Ketiak Hitam

Seperti halnya bagian tubuh lainnya, kulit ketiak juga dapat menghitam dan berubah warna. Kulit ketiak yang lebih gelap dari kulit lainnya akan membuat sebagian orang tidak percaya diri saat menggunakan baju tanpa lengan, terutama wanita.

Sebenarnya kulit ketiak yang menghitam bisa disebabkan oleh berbagai faktor dan tentu saja itu perlu dilakukan perawatan khusus.

Penyebab Kulit Ketiak Hitam

article image

Image source: parenting.firscry.com

Adapun penyebab warna kulit ketiak berubah menjadi hitam adalah:

  • Iritasi kimia karena deodoran dan antiperspiran
  • Iritasi akibat abrasi yang disebabkan oleh bercukur
  • Penumpukan sel kulit mati karena jarang eksploitasi
  • Gesekan yang disebabkan pakaian terlalu ketat
  • Hiperpigmentasi
  • Melasma atau bercak gelap kulit
  • Kelainan pigmentasi kulit berhubungan dengan diabetes, obesitas, dan kadar hormon abnormal
  • Gangguan kulit yang menyebabkan penggelapan seperti penyakit fox-fordyce
  • Infeksi kulit karena bakteri

Langkah Antisipasi untuk Mencerahkan Ketiak

article image

Image source: davenews.com

Jika kamu merasa kulit ketiak sudah mulai menghitam maka saatnya untuk melakukan perawatan lebih intensif. Berikut adalah langkah yang perlu kamu ambil untuk mengatasi beberapa penyebab dasar ketiak hitam:

Ganti Deodorant: Tidak sedikit deodorant yang mengandung alkohol membuat kulit mudah iritasi hingga menghitam. Coba untuk berganti deodorant atau antiperspirant yang biasa kamu pakai.

Tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan deodorant alami. Bahkan ada yang tidak menggunakan deodorant sama sekali dalam batas tertentu.

Berhenti Mencukur Bulu Ketiak: Mencukur dapat mengangkat lapisan kulit terluar dan itu menyebabkan kulit ketiak mudah iritasi dan menghitam. Daripada mencukur, cobalah untuk waxing atau laser hair removal sebagai gantinya.

Terkelupas: Penumpukan bakteri akibat deodoran bisa dihindari dengan cara menggunakan scrub tubuh yang lembut atau melakukan exfoloant pada area ketiak setidaknya 3 kali seminggu.

Kulit ketiak tipis dan halus jadi pilihlah exfoliant yang ditunjukkan untuk kulit sensitif. Kamu juga bisa loh menggunakan exfoliant yang biasa digunakan untuk wajah.

3. Cara Alami Mencerahkan Ketiak Hitam

article image

Image source: beauty.com

Kalau cara mengantisipasi sudah, lalu bagaimana nih cara meratakan warna kulit ketiak hitam? Sebenarnya banyak obat alami yang bisa kamu gunakan salah satunya adalah:

Kentang: Parut kentang dan peras airnya lalu oleskan air perasan kentang ke ketiak. Diamkan selama 10 menit setelah itu bilas dengan air dingin

Susu, Air Mawar, dan Kulit Jeruk: Campurkan ketiga bahan tersebut dengan takaran 1 sendok makan susu dan 1 sendok makan air mawar lalu beru bubuk kulit jeruk secukupnya. Campur, setelah menjadi pasta kental gosok perlahan di ketiak. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

Lemon: Iris lemon dengan ukuran tebal dan gosokkan langsung ke ketiak. Setelah 10 menit bilas dengan air dingin dan keringkan. Langkah ini hanya boleh dilakukan ketika ketiak dalam kondisi sehat tanpa bekas luka.

Minyak Kelapa: Ambil beberapa tetes minyak kelapa dan pijatkan perlahan pada kulit ketiak. Setelah 15 menit cuci ketiak dengan air hangat dan sabun lembut. Ulangi langkah ini dua hingga tiga kali per minggu.

Minyak Kuning Telur: Tepat sebelum tidur pijat ketiak dengan minyak kuning telur. Keesokan paginya cuci ketiak dengan sabun pH seimbang.

Selain cara di atas kamu juga bisa konsultasikan masalah kulit underarm di klinik kecantikan. Biasanya mereka akan menawarkan krim pemutih. Selamat mencoba.

Malls

Articles

featured image source: istockphoto.com