dan 'towa' yang berarti masa depan dan keabadian. Miraitowa digambarkan sebagai sosok berwarna biru dan putih. Sedangkan nama Someity diambil dari nama bunga sakura Someiyoshino dan oleh pihak penyelenggara secara pengucapan terdengar seperti 'so mighty' yang berarti sangat kuat.


Itu dia beberapa fakta menarik seputar Olimpiade Tokyo 2020 yang perlu kamu ketahui. Jepang memang selalu punya cara yang lain daripada yang lain untuk menciptakan sesuatu yang spektakuler. Kamu sendiri sudah penasaran kan dengan kejutan-kejutan yang akan muncul di Olimpiade musim panas nanti? Jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan info-info menarik lainnya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: tah-heetch