Penyebab Lemak di Perut

Lemak perut atau disebut juga lemak viseral berfungsi untuk melindungi organ-organ penting di dalam perut kita. Tapi, penumpukan lemak viseral yang berlebihan justru berbahaya untuk kesehatan.

Selain itu, penumpukan lemak di perut seringkali membuat orang kehilangan kepercayaan diri terhadap penampilannya. Lantas, apa saja penyebab lemak di perut menumpuk dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasannya berikut ini:

1. Pola Makan

article image

Image source: insider.com

Pola makan yang tidak teratur dan terlalu banyak asupan tinggi gula dan lemak (khususnya lemak trans) bisa membuat lemak menumpuk di perut.

Kondisinya akan semakin parah jika asupan protein dan serat harian tidak pernah terpenuhi. Padahal, protein dan serat bisa membantu mengontrol nafsu makan dan melancarkan sistem pencernaan.

2. Kurang Gerak

article image

Image source: billstainton.com

Jika ingin memiliki berat badan ideal, jumlah kalori yang masuk harus setara dengan kalori yang dikeluarkan. Jika kalori yang masuk tidak seimbang dengan yang keluar, maka berat badan akan mudah naik.

3. Stress

article image

Image source: clife.com.au

Saat kita mengalami tekanan, tubuh akan melepas hormon kortisol untuk membantu mengatasi stress. Masalahnya, hormon kortisol ini bisa menyebabkan penambahan berat badan jika diproduksi berlebihan.

Kondisinya bisa semakin parah jika kamu punya kebiasaan makan banyak untuk meredakan stres. Jumlah kalori yang berlebihan ini nantinya akan menumpuk di area sekitar perut.

4. Faktor Genetik

article image

Image source: MesquitaFMS via Getty Images

Cara tubuh seseorang menyimpan lemak bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Hal ini tak lepas dari gen yang berfungsi mengatur kortisol dan leptin, dua hormon yang bertanggung jawab mengendalikan asupan kalori dan berat badan.

5. Penuaan

article image

Image source: zendegiebartar.com

Seiring dengan bertambahnya usia, maka semakin berkurang pula massa otot dan jumlah lemak akan meningkat.

Hal ini bisa menjadi penyebab lemak di perut menumpuk. Itulah sebabnya mengapa orang yang sudah berumur cenderung lebih mudah gemuk.

Tips Mengatasi Lemak di Perut

article image

Image source: Prevention.com

Setelah mengetahui penyebab lemak di perut, kamu bisa coba beberapa tips untuk mengatasinya. Pertama, mulailah melakukan push up dan sit up setiap hari. Dua aktivitas ini sangat efektif untuk menguras timbunan lemak di perut.

Jangan lupa untuk terus bergerak aktif agar jumlah kalori yang masuk tetap seimbang. Sebelum makan, biasakan untuk minum air putih yang cukup, agar perut merasa kenyang lebih cepat.

Jika perlu, kamu bisa mulai program diet khusus untuk mengurangi lemak di perut. Salah satunya dengan berhenti mengonsumsi makanan tinggi gula dan perbanyak asupan protein dan serat.

Demikianlah penyebab lemak di perut menumpuk dan cara mengatasinya.


Simak terus update info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: clinicmen.com