7 Penyebab Harga Paket Data Internet Semakin Hari Semakin Mahal

Internet adalah salah satu penemuan terbesar sepanjang sejarah umat manusia, yang justru kemunculannya tidak pernah diprediksi siapa pun. Jejaring yang saling menghubungkan pusat data satu ke pusat data lainnya akhirnya menciptakan tatanan sosial yang sepenuhnya berbeda dari sebelumnya.

Lambat laun, internet menjelma menjadi kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi. Internet juga telah menjadi salah satu komoditas paling menjanjikan, yang kemudian memantik perusahaan-perusahaan telekomunikasi dunia saling berlomba menawarkan layanan internet.

Khususnya di Indonesia, salah satu negara dengan pengguna internet paling aktif di dunia, menjadi arena persaingan ketat antar penyedia layanan telekomunikasi dan internet. Masing-masing provider menawarkan beraneka paket data unggulan dengan kecepatan dan kapasitas yang bervariatif. Dan seiring bertambahnya pengguna internet dari waktu ke waktu, harga paket data internet semakin merangkak naik.

Apa penyebabnya? Apakah semata-mata karena meledaknya jumlah pengguna internet atau mungkin ada faktor lain? Seperti yang telah kami rangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya:

1. Kualitas Layanan

article image

Image source: youworkforthem.com

Paket data internet yang ditawarkan memiliki kualitas yang berbeda-beda. Ada yang menitik beratkan pada kecepatan loading, ukuran data, kekuatan jaringan, atau paket-paket tambahan semisal gratis streaming film, paket telepon, roaming internasional, dan sebagainya.

2. Level Perusahaan

article image

Image source: stockmarketvideo.com

Selayaknya merek-merek fashion atau otomotif kelas dunia yang mempengaruhi harga produknya, level atau peringkat perusahaan telekomunikasi dan internet juga mempengaruhi harga produk yang ditawarkan. Sebagai contoh, Telkomsel, salah satu provider terbesar di Indonesia, paket data internet yang mereka tawarkan lebih mahal dibanding provider lain. Kendati begitu, kualitas layanan mereka diklaim sebagai yang terbaik di Indonesia.

3. Segmen Pasar

article image

Image source: wajakteknologi.blogspot.com

Segmen pasar adalah sekumpulan data analisa yang membagi-bagi jumlah pengguna/konsumen berdasarkan produk yang digunakan. Sebagai contoh, segmen pasar layanan telekomunikasi di Indonesia pada tahun 2016 yang dihimpun databoks menunjukkan Telkomsel sebagai operator dengan pelanggan terbanyak, yaitu sekitar 157.4 juta pengguna, disusul Indosat sebanyak 85 juta pengguna. Semakin banyak jumlah pelanggan, maka semakin tinggi pula harga produk/layanan yang dijual.

4. Jaringan

article image

Image source: new.whatmobile.net

Selanjutnya adalah faktor jaringan atau lisensi spektrum yang ditawarkan provider. Di pasaran, harga paket data internet untuk jaringan 3G jauh lebih murah dibanding jaringan 4G, karena kualitas keduanya juga jauh berbeda. Belum lagi jika jaringan 5G kelak menggantikan 4G, harga paket data internet diyakini akan semakin mahal.

5. Infrastruktur Pemeliharaan Jaringan

article image

Image source: aceh.tribunnews.com

Jaringan kuat dengan penguasaan spektrum frekuensi besar bukan berarti operator yang kamu gunakan bebas sepenuhnya dari gangguan. Dibutuhkan pemeliharaan berkala agar koneksi internet pengguna tetap stabil. Dalam hal ini, provider telekomunikasi perlu membangun infrastruktur pemeliharaan jaringan yang biaya pembangunan dan pengoperasiannya bisa mencapai triliunan rupiah!

6. Pembangunan Tower Seluler

article image

Image source: bambangpurnomohp.blogspot.com

Setiap operator telekomunikasi memiliki tower seluler yang tersebar di berbagai titik area. Tower ini berfungsi sebagai penyalur gelombang radio yang dipancarkan oleh perangkat-perangkat yang digunakan pengguna. Setiap tower memiliki ketinggian yang berbeda-beda, dan semakin tinggi sebuah tower maka kualitas jaringannya pun semakin kuat. Pembangunan tower seluler yang kian bertambah memakan biaya yang sangat mahal.

7. Perawatan Tower Seluler

article image

Image source: antarafoto.com

Sama halnya dengan infrastruktur jaringan, tower seluler juga memerlukan perawatan berkala setiap kurun waktu tertentu demi menjaga kualitas layanan. Proses perawatan tower memerlukan tenaga teknisi ahli dan peralatan-peralatan pendukung. Semua itu tentu memerlukan ongkos yang tidak murah. Belum lagi jika ada bagian-bagian tertentu yang harus diganti.


Untuk mengimbangi laju perkembangan zaman yang kian hari kian tak terbendung, perusahaan-perusahaan telekomunikasi turut meningkatkan kualitas pelayanan mereka. Dan sebagai konsumen, kita berhak mendapatkan kualitas layanan yang setara dengan harga yang harus kita bayar. Ikuti terus perkembangan info-info menarik seputar gaya hidup dan hiburan lainnya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Articles

Malls

featured image source: vox.com