Pakaian Adat di Indonesia yang Populer di Dunia

Di tengah tren fashion retro yang belakangan ini kembali digandrungi, sejumlah brand lokal berinovasi dengan mengadaptasi model pakaian adat di Indonesia. Produk budaya seperti ini memang sangat potensial untuk dikembangkan sesuai tren yang sarat dengan nuansa nostalgia. Selain urusan tren, busana tradisional Indonesia juga kerap kali mejeng di berbagai pameran fashion internasional dan tak jarang membawa pulang sejumlah penghargaan.

Misalnya saja batik tulis asal Yogyakarta besutan Galeri Jawa Natural Indigo Batik yang sukses meraih penghargaan pada pameran New York Now tahun 2018 silam. Batik tersebut memenangkan penghargaan untuk kategori Best New Product Award Artisan Resource Summer 2018. Prestasi membanggakan seperti ini pastinya ikut mendongkrak level popularitas pakaian adat di Indonesia.

Bicara soal popularitas pakaian adat di Indonesia, Gotomalls telah merangkum 5 pakaian adat yang populer hingga ke mancanegara. Mulai dari batik, kebaya, hingga pakaian resmi yang digunakan untuk menghadiri kegiatan khusus. Yuk, kita simak daftarnya!

Batik

article image

Image source: Okezone.com

Batik adalah warisan budaya Indonesia yang telah diakui secara resmi oleh UNESCO sejak tahun 2009. Setiap provinsi di Indonesia memiliki ragam motif batik yang khas dan unik antara satu sama lain. Batik bukan sekadar produk budaya, di dalamnya terkandung nilai seni dan makna filosofis tinggi yang mencerminkan kehidupan masyarakat di daerah tempatnya berasal.

Popularitas batik sudah tidak diragukan lagi. Beberapa tokoh dunia seperti Bill Gates, Barrack Obama, Nelson Mandela, hingga Presiden Putin pernah terlihat mengenakan busana batik di depan publik. Bahkan, Nelson Mandela sendiri selalu memilih batik sebagai pakaian resminya.

Kebaya

article image

Image source: Hipwee.com

Bersanding dengan batik, kebaya pun enggak kalah populer. Sejak lama, pakaian adat di Indonesia ini selalu digunakan para perempuan Jawa untuk beraktivitas hingga menghadiri acara resmi. Kebaya juga punya beberapa variasi berbeda, terutama soal bahan yang digunakan. Ada yang dibuat dari beludru, sutra, katun, dan nilon.

Kebaya memiliki unsur-unsur pelengkap dalam penggunaannya. Untuk atasan terdiri dari kemben, kain tapih pinjung, dan stagen. Sementara untuk bawahan biasanya menggunakan kain jarik yang dililit di area pinggang. Ada pula aksesoris yang cukup beragam mulai dari cincin, kalung, gelang, dan subang.

Surjan

article image

Image source: Sastra Otonom - WordPress.com

Pakaian adat di Indonesia ini sebenarnya termasuk busana resmi adat Jawa yang khusus digunakan kaum pria di wilayah Yogyakarta saja. Tetapi, nampaknya baju surjan sudah kehilangan “hak eksklusif” tersebut. Sekarang siapa saja bisa menggunakan surjan, bahkan orang asing dari luar Indonesia sekalipun. Ini menjadi bukti bahwa busana adat ini memang populer.

Surjan sendiri terdapat dua jenis utama, yaitu surjan lurik dan surjan ontrokusuma. Surjan lurik memiliki motif garis-garis lurus tanpa variasi. Sedangkan surjan ontrokusuma yang diperuntukkan khusus bagi kaum bangsawan terbuat dari kain sutra dan memiliki motif bunga sebagai hiasan.

Blangkon

article image

Image source: Pusatpengrajin.com

Blangkon sebenarnya tidak termasuk kategori pakaian, melainkan elemen pelengkap pakaian adat Jawa. Kendati begitu, popularitas blangkon yang sudah mendunia layak menjadi pertimbangan dalam daftar ini. Blangkon adalah semacam penutup kepala yang digunakan laki-laki Jawa, khususnya Jawa Tengah.

Sama halnya seperti batik Jawa yang punya nilai filosofis luhur, blangkon juga mengandung makna mendalam. Blangkon melambangkan perlindungan agar terhindar dari marabahaya. Karena kepala adalah tempat seseorang menjalankan proses berpikir dalam menentukan jalan hidupnya, maka kepala harus dilindungi. Blangkon juga punya beberapa jenis berbeda, diantaranya koncir/kliwir, mataraman, sunan, dan senopaten.

Jawi Jangkep

article image

Image source: Luwi Saluadji Purbodiningrat via Pinterest

Diantara sekian banyak pakaian adat resmi di Indonesia, jawi jangkep termasuk yang paling populer. Jawi jangkep adalah busana adat Jawa Tengah yang biasa digunakan kaum laki-laki dalam acara-acara khusus seperti pernikahan atau upacara adat sejenisnya. Jawi jangkep terdiri dari atasan berupa beskap yang dihiasi motif bunga-bunga, sementara bagian bawah menggunakan jarik dengan corak batik.

Busana ini juga biasanya dilengkapi dengan blangkon, keris yang disematkan di bagian pinggang belakang, alas kaki berupa selop, stagen sebagai pengikat jarik agar tidak lepas, dan untaian bunga melati di leher.


Nah, itulah 5 pakaian adat di Indonesia yang populer hingga ke mancanegara. Simak juga informasi seru dan inspiratif lainnya di Gotomalls.com, layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event. di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Articles

featured image source: Fimela.com